Sumber Daya Alam Brazil: Arti dan Penjelasannya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Melihat Amerika, tentunya Brazil tidak luput dari pandangan. Brazil menempati dirinya sebagai wilayah yang luas di negara berdirinya patung Liberty tersebut. Dengan menyandang status wilayah paling luas Brazil menyimpan keanekaragaman sumber daya alam di dalamnya.

Sumber Daya Alam Brazil

Menilik lebih jauh mengenai wilayah Amerika Selatan, tentu Brazil yang paling sering terlintas dipikiran. Brazil mendiami bagian timur Amerika Selatan.

Brazil juga merupakan negara yang luas. Negara ini berbatasan dengan beberapa negara lainnya yaitu Argentina, Bolivia, Uruguay, French Ugiana, Guyana, Colombia, Paraguay, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Dengan menyandang wilayah yang paling luas, tidak heran kalau Brazil memiliki sumber daya alam yang indah di dalamnya.

Sumber daya alam flora

Flora merupakan sumber daya alam yang indah dan unik. Flora yang ada tentunya dapat menjadi daya tarik bagi negara tersebut. Flora seakan mempercantik dan menjadi ciri khas suatu negara.

Flora dapat berupa tanaman, pohon, dan juga bunga-bunga. Flora yang ada di wilayah Brazil meliputi Carnauba Palm, Kuaresma, Pohon Walnut, serta Pohon Ipe de Varagem.

Camauba Palm dapat ditemukan di bagian timur laut Brazil, tepatnya di wilayah Ceara. Kayu dari Camauba Palm dapat dimanfaatkan sebagai bahan di bidang industri konstruksi.

Selain itu ada juga lilin dari daunnya yang dapat digunakan sebagai bahan dalam industri sepatu, lantai, dan papan atau mebel. Tanaman Kuaresma berbunga pada bulan dua dan bulan empat. Tanaman ini dapat ditemukan di wilayah tenggara Brazil yaitu Rio de Janiero, Minas Gerais, Bahia, serta Parana.

Pohon Walnut merupakan pohon asli dari Brazil. Pemanfaatan Walnut dapat berguna bagi industri makanan. Pohon Ipe de Varagem banyak ditemukan di wilayah Rio de Janiero. Pohon ini lumayan tinggi dan merupakan pohon ikonik dari Brazil.

Sumber daya alam fauna

Suatu satwa yang berasal dari suatu negara akan menjadi sangat unik. Satwa-satwa tersebut akan lebih  unik karena hanya ditemukan di daerah tertentu.

Brazil sendiri memiliki sumber daya alam berupa satwa yaitu Burung Colorado yang merupakan satwa ikonik negara Brazil. Terdapat pula ular beracun Yarara dan Armadillo. Armadillo mendiami wilayah timur laut Brazil. Satwa lainnya yaitu Jaguar, Manatee, Capybara.

Sumber daya alam hewani

Salah satu sumber hewani yang paling diincar di Brazil yaitu sapi. Sama halnya dengan sapi-sapi di wilayah Amerika, sapi Brazil tidak kalah saing.

Dengan menawarkan wilayah yang luas, sapi-sapi Brazil dapat lebih banyak dan lebih padat jumlahnya. Hal ini tentunya sebuah lahan yang dapat menguntungkan ekonomi. Selain itu terdapat pula udang, sarden, serta lobster yang menjadi sumber daya alam hewani Brazil.

Sumber daya alam nabati

Melihat buah-buah yang segar dan unik tentunya akan dilirik oleh lidah. Brazil yang memiliki iklim yang cukup tropis dapat menjanjikan buah-buah yang unik yang tentunya jarang ditemukan di luar wilayah Brazil.

Buah-buah tersebut diantaranya yaitu siriguela, buah acai, serta jabuticaba. Buah siriguela dapat dijumpai di bagian gurun dan sabana Brazil. Penampakan buah ini agak bulat lonjong dan memiliki rasa yang manis.

Buah acai termasuk dalam kelompok buah beri. Buah ini lumayan tidak aing di telinga. Buah acai merupakan buah khas Brazil. Buah ini memiliki rasa manis dan segar.

Buah jabuticaba cukup unik, karena buahnya menempel pada batang dan dahan pohonnya. Buah ini berukuran kecil layaknya buah ceri. Buah ini dapat tumbuh di daerah selatan Brazil.

Sumber daya alam mineral

Brazil merupakan negara yang luas. Dengan menyandang negara yang luas tidak heran jika sumber daya mineralnya juga melimpah. Beberapa yang terkenal dari sumber daya mineralnya yaitu nikel, bauksit, bijih besi, dan timah.

Yang paling menguasai yaitu emas serta batubara. Sumber daya mineral tersebut dapat dimanfaatkan dalam industri-industri pembangunan.

Sumber daya alam wisata

Berkunjung ke Brazil tentunya tidak asing dengan kota Rio de Janiero. Di kota ini terdapat tempat wisata yang terkenal di mata dunia.

Wisata alam yang ada di Brazil diantaranya yaitu Cristo Redentor dan Pantai Capacabana. Ada pula Salvador yang merupakan kota tua yang memiliki budaya yang unik. Serta Iguazu Falls yaitu air terjun yang menyajikan keindahan alam Brazil.

fbWhatsappTwitterLinkedIn