Program Tahunan : Pengertian, Langkah dan Manfaat

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk diantaranya adalah program semester dan program tahunan yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan untuk memetakan alokasi waktu setiap kompetensi yang akan dibelajarkan selama satu tahun dan satu semester agar waktu dapat dipergunakan secara efektif dan efisien.

Dengan adanya kebutuhan ini maka kami akan mencuplik agar kita semua bisa mengetahui atas apa itu program semester dan program tahunan.

Dan untuk saat ini, kita akan membahas tentang Program Tahunan. Simak penjelasan ya di bawah ini.

Pengertian Program Tahunan ( Prota )

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa. Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran.

Dan yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian.

Program tahunan memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran. Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester.

Program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.

Pengertian Prota Menurut Para Ahli

Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran yang dibuat setiap awal tahun ajaran. Program tahunan
merupakan pedoman untuk mengembangkan program semester, mingguan dan program harian. Sumber-sumber yang digunakan sebagai
pengembangan program tahunan adalah (E. Mulyasa, 2006: 95).

Tujuan penyusunan program tahunan adalah untuk menata materi secara logis, sistematis dan hierarkis; mendistribusikan alokasi waktu untuk setiap pokok bahasan; mendorong proses pembelajaran menjadi
efektif dan efesien berdasarkan tik yang telah ditetapkan; memudahkan guru untuk mengetahui target kurikulum per pokok bahasan atau per bulan (Wawan S. Suherman, 2001: 120).

Langkah-langkah penyusunan program tahunan yaitu mengidentifikasi jenis kegiatan non tatap muka (ujian, libur);
menghitung pokok bahasan (kegiatan tatap muka); dan menghitung alokasi waktu yang tersedia dari GBPP untuk setiap jenis kegiatan (Wawan S. Suherman, 2001: 119).

Langkah-Langkah Menyusun Program Tahunan (Prota)

  1. Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap pelajaran dalam seminggu dan struktur kurikulum seperti yang telah di tetapkan pemerintah, analisis beberapa minggu efektif dalam satu semester
  2. Melalui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa waktu yang tersedia untuk pelaksanaan proses pembelajaran selama setahun.

Manfaat Program Tahunan

Adapun manfaat ataupun tujuan penyusunan program tahunan adalah :

  • Menata materi secara logis, sistematis dan hierarkis
  • Mendistribusikan alokasi waktu untuk setiap pokok bahasan
  • Mendorong proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien berdasarkan tik yang telah ditetapkan
  • Memudahkan guru untuk mengetahui target kurikulum per pokok bahasan atau per bulan.

Contoh Program Tahunan

fbWhatsappTwitterLinkedIn