Perbedaan Token, Type, dan Lexeme dalam Ilmu Linguistik

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa morfologi merupakan salah satubagian atau cabang dari ilmu linguistik yang membahas wujud kata dan pengaruh modifikasi dari katanya baik secara semantik atau grammatical. Di dalam morfologi terdapat istilah token word, type word dan juga lexeme word. Berikut penjelasannya.

Token

Token adalah jumlah total dari kata yang terdapat didalam sebuah kalimat, terlepas dari seberapa sering kata tersebut diulang. Sebenarnya, token adalah alat untuk menilai keragaman leksikal. Token memiliki sejumlah aplikasi-analisis wacana, terjemahan, mengukur pengembangan kosa kata dalam penguasaan bahasa, pengembangan menulis, studi pidato versus menulis, membandingkan bahasa yang berbeda.

Contoh : “I saw Naval in carnaval last night, he was with her girlfriend bought Thai tea, I tried to greet them but they didn’t see me”. Berapakah jumlah kata yang ada di dalam kalimat tersebut? Token dalam kalimat tersebut adalah 25 kata. Setiap kata terhitung 1 meskipun kata tersebut terulang seperti kasus saw dan see.

Type

Type adalah istilah dalam morfologi untuk penghitungan suatu kata yang ada didalam kalimat, meski pun kata tersebut diulang beberapa kali maka akan tetap dihitung satu.

Contoh : “Good wine is wine that is stored for a long time, the longer the quality of the wine is getting better.”. Terdapat tiga kata wine maka kita menghitung nya satu. Ada tiga is, maka kita hitung satu. Kata The diulang sebanyak tiga kali, jadi terhitung 1.

Jadi, berapakah total kata yang ada didalam kalimat tersebut? Jawabannya adalah 15 kata type.

Lexeme

Terakhir adalah lexeme, lexeme bisa dikatakan sebagai kata yang serumpun yang hanya dibedakan oleh bentuk grammatical ending atau bentuk grammatical seperti noun, present, past atau berbagai bentuk dari kata ganti (me, my, I, mine). Mereka semua mewakili satu lexeme.

Contoh : “My friend and I went to the course together, even though our courses are different, but the place is in the same building.” My, I dan our; course dan courses masing-masing mewakili satu lexeme. Sehingga kalimat tersebut memiliki 20 lexeme.

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.