Sumber Daya Alam Malaysia

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Malaysia adalah negara di Asia Tenggara yang dahulu merupakan wilayah jajahan Inggris, wilayahnya terbagi 2 yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur.

Malaysia barat berbatasan dengan Thailand di sebelah utara, sebelah selatan dengan Singapura dan Indonesia dan di sebelah barat berbatasan juga dengan Indonesia, sedangan batas timurnya adalah Indonesia, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Wilayah Malaysia barat sering disebut dengan Semenanjung Malaysia.

Malaysia timur mencakup Sabah dan Sarawak yang memiliki batas negara di sebelah utara Laut Cina Selatan, sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia, batas barat juga Indonesia dan Sebelah timur berbatasan dengan Filipina.

Malaysia memiliki iklim tropis, hal ini membuat Malaysia memiliki sumber daya alam di bidang pertanian yang cukup baik. Hasil tambang juga menjadi komoditi utama. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Pertanian

Bidang pertanian Malaysia sebenarnya bukan andalan utama penghasilan negara. Malaysia juga menanam sawit seperti Indonesia dan menduduki peringkat ke 2 setelah Indonesia untuk ekspor sawit.

Hasil pertanian dan perkebunan lainnya adalah karet, kakao dan kayu. Selain itu Malaysia juga menghasilkan buah-buahan tropis seperti durian dan mangga. Beras juga salah satu hasil pertanian tapi bukan yang utama.

  • Hasil Tambang

Malaysia memiliki hasil tambang salah satunya timah adalah sumber mineral terbesