10 Fungsi Peregangan Otot yang Perlu Diketahui

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Sebelum dan setelah berolahraga atau melaksanakan latihan kebugaran, maka kita dianjurkan untuk melakukan serangkaian gerakan peregangan atau stretching. Peregangan adalah bentuk latihan yang dilakukan dengan meregangkan dan atau menekuk otot tubuh dengan tujuan untuk meningkatkan fleksibilitas atau kelenturannya.

Peregangan sendiri memiliki sejumlah fungsi penting bagi tubuh. Berikut adalah beberapa fungsi peregangan yang perlu untuk kita ketahui:

1. Meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi tubuh

Manfaat dari peregangan yang paling utama adalah membantu dalam meningkatkan fleksibilitas otot tubuh. Fleksibilitas adalah kemampuan otot dan sendi untuk bergerak dengan leluasa secara maksimal.

2. Meningkatkan Range of Motion (ROM) dan kesehatan sendi tubuh

Semakin bertambah usia, pada umumnya rentang gerak sendi manusia akan berkurang sehingga bisa meningkatkan resiko cedera saat beraktivitas. Oleh karena itu, peregangan perlu dilakukan agar kesehatan dan rentang gerak sendi tetap terjaga.

3. Memperkuat otot tubuh

Olahraga termasuk dalam hal ini peregangan akan membantu untuk menjaga kekuatan otot tubuh. Otot yang tidak dilatih dengan olahraga dan peregangan bisa membuatnya kehilangan massa otot dan menjadi lemah.

4. Mengoptimalkan sirkulasi darah

Peregangan akan membantu menjaga dan memaksimalkan peredaran darah dalam tubuh, terutama aliran darah ke otot. Dengan sirkulasi darah yang optimal, akan membantu mempercepat pemulihan otot setelah berolahraga.

5. Membantu memperbaiki postur tubuh

Dengan melakukan peregangan secara rutin, kelenturan otot tubuh akan lebih terjaga. Hal ini akan membantu untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh seseorang. Tentunya hal tersebut harus diimbangi juga dengan bentuk latihan lainnya seperti latihan kekuatan pada bagian otot tertentu.

6. Mengurangi ketegangan otot

Adakalanya aktivitas keseharian akan memicu ketegangan pada otot-otot tubuh. Hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan peregangan karena peregangan akan membuat otot menjadi lemas dan lentur.

7. Meningkatkan koordinasi tubuh

Dengan melakukan peregangan secara rutin dan tepat akan membantu untuk memaksimalkan fungsi dan koordinasi tubuh. Hal itu tentu akan membantu dalam melakukan berbagai aktivitas harian dengan lebih baik dan maksimal.

8. Membantu mengatasi stres

Diantara manfaat dari berolahraga termasuk melakukan peregangan adalah bisa membantu untuk mengurangi dan mengatasi stres. Selain karena peregangan bisa melemaskan dan merilekskan tubuh, juga bisa memicu produksi hormon endorfin yang berperan untuk memunculkan perasaan bahagia sehingga bisa meredakan stres.

9. Menjaga mood  dan kestabilan emosi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peregangan bisa membantu produksi hormon endorfin. Hormon ini bisa menimbulkan perasaan positif dan bahagia sehingga akan membantu untuk menjaga kestabilan emosi.

10. Membantu kelancaran aktivitas sehari-hari

Peregangan yang runtin dilakukan secara umum akan memberi dampak positif bagi tubuh yang selanjutnya kan membantu kelancaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

fbWhatsappTwitterLinkedIn