Contoh Kalimat yang Mengandung Informasi Tersirat

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Memahami informasi tersurat pada teks dapat berupa mengungkapkan isi teks yang dibaca. Pengungkapan tersebut melalui pemahaman terhadap maksud kalimat tertulis pada teks. Bentuknya dapat berupa menjawab pertanyaan atau pernyataan isi teks.

Informasi tersurat sama dengan informasi yang didapatkan dari bacaan yang dibaca (di dalam bacaan). Sedangkan informasi tersirat sama dengan informai yang didapatkan setelah benar-benar memahami bacaan tersebut (informasi di luar teks yang tertulis).

Berikut ini contoh kalimat yang mengandung informasi tersirat.

1. Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut. Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenali bau rumahnya.

Inilah penyebab burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian, seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya. Bahkan, di daerah desa burung merpati biasa memakan gabah yang sedang dijemur oleh petani.

Bagaimana burung merpati dapat kembali ke kandangnya setelah terbang jauh?

Pembahasan :

Burung merpati dapat kembali ke kandang setelah pergi jauh dikarenakan mempunyai sensor di dalam hidungnya. Jawaban ini diambil dari kalimat kedua paragraf tersebut.

2. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini, terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utan, dan komodo.

Apa yang dihasilkan hutan lebat ?

Pembahasan :

Hal yang didapatkan dari hutan yang lebat adalah memberikan oksigen yang berguna. Ini bisa kita lihat pada kalimat kedua paragraf tersebut.

3. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini, terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utan, dan komodo.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks diatas adalah…..

Pembahasan :

Pernyataan yang sesuai adalah informasi yang terdapat dalam paragraf tersebut. Informasi yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah hutan di Indonesia memiliki aneka jenis tumbuhan dan hewan khas.

fbWhatsappTwitterLinkedIn