6 Cara Mengajarkan Membaca Pada Anak dengan Cepat

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Berikut ini pembahasan mengenai Cara Mengajarkan Membaca Pada Anak dengan Cepat.

1. Kenalkan Huruf Vokal Lebih Dulu

Sebelum anak mengenal huruf A hingga Z kenalkan lebih dulu huruf vokal A I U E O pada anak. Mengapa perlu mengenalkan huruf vokal lebih dulu kepada anak? Karena huruf vokal adalah huruf yang paling mudah diucapkan baik anak-anak maupun dewasa serta jika huruf vokal digabung dengan huruf konsonan maka akan membentuk sebuah kata. Sertakan pula imajinasi gambar yang berhubungan dengan huruf yang sedang di perkenalkan. Seperti A untuk Ayam, I untuk Ikan atau O untuk Obat.

2. Kenalkan Huruf Konsonan

Setelah anak mengenal huruf vokal, kenal kan anak dengan huruf konsonan. Cara terbaik untuk mengingat adalah dengan mengucapkan atau menyanyikan huruf berulang kali. Karena huruf Konsonan ada banyak, supaya anak tidak jenuh, maka gunakan lah cara kreatif agar anak mudah mengingat huruf A-Z. Ingat bahwa kebutuhan seorang anak adalah bermain, maka jadikanlah bermain menjadi media belajar bagi anak.

3. Mulai Ajarkan Suku Kata

B-a ba, ajarkan anak untuk menyambung huruf vokal dengan konsonan menjad satu suku kata. Ajarkan anak secara verbal pengucapan satu suku kata, sebelum mengajarkan membaca dua suku kata. Suku kata merupakan dasar dalam menyusun sebuah kata, ajarkanlah anak mulai dari BA-BI-BI-BE-BO hingga ZA-ZI-ZU-ZE-ZO.

Sambil menyelam minum air, mulai lah dengan mengenalkan satu kata dengan empat huruf seperti BUKU, MEJA, BAJU serta membaca dan juga menulis kata-kata tersebut.

4. Membaca Kalimat Sederhana

Ketika anak sudah mampu membaca kata dengan 4 huruf, ajarkanlah anak untuk membaca kalimat sederhana seperti Ibu Beli Baju – Budi Baca Buku – Ini Dasi Saya – Dari Mana Saja. Jika anak masih mengeja ketika membaca, beritahu anak untuk mengeja nya dalam hati. Dengan cara ini anak akan terbiasa membaca sebuah kalimat yang lebih panjang. Bila sudah mampu membaca kalimat sederhana cobalah membuat kalimat nya lebih panjang, atau paragraf pendek, seperti Ibu abi beli roti sama Rani dan Bobi.

5. Mengajarkan Sisipan, Imbuhan, Ng, dan Nya

Kenalkan kata-kata yang mengandung sisipan, imbuhan, nya, dan ng, serta kata-kata yang sulit lain nya. Seperti kata Bakso, Bermain, Teman, Kerang, Banyak, Nyanyi, atau Nyuci. Jika anak sudah dapat membaca kata-kata seperti di atas, lakukanlah evaluasi dengan membuat kalimat campuran seperti ; Ibu sedang memasak di dapur atau ada banyak orang yang menyanyi. Setelah anak mengasai nya, berilah sebuah paragraf singkat dan meminta anak membaca dan menulis nya.

6. Selalu Lakukan Dikte dan Menulis

Saat mengenalkan suku kata, mulai biasakan anak untuk selalu menulis kata dan kalimat sederhana di buku. Setalah itu ajarkan anak dikte, yaitu meminta anak untuk menulis apa yang kita ucapkan. Karena terkadang anak bisa membaca namun sulit untuk menulis apa yang orang lain ucapkan, atau anak sering lupa menulis huruf meskipun mereka mengingat nya jika kita perlihatkan. Dikte dan menulis adalah cara melatih anak untuk cepat dalam membaca juga menulis secara mandiri.

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment

Your email address will not be published.

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.