Sumber Daya Afrika Selatan: Arti dan Penjelasannya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Padang sahara yang luas, gajah, jerapah, dan kawanan singa menghiasi pandangan ketika ditujukan pada Afrika Selatan. Sungguh surga bagi petualang alam liar. Afrika Selatan memang mampu menyihir setiap pandang mata yang hadir di hadapannya. Tidak jarang yang tahu bahwa Afrika Selatan memiliki sumber daya alam yang amat indah. Berikut akan dibahas mengenai sumber daya alam Afrika Selatan.

Sumber Daya Alam Afrika Selatan

Afrika Selatan mungkin amat jarang mendarat di telinga. Ketika kata tersebut mampir di telinga, hal yang paling pertama terlintas yaitu kumpulan binatang buas.

Benar adanya kalau Afrika Selatan memberikan nuansa kebun binatang yang nyata bagi tiap orang. Hamparan padang luas diselipi dengan pemandangan singa yang sedang tidur siang.

Begitulah Afrika Selatan yang mampu mengalihkan bola mata ke arahnya. Begitu pula dengan keindahan sumber daya alamnya.

Sumber daya alam flora

Melihat Afrika Selatan pasti banyak yang membayangkan bahwa wilayah ini jarang tersentuh air. Faktanya, ada beberapa tanaman yang tumbuh subur di negara satu ini.

Pohon Marula contohnya. Pohon ini merupakan tanaman asli Afrika Selatan. Pohon Marula memiliki buah yang manis dan kenyal seperti jeli. Buah pohon marula juga dapat menghasilkan minuman mengandung alkohol jika difermentasikan.

Ada pula tanaman rooibos. Rooibos merupakan tanaman yang tumbuh di Afrika Selatan. Tanaman yang memiliki visual seperti rumput ini banyak dijumpai di wilayah Western Cape tepatnya di Cederberg.

Pemanfaatan rooibos biasanya banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan teh. Teh yang dihasilkan dari tanaman rooibos memiliki banyak manfaat karena kandungan kafein yang tidak ada.

Sumber daya alam fauna

Menyebut hewan yang ada di Afrika tentu amat mudah dan ingat diluar kepala. Luas lahan yang terlihat kering tidak melewatkan satwa untuk mampir dan mendiami wilayah Afrika Selatan.

Fauna tersebut merupakan keanekaragaman alam yang dimiliki negara ini. Satwa yang dimaksud antara lain singa, badak, gajah Afrika, leopard, serta Cape buffalo. Hewan-hewan tersebut merupakan satwa yang paling nampak terlihat jika berada di Afrika Selatan.

Satwa lainnya yaitu jerapah, kuda nil, cheetah, serta Cape Grysbok. Mereka dapat ditemukan di berbagai tempat diantaranya seperti Taman Nasional Kruger, Cango Wildlife Ranch, serta Taman Nasional Karoo.

Sumber daya alam wisata

Afrika Selatan menyimpan keindahan alam yang patut diacungi jempol. Kota yang paling terkenal di negara yaitu Cape Town. Kota tersebut menghadirkan wisata alam berupa keindahan pegunungan.

Kawasan pegunungan tersebut adalah Table Mountain. Dengan ditemani hamparan gunung, pelancong dapat merasakan indahnya pegunungan dengan menaiki kereta gantung yang ada. Di wilayah Cape Town yaitu di Cape Point dapat menikmati hamparan pasir putih yang indah saat mengunjungi Boulders Beach.

Ada pula Taman Nasional Kruger. Taman Nasional ini merupakan rumah bagi satwa-satwa yang khas di Afrika Selatan. Pengunjung dapat merasakan aura alam liar saat pergi ke sini. Di kawasan taman nasional ini pula menyajikan hamparan langit senja yang indah dan cantik.  

fbWhatsappTwitterLinkedIn