Penyebab bumi semakin panas

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info
Suhu Bumi Semakin Panas - wartabuana

Pembahasan kita pelajaran IPA mengenai penyebab bumi semakin panas, Yuk simak pembahasan berikut ini.

Pasti kalian pernah mendengar pertanyaan”Bagaimana pemanasan global itu terjadi ?”

Pemanasan global terjadi karena adanya efek rumah kaca (green house effect) . Efek rumah kaca adalah keadaan dimana panas dari matahari masuk ke atmosfir bumi dan tidak dapat keluar lagi, seperti yang terjadi pada rumah kaca. Untuk lebih mudah mengerti berikut urutannya ;

Matahari memancarkan cahayanya ke bumi dalam wujud gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yg sangat pendek. Pancaran tersebut menyebabkan bumi selalu hangat

Berdasarkan hasil pengamatan data selama 1981-2020, anomali suhu udara Indonesia bulan April cenderung naik. Anomali suhu udara adalah perbandingan suhu udara pada tahun tertentu, relatif terhadap periode normal, dalam hal ini adalah rentang waktu tahun 1981-2020.

Berikut merupakan faktor bumi semakin panas:

Karbondioksida yang terkandung di lautan

Di dalam lautan mengandung karbondioksida lebih banyak dibandingkan dengan kandungan yang terdapat di atmosfer. Lautan juga dapat menyerap karbondioksida yang berasal dari atmosfer. Ketika karbondioksida di lautan tidak dapat menyerap panas seperti halnya yang dilakukan oleh atmosfer. Jika karbondioksida terlepas dari lautan dan bergerak ke arah atmosfer, hal inilah yang berkontribusi meningkatkan bumi menjadi panas.

Arus laut

Arus laut ternyata juga berpengaruh meningkatkan suhu bumi. Arus laut membawa hawa panas keseluruh bagian bumi. Arah dari arus laut ini dapat berubah – ubah sehingga beberapa tempat bisa lebih hangat dan tempat lain bisa lebih dingin. Lautan dapat menyimpan panas dalam jumlah yang besar. Sehingga perubahan kecil di arus laut dapat memberikan efek terhadap iklim global.

Dampak meteorid

Meteorid juga berkontribusi terhadap perubahan iklim yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Seperti contoh Kawah Chicxulub yang berada di Yucatan Peninsula di Mexico. Dampak yang besar diberikan oleh kawah meteorid tersebut menyebabkan debu dan gas-gas melambung ke atmosfer dan menghalangi masuknya sinar matahari. Material – material ini mengisolasi bumi dari radiasi matahari dan menyebabkan suhu global menjadi turun. Hal ini terjadi selama beberapa tahun.

fbWhatsappTwitterLinkedIn