Kelebihan dan Kekurangan Google Form yang Perlu diketahui

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Kesempatan kali ini kita akan mempelajari pelajaran TI mengenai Kelebihan dan kekurangan dari google form.

Google Form adalah alat yang memungkinkan mengumpulkan informasi dari pengguna melalui survei ataupun kuis yang dipersonalisasi.

Informasi tersebut kemudian dikumpulkan dan secara otomatis terhubung ke spreadsheet. Spreadsheet diisi dengan survei dan respons kuis.

google form logo

Kelebihan Google Form

Berikut adalah Kelebihan dari google form:

  • Mudah digunakan
    Google Form memiliki tampilan yang simple sehingga dapat digunakan oleh pengguna awam. Selain itu,Google Form juga memiliki fitur drag and drop yang memudahkan pengguna untuk mengedit form.
  • Gratis
    Google Formulir adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, gratis juga. Anda dapat menggunakan semua fitur Google Formulir tanpa biaya tambahan atau biaya berlangganan. Ini adalah salah satu keunggulan utama Google Formulir dibandingkan aplikasi atau layanan pembuat formulir lainnya.
  • Tampilan tema yang unik
    Tema yang banyak dan menarik menjadi kelebihan Google Form yang tersediakan di menu Google Form karena dengan tema yang banyak membuat para penggunanya tidak merasa bosan saat membuat kuis dan Form. Serta membuat sebuah kuis menjadi hidup.
  • Url yang bisa diperpendek
    Kelebihan dari Google Form dibidang url menyediakan pengeditan URL, yang semula panjang bisa diperpendek supaya kita mudah untuk membagikan kuis yang telah dibuat. Url yang pendek dibuat oleh Google Form supaya kita mudah mengingat alamat Form kita.

Kekurangan Google Form

Adapun kekurangan yang dimiliki google form, sebagai berikut:

  • Desain yang terbatas
    Meski mempunyai opsi kustomisasi, Google Form hanya menyediakan pilihan yang terbatas. Salah satu contohnya adalah pilihan font yang sangat sedikit.
  • Tidak ada pemberitahuan email
    Secara default, Formulir Google tidak memberikan pemberitahuan email ketika responden menyelesaikan survei mereka. Anda perlu mengaktifkannya secara manual melalui tab Respon, pilih titik dua (di atas menu Terima tanggapan) dan kemudian pilih Terima pemberitahuan email untuk tanggapan baru.
  • Tidak ada riwayat modifikasi
    Google Formulir tidak memiliki riwayat edit, yang berarti Anda tidak dapat melihat perubahan yang telah dilakukan ke formulir. Hal ini cukup mengganggu apalagi jika form dikelola secara team, dimana banyak orang yang dapat mengedit form tersebut.
  • Pilihan ekspor yang terbatas
    Google Form hanya menyediakan beberapa opsi ekspor, yaitu ke Google Sheets dan pdf. Sampai saat ini, Google Form belum menyediakan fitur untuk mengubah Google Form menjadi file Word (.docx).
fbWhatsappTwitterLinkedIn