Seni

12 Unsur Tenaga Tari Saman

√ Edu Passed Pass education quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Tari saman adalah salah satu tarian yang berasal dari tanah Gayo, Aceh. Asal muasal tari ini diciptakan oleh seseorang kenamaan di Aceh bernama Syeikh Saman.

Tari yang berasal dari suku tertua Aceh ini (suku Gayo) merupakan salah satu tarian tradisional yang sangat fenomenal akhir-akhir ini terutama saat dipertunjukkan pada pagelaran pembukaan ASIAN GAMES 2018.

Oleh UNESCO tari tradisional ini juga telah diakui sebagai warisan tak benda yang berasal asli dari Indonesia.

Pada mulanya tari saman hanya dibawakan oleh penari laki-laki saja. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman tari ini juga dibawakan oleh penari perempuan.

Tarian ini akan sering sekali dijumpai didaerah asalanya terutama pada saat acara hari-hari besar perayaan umat muslim, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebagai salah satu tarian tradisional tari saman memiliki syarat wajib tarian tradisional yaitu terkandungnya unsur tenaga. Secara umum tenaga yang diperlukan untuk menarikan tarian ini cukup besar.

Hal itu disebabkan gerakan tangan penari dituntut cepat, lincah, dan kuat sesuai dengan iringan musiknya. Berikut adalah elemen unsur tenaga dalam tari saman:

1. Intensitas

Intensitas sangat erat kaitannya dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan ketegangan gerak.

2. Aksen

Aksen merupakan sesuatu yang tercipta dari gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba dan kontras.

3. Kualitas

Kualitas unsur tenaga sangat berkaitan erat dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika suatu tarian memerlukan intensitas tinggi tentunya memerlukan tenaga yang kuat dan sebaliknya, jika gerakan dalam tarian memerlukan intensitas rendah maka akan memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit.

Tari saman merupakan tarian yang memerlukan intensitas tinggi. Hal ini sangat terlihat dari gerakan tangan yang diciptakan terlihat cepat, kuat, dan harus kompak.

Fungsi unsur tenaga dalam tari saman dapat dibedakan menjadi tiga. Tanpa adanya unsur tenaga yang tepat makan penonton tidak akan merasakan keindahan dari pertunjukkan tari saman. Berikut adalah fungsi unsur tenaga pada tari saman.

4. Mengawali

Awal gerakan pada tari saman diawali dengan gerak sesuai dan karakter kekuatan penuh, lembut, ringan, dan siap berpose ditempat.

5. Mengendalikan

Dengan kebutuhan tenaga yang besar maka para penari tari saman harus dapat mengendalikan tenaganya dari awal tarian hingga selesai. Hal ini diharapkan para penari tidak mengalami kejadian kehabisan tenaga saat masih di tengah-tengah pertunjukkan.

6. Menghentikan Gerak

Sekalipun tenaga yang digunakan untuk menari tari saman terhitung besar, para penari harus dapat mengentikan gerak tarian di akhir pertunjukkan tanpa menunjukkan kesan terengah-engah atau kelelahan.

Selain memiliki fungsi tenaga, tenaga dari tari saman juga dipengaruhi oleh gerakan yang tercipa dari tari saman. Gerak utama pada tari saman adalah gerak tepuk dada dan tepuk tangan. Adapun istilah dari gerakan utama tersebut pada tari saman yaitu:

7. Gerak Guncang

Guncang jika diartikan adalah goyah. Dalam tari saman gerak guncang diartikan gerak tepuk tangan penari.

8. Kirep

Kirep adalah gerakan dada pada penari.

9. Linggang

Linggang adalah gerakan menepuk paha. Nama-nama gerakan di atas diambil dari bahasa Gayo. Gerakan lainnya yang terkenal yaitu gerakan dua penari berbaris dan bernyanyi sambil bertepuk, sedangkan penari lainnya mengharmoniskan gerakan. Biasanya tempo musik pada gerakan ini semakin lama, semakin cepat.

Ragam gerak tari saman lainnya lebih didominasi oleh gerakan tangan. Gerakan tangan ini juga berfungsi sebagai iringan musik dengan suara yang khas. Nama-nama gerakan lain yang sering dijumpai pada penari tari saman yaitu:

10. Cilok

Cilok merupakan salah satu bahasa khas suku Gayo. Dalam tari saman diartikan sebagai gerakan penari tari saman pada ujung jarinya seakan-akan sedang mengambil sejumput garam. Selain mengambil sejumput garam, cilok juga dapat diartikan gerakan penari tari saman dalam mengambil suatu benda yang ringan.

11. Cerkop

Gerakan lainnya yang diambil dari bahasa suku Gayo adalah gerakan cerkop. Cerkop adalah gerakan para penari tari saman dengan kedua tangan berhimpit dan searah. Gerakan ini biasanya dilakukan pada saat tempo gerakan sedikit melambat.

12. Tepok

Tepok adalah gerakan tepuk dalam berbagai posisi. Dalam tari saman yang mengandalkan gerakan tangan sebagai gerak utama, maka gerak tepok akan sering menghiasi tari saman. Tari saman sendiri memang mengandalkan kekuatan tangan sebagai latar utama tarian ini.

Gerakan-gerakan di atas disusun seharmonis mungkin dengan memperhatikan tempo. Tepukan kedua belah tangan merupakan pertanda tempo sedang ke cepat. Tepukan kedua tangan mencirikan tempo cepat. Tepukan satu telapak tangan di dada mencirikan tempo lambat.

Dan gesekan ibu jari dengan jari tengah mencirikan tempo paling lambat. Dengan adanya banyak gerakan yang menuntun penari selalu menyesuaiakn dengan berbagai tempo maka unsur tenaga pada tari saman menuntu unsur tenaga yang besar pada penarinya.