Sumber Daya Alam Brunei Darussalam

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Brunei Darussalam merupakan negara di Asia Tenggara yang satu-satunya memiliki Sultan sebagai kepala negara. Ibu kotanya terletak di kota Bandar Sri Begawan, luas wilayahnya seluas 5.765 km2.

Negara yang kaya ini berbatasan dengan laut Cina Selatan di bagian utara dan barat, di sebelah timur berbatasan dengan Serawak, Malaysia, di selatan berbatasan dengan Malaysia Serawak.

Brunei memiliki iklim tropis dan letak geografis yang mirip dengan Malaysia dan Indonesia karena letaknya juga di sekitar garis ekuator. Adapun hasil sumber daya alamnya juga melimpah, berikut penjelasannya.

  • Mineral Bumi

Brunei darussalam dikenal dengan negara penghasil minyak bumi yang tak habis-habis. Di awali di tahun 1929, setelah ditemukan minyak bumi Brunei terus berkembang dalam hal pengolahan minyak bumi.

Industri gas alam juga mulai berkembang di tahun 1960 setelah penemuan endapan besar. Di tahun 1970 Brunei melakukan eksploitasi besar-besaran dan setelah itu produksinya mulai dikurangi untuk menghemat cadangan mineral.

Minyak dan gas ini menjadi komoditi ekspor yang utama, bahkan di tahun 2020 Brunei mengkespor minyak bumi sebanyak 141,5 juta BND dan juga gas alam cair sejumlah 171,3 juta BND.

  • Perikanan

Sebagai negara yang memiliki wilayah laut, Brunei Darussalam juga memiliki hasil laut, meskipun tidak menjadi komoditi utama namun dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Hasil laut didapatkan dari sepanjang pantai utara dan laut cina selatan.

  • Pertanian

Pertanian tidak memiliki peranan yang penting bagi kesejahteraan rakyatnya, produksi dan lahannya tergolong kecil namun sudah dikelola menggunakan teknologi yang tinggi, yaitu sistem intensifikasi pertanian. Hasil pertanian Brunei antara lain padi, sagu dan ubi kayu.

fbWhatsappTwitterLinkedIn