Seni

Tari Indang: Makna – Gerakan dan Pola Lantai

√ Edu Passed Pass education quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keragaman seni budaya. Dari sabang sampai merauke memiliki kultur dan adat yang berbeda. Maka dari itulah, hal ini turut mempengaruhi adanya keragaman seni pada setiap daerah. Salah satunya adalah seni tari.

Selama ini, seni tari yang kita tau hanyalah tari piring, tari kecak, tari saman dan tari-tari lainnya. Namun, tahukah kamu apa itu tari Indang? Dari mana tari itu berasal? Bagaimana gerakan dan pola lantai? Simak selengkapnya di bawah ini.

Makna Tari Indang

Tari indang merupakan Tari yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat atau lebih tepatnya di Pariaman. Tari ini menjadi tarian yang populer dan terkenal di Indonesia. Tari ini merupakan akulturasi dari budaya islam dan minang. Asal usul nama Tari ini berasal dari bahasa Minang yakni Indang yang memiliki arti rebana kecil. Secara umum, Tari ini memiliki kesamaan dengan Tari saman Aceh. Hanya saja, gerakan Tari Indang lebih pelan.

Sejarah Tari Indang

Dikutip dari Wikipedia, Tari Indang merupakan Tari yang muncul sekitar abad ke-13 dan ke-14. Tari ini diperkenalkan oleh seorang Syekh bernama Syekh Burhanuddin. Kala itu, Tari ini digunakan sebagai media menyebarkan agama Islam di penjuru Sumatera Barat. Seiring perkembangan zaman, Tari ini beralih fungsi menjadi hiburan.

Sebab, penyebaran agama Islam telah tergantikan dengan adanya peran mubaligh. Ada pula yang menyebutkan bahwa Tari Indang ini merupakan Tari yang dibawa oleh para pedagang Arab yang sedang berlabuh di Minangkabau. Maka dari itu, Tari ini dikatakan pula sebagai Tari Dinding Badindin.

Pada masa berikutnya, Tari ini mulai diperkenalkan ke sebuah perayaan festival oleh seorang tokoh Agamawan bernama Rapa’i. Rapa’i merupakan salah seorang pengikut dari Syekh Burhaniddin. Dia memperkenalkan Tari Indang ke perayaan festival Tabuik yang ada di Pariaman.

Perkenalan dan penampilan tersebut bertujuan untuk memperingati wafatnya Husein Bin Ali yang merupakan cucu Nabi Muhammad SAW. Saat pementasan, Rapa’i menjadi perkusi (semacam rebana atau gendang). Sejak saat itulah, Tari Indang menjadi bagian pentasan dalam perayaan Tabuik bahkan hingga saat ini.

Hanya saja, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara penampilan Tari Indang dulu dan sekarang. Jika dulu, Tari ini dianggapnsakral karena dalam setiap kelompoknya mengandung sipatuang sirah. Dalam hal waktu tampil pun diatur, misalnya saat Indang naik akan dimainkan pada malam hari. Sementara saat Indang turun akan dimainkan ketika senja atau setelah shalat maghrib. Berbeda halnya dengan sekarang, aturan itu semua tidak berlaku.

Fungsi Tari Indang

Seperti yang sudah dijelaskan, terdapat beberapa perbedaan fungsi Tari Indang antara dulu dan sekarang. Jika dulu, Tari ini digunakan sebagai media menyiarkan agama Islam. Lain halnya dengan sekarang. Tari ini digunakan untuk sarana hiburan yang ditampilkan pada acara-acara tradisional.

Gerakan Tari Indang

Secara umum, gerakan Tari Indang mempunyai unsur kesamaan dengan Tari saman. Hanya saja, tari ini temponya sedikit lebih pelan dibandingkan Tari saman. Tari Indang memiliki gerakan yang dinamis, ceria dan juga santai. Tari ini tidak mudah digerakan karena gerakannya yang sulit dan harus fokus saat melakukannya. Maka dari itu, Tari ini memerlukan latihan secara bertahap dan berkelanjutan.

Gerakan Tari Indang berisi pujian kepada Allah, Rasul dan ajaran Islam. Tari ini biasanya dilakukan pada malah hari sebab untuk menghormati roh-roh yang sudah memberikan jasanya dalam perkembangan Islam di Pariaman. Secara umum, gerakan ini terdiri dari gerakan menggerakkan tangan, menepuk, dan menjetikkan tangan yang semua itu diwujudkan sebagai bentuk pujian kepada Allah dan RasulNya. Adapun, tahapan dan gerakan dalam Tari Indang adalah sebagai berikut.

  • Masuklah dua kelompok ke panggung melalui dua sisi panggung yang berbeda yakni kiri kanan. Kemudian, para penari tersebut duduk dan membentuk dia baris banjar.
  • Kaki penari disilangkan dan rebana diletakkan di hadapan mereka.
  • Para penari berpegangan tangan dan meletakannua di hadapan dada. Setelah itu, mereka mulai melakukan gerakan inti dari Tari Indang ini. Mulai dari gerakan kepala, badan, tangan. Untuk pemegang rebana, selain melakukan gerakan mereka juga memukul rebana sesuai nada.
  • Selain gerakan inti, terdapat gerakan lain dalam Tari ini seperti gerakan melambai, meliuk-liuk ke depan, belakang, kiri, dan kanan. Lalu, ada juga gerakan melipat dan mengangkat tangan ke samping yang. Gerakan mengangkat ini dilakukan secara bergantian tangan.

