Contoh Kalimat Past Future Tense

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Bagaimana perkembangan Anda dalam mempelajari bahasa inggris? semoga tetap konsisten dan semakin semangat. Jika sebelumya Anda  sudah mempelajari tentang Simple Past Tense, belajar Past Continuous Tense, ataupun Past Perfect Tense sekarang saatnya kalian tambah pengetahuan gramatika bahasa inggris kalian dengan contoh kalimat past future tense.

Sebelum mempelajari bahasa inggris melalui tenses ataupun gramatika lebih lanjut. Ada baiknya bagi para pemula, untuk mulai megetahui bahasa ini melalui kosakata mudah ataupun Mengenal Bahasa Slang Inggris Kekinian. Selain itu Anda disarankan harus memahami cara pengucapan bahasa inggris yang baik dan benar, untuk itu diperlukan pengecekan apakah Pengucapan Bahasa Inggris kalian Sudah Benar atau Belum? karena mempelajari bahasa asing pastinya tidak pernah terlepas dari kesalahan-kesalahan umum yang terjadi. So, jangan takut salah karena sejatinya kesalahan masih bisa diperbaiki dan melakukan kesalahan adalah awal dari kesuksesan untuk berjuang lebih giat.

Seperti apa past future tense, kenapa ada kata past yang berarti lampau kemudian kenapa disandingkan dengan kata future yang berarti masa depan. Apa itu artinya kalian belum move on dari kenangan masa lalu?? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini

Pengertian

Past future tense adalah suatu bentuk kalimat untuk mengungkapkan kejadian yang akan terjadi di masa depan melalui sudut pandang masa lalu. Lebih mudahnya lagi, past future tense bersifat memprediksi suatu keadaan yang akan terjadi di masa depan, baik itu berbentuk pernyataan, harapan, pengandaian atau rencana tetapi harus dilakukan di masa depan. Walapun pada kenyataannya di masa mendatang bisa jadi benar-benar terwujudkan atau tidak sama sekali.

Rumus

Past future tense ini juga bisa digunakan dalam reported speech. Sebagai tambahan, untuk tense ini memiliki dua bentuk yaitu dengan menggunakan modal “would/should” ditambah “bare infinitive” (kata kerja bentuk dasar). Kemudian menggunakan “going to” yang juga ditambah “bare infinitive“. Untuk lebih lengkapnya, rumus past future tense terbagi menjadi tiga bagian yaitu positif, negatif, dan interogatif:

  • Jenis kalimat positif

– S+should/would+bare infinitive = Andi would read the book
– S+was/were+going to+bare infinitive = Mary was going to give you a book

  • Jenis kalimat negatif

– S+should/would+not+bare infinitive = Andi would not read the book
– S+was/were+not+going to+bare infinitive = Mary was not going to give you a book

  • Jenis kalimat interogatif

– Should/would+S+bare infinitive? = Should Andy read the book?
– Was/were+S+bare infinitive? = Was Mary going to give you a book?

Kata Keterangan Waktu

Keterangan waktu atau time signal yang biasa digunakan dalam past future tense yakni:

  • last month = bulan lalu
  • last week = minggu lalu
  • last year = tahun lalu
  • yesterday = kemarin
  • the next day = keesokan harinya
  • the month before = bulan sebelumnya
  • the day before = sebelum hari ini
  • the week before = minggu sebelumnya

Penggunaan dan contoh kalimat past future tense

1. Untuk membuat janji (biasanya menggunakan would)

  • She promised me that she would come on time to meet me here (Dia berjanji akan datang tepat waktu untuk menemui aku disini)

2. Mengungkapkan peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang namun sudah terjadi di masa lampau

  • I should go to America last month (aku akan pergi ke Amerika bulan lalu)

3. Menyatakan suatu peristiwa yang tidak terjadi di masa lalu karena adanya syarat yang tidak terpenuhi dan tidak akan bisa untuk terwujud di masa kini.

  • If I were rich I would buy a big house (seandainya aku kaya, aku akan membeli rumah yang besar)

4. Menyatakan suatu prediksi yang akan datang

  • My mother thought that today would be rainy  (ibuku mengira bahwa akan turun hujan hari ini)

5. Menyatakan kalimat tidak langsung (indirect speech). Kata akan dinyatakan dengan kata “would” 

  • My brother said that he would help me to clean the house (saudara laki-lakiku berkata bahwa dia akan membantuku untuk membersihkan rumah)

6. Mengungkapan suatu perbuatan atau aksi yang menjadi suatu keharusan untuk dilakukan bahkan di masa mendatang (biasanya menggunakan should). 

  • We should help our unfortunate neighbors (kita harus membantuk tentangga kita yang kurang mampu)

Itu dia informasi lengkap terkait past future tense. Dimulai dari pengertian,  rumus, kata keterangan, kemudian penggunaanya dalam contoh kalimat past future tense. Diingatkan kembali untuk tetap konsisten mempelajari bahasa asing dan jangan lupa juga untuk senantiasa praktik di rumah agar terbiasa dengan penggunaan tenses. Happy leaning English here!

fbWhatsappTwitterLinkedIn