Perbedaan Alel dan Gen yang Perlu dipahami

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Gen dan alel sebenarnya memiliki peran yang sama yakni memberikan pewarisan suatu sifat pada manusia. Lantas apa perbedaannya? Setiap gen yang berada di lokus pada kromosom dalam dua salinan, satu salinan gen yang diwarisi dari setiap induk.

Salinan tersebut belum tentu sama. Ketika salinan gen berbeda satu sama lain, mereka dikenal sebagai alel. Gen tertentu mungkin memiliki banyak alel yang berbeda, meskipun hanya dua alel yang ada di lokus gen pada individu mana pun. Sehingga alel dapat di katakan adalah adalah Jenis lain dari gen yang memberikan adanya variasi pada pewarisan suatu sifat.

Gen adalah bagian DNA yang mengkode kan sifat tertentu, sedangkan alel adalah bentuk lain dari sebuah gen. Gen memiliki peran menentukan sifat individu sedangkan alel berkontribusi dalam keragaman ekspresi fenotip.

Gen menentukan sebuah organisme genotip sedangkan alel menentukan fenotip. Jumlag gen pada lokus adalah satu sedangkan alel memiliki dua. Gen memiliki satu variasi jenis yakni alel. Alel memiliki paternal vs maternal dan dominan vs resesif.

Contoh Gen adalah adanya perbedaan pada warna mata, rambut dan kulit, bentuk hidung pada setaip individu. Sedangkan Alel adalah mata biru, rambut coklat hidung mancung , kulit coklat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.