7 Permainan Tradisional India yang Perlu Diketahui

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

India adalah negara yang terletak di kawasan Asia Selatan yang memiliki populasi penduduk terbesar ke-2 di dunia. India merupakan salah satu negara yang penduduknya masih melestarikan berbagai tradisi dan kebudayaan tradisionalnya, termasuk juga berbagai bentuk permainan tradisional disana.

Berikut adalah beberapa permainan tradisional India yang masih banyak dimainkan di kalangan masyarakat India.

1. Gilli Danda

Permainan Gilli Danda atau Viti Dandu atau Kitti Pul bisa dikatakan mirip dengan permainan kasti atau kriket. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan sebuah tongkat kayu panjang (danda) dan tongkat kayu pendek (gilli).

Dalam permainan ini, gilli atau tongkat pendek akan dilemparkan dan pemain yang memegang danda atau tongkat panjang harus memukul gilli tadi sekuat mungkin. Setelah berhasil, pemain akan berlari menuju titik yang ditentukan sebelum lawan menangkap gilli yang melambung tadi.

2. Kho Kho

Diantara permainan tradisional yang paling populer di India adalah Kho Kho. Permainan ini dimainkan secara beregu dimana satu regu harus lari dari kejaran pemain regu lainnya.

Permainan ini dilaksanakan di sebuah lapangan berukuran panjang 27 meter dan lebar 15 meter yang dibagi menjadi beberapa area. Sat regu dalam permainan Kho Kho terdiri atas 9 pemain dan 3 cadangan.

3. Satoliya atau Lagori

Satoliya adalah salah satu permainan tradisional beregu India yang dimainkan dengan sebuah bola dan tujuh keping batu. Permainan ini memerlukan ketangkasan untuk melemparkan bola serta kelincahan gerak untuk berlari dan menghindar. Permainan Satoliya ini mirip dengan permainan tradisional Indonesia yaitu Boy-Boyan.

4. Posham Pa

Permainan tradisional Posham Pa masih banyak dimainkan oleh anak-anak di pedesaan negara India. Sekilas permainan ini mirip dengan permainan tradisional Indonesia yang disebut Ular Naga.

Dalam Posham Pa, dua orang pemain mengaitkan tangan mereka dan membentuk gerbang sementara pemain lain berbaris sambil menyanyikan lagu.

5. Kancha

Jika di Indonesia ada permainan gundu, maka di India ada permainan tradisional yang disebut Kancha. Sebagaimana Gundu, permainan Kancha juga menggunakan kelereng yang disusun sedemikian rupa.

6. Gutte

Gutte adalah permainan tradisional India yang semisal dengan permainan bekel. Gutte tidak menggunakan bola bekel yang dilempar tetapi menggunakan batu.

Untuk memainkan Gutte, diperlukan lima buah batu kecil. Salah satu batu dilempar setinggi mungkin sambil kemudian pemain harus mengambil batu lainnya sebelum batu yang dilempar tadi jatuh.

7. Pallanguli

Permainan tradisional India lainnya adalah Pallanguli. Pallanguli merupaka permainan papan yang terdiri dari 14 cekungan dan sejumlah biji yang berasal dari biji asam maupun kerang.

Permainan yang menyerupai congklak di Indonesia ini biasanya dimainkan oleh anak-anak wanita Tamil Nadu.

fbWhatsappTwitterLinkedIn