Hutan kerangas

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Masih membahas pelajaran IPA, kali ini membahas mengenai Hutan Kerangas, mulai dari pengertian, ciri, ciri, tumbuhan dihutan karangas, sampai membahas persebaran hutan karangas.

Yuk simak pembahasan berikut ini.

Pengertian hutan kerangas

Hutan kerangas - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hutan kerangas merupakan salah satu jenis hutan yang cukup rentan terhadap gangguan. Hal tersebut dikarenakan kondisi dari hutan tersebut yang tidak cukup stabil. Hutan kerangas biasanya hanya menumbuhi lapisan tanah bagian podsol saja. Lapisan tanah yang satu ini merupakan lapisan tanah yang bisa dikatakan miskin.

Kata kerangas berasal dari bahasa Dayak Iban yang memiliki arti “tanah yang tidak dapat ditanami padi”. Sebutan tersebut diberikan karena kandungan tanah yang membentuk hutan kerangas sangat miskin unsur hara.

Vegetasi yang mampu bertahan di hutan kerangas umumnya telah beradaptasi secara luar biasa karena kondisi tanah hutan kerangas memang sangat ekstrem.[

Ciri ciri hutan kerangas

Hutan kerangas bisa dikatakan merupakan salah satu jenis hutan yang cukup rentan terhadap gangguan. Hal tersebut dikarenakan kondisi dari hutan tersebut yang tidak cukup stabil. Hutan kerangas biasanya hanya menumbuhi lapisan tanah bagian podsol saja. Lapisan tanah yang satu ini merupakan lapisan tanah yang bisa dikatakan miskin.

Lapisan tanah ini sangat miskin hara, selain itu tekstur dari tanah ini sendiri berpasir yang tak terpisahkan. Sehingga, dengan kondisi tersebut sekan terlihat bahwa kawasan hutan ini cukuo gersang dan tidak bisa di manfaatkan lagi. Dikarenakan kondisi yang demikian, maka kegiatan pemanfaatan dari Hutan kerangas sangatlah minim.

Bahkan hampir tidak ada. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali potensi sumber daya hutan yang bisa di manfaatkan. Namun, pada hutan kerangas hal tersebut sangat minim ditemukan.

Tumbuhan yang hidup di hutan kerangas

Berikut merupakan tumbuhan yang hidup dihutan karangas:

  • Tristania sumatrana
  • Casuarina sumatrana
  • Rhodamia cinerea
  • Rhodomyrtus tomentosa
  • Melastoma polyanthum
  • Dillenia suffruticosa
  • Vaccinium bancanum
  • Vaccinium bracteatum
  • Garcinia bancana

Penyebaran hutan kerangas

Hutan kerangas memang merupakan salah satu hutan yang bisa dikatakan memiliki unsur hara yang sangat minim. Namun, bukan berarti persebaran hutan ini sangat kecil.

Justru persebaran dari hutan yang satu bisa dikatakan cukup luas dan banyak sekali. Kawasan hutan kerangas ini sendiri tidak hanya tersebar di Indonesia saja, namun ada juga hutan jenis ini yang diketemukan berada di luar kawasan indonesia. beberapa daerah persebaran dari hutan kerangas ini sendiri adalah

  1. Kalimantan
  2. Sumatera
  3. Singkep
  4. Bangka Belitung
  5. Serawak
  6. Sabah
  7. Brunei

Dari beberapa kawasan persebaran hutan kerangas yang ada di atas, Kalimantan merupakan kawasan yang memiliki persebaran hutan Kerangas paling besar. Hal ini tentunya sangat kita maklumi karena kalimantan merupakan salah satu kawasan yang memiliki hutan terluas di dunia.

Persebaran hutan kerangas di kalimantan sendiri bisa ditemukan hampir pada setiap wilayah di pulau ini. Salah satunya kita bisa menemukan hutan kerangas di area Taman Nasional Danau Sentarum.

fbWhatsappTwitterLinkedIn