Pola Lantai Tari Indang

Umunya, tari Indang memiliki pola lantai horizontal di mana kelompok penari duduk secara berbanjar dari kiri ke kanan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, pola lantai tari ini memiliki beberapa modifikasi. Seperti ada yang menggunakan pola lantai dalam bentuk huruf V dan V terbalik, adapula yang melingkar, berbentuk seling depan belakang, berpasangan baik dua atau tiga dan lainnya.

Mengenai jumlah penari, tidak aturan khusus mengenai hal ini. Umumnya, penari ini terdiri dari 5 orang, namun ada juga yang menggunakan penari sebanyak 25 orang. Awalnya, penari tari Indang hanya ditujukan untuk laki-laki. Sebab, saat itu, perempuan tidak diperbolehkan untuk tampil di muka umum. Namun sekarang, tari ini bisa dilakukan oleh perempuan juga asal menutup aurat.

Properti Tari Indang

Tari Indang hanya menggunakan satu properti yakni Indang itu sendiri atau rebana kecil. Namun, sekarang ini, tari Indang tidak lagi menggunakan rebana. Keberadaan rebana telah digantikan dengan gerakan menepuk tangan. Entah alasannya karena apa rebana dihilangkan dalam penampilan tari Indang. Mungkin karena lebih praktis dan lebih mudah narinya tanpa menggunakan rebana. Sehingga, rebana tidak lagi diikutsertakan dalam penampilan tarian ini.

Musik Tari Indang

Tarian ini menggunakan alat musik gedang rapa’i atau rebana kecil. Rebana ini memiliki fungsi untuk mengatur tempo dan meramaikan penampilan dari tari Indang. Biasanya gedang rapa’i dimainkan oleh penari atau pemain musik yang berada di samping panggung. Selain gedang rapa’i, biasanya tarian ini dimeriahkan oleh alat musik lain seperti marwas, kecrek, biola, piano, dan lainnya. Sekarang ini, rebana tak lagi digunakan. Untuk musik sendiri, biasanya menggunakan lagu dinding badindin yang dipopulerkan oleh Elli Kasim dan Tiar Ramon.

Busana dan Tata Rias Tari Indang

Busana yang digunakan para penari saat menarikan tari indang adalah pakaian adat Minang. Pakaian ini terdiri dari hiasan kepala, baju yang sedikit longgar, celana hitam longgar serta sarung khas minang untuk membalut. Penggunaan warna pada baju biasanya ada yang satu sampai 3 macam warna.

Untuk perempuan, diharuskan menggunakan jilbab. Sementara untuk pwmain musik dan tukang zikir bebas menggunakan apa saja asal sopan. Sedangkan untuk riasan wajah, tidak ada syarat dan ketentuan apapun. Riasan yang dipakai pemain hanya seperlunya saja untuk membuat penari terlihat lebih segar dan cerah.

Keunikan Tari Indang

Tari indang memiliki keunikan dari para pemainnya. Tari ini memiliki 2 peran pemain yakni sebagai tukang zikir dan tukang alih.

  • Tukang zikir
    Tukang zikir merupakn orang yang bertugas menyanyikan lagu pada tari indang. Umumnya lagu yang dinyanyikanadalah berupa pujian kepada Allah dan Rasulnya. Biasanya tukang zikir hanya berjumlah satu orang dan berada di belakang. Saat tukang zikir bernyanyi maka para penari akan mengikuti dan mengulangi nyanyian yang diucapkan oleh ahli zikir.
  • Ahli Alih
    Tukang alih mempunyai tugas untuk memimpin gerakan dan menentukan setiap perubahn gerakan. Biasanya tukang alih akan memberikan aba-aba kepada penari lain saat akan berganti gerakan. Selain itu, tukang alih juga bertugas untuk mengatur tempo dan dinamika gerakan agar tetap selaras. Maka dari itu, tukang alih haruslah seseorang yang hafal dan paham setiap gerakan tari indang karena mereka yang memegang komando.

Kesimpulan Pembahasan

Gerakan tari indang hampir sama dengan tari saman. Hanya saja dalam tempo gerakan, tari ini sedikit lebih pelan. Tari ini memiliki pola lantai yang horizontal dengan berbanjar dari kiri ke kanan. Namun, semakin ke sini pola lantai tari ini mengalami modifikasi. Mulai dari berbentuk seperti huruf V, melingkar, zigzag dan lainnya. Jumlah pemain tari ini umumnya sekitar 5-25 pemain inti. Selain pemain itu, ada juga tukang zikir dan tukang alih.

Tari indang merupakan tari yang berasal dari Sumatera Barat. Tari ini diperkenkan oleh seorang Syekh bernama Burhanuddin sekitar abad ke 13 dan ke 14. Awalnya tari ini menjadi sarana dalam menyebarkan agama islam di Sumatera Barat. Namun, seiring perkembangan zaman tari ini tidak lagi menjadi sarana syiar islam melainkan hanya sebagai hiburan.

Pada awalnya tari indang menggunakan indang atau rebana kecil sebagai properti. Namun, semakin ke sini rebana tidak lagi dilibatkan. Penggunaan rebana telah digantikan oleh gerakan tepuk tangan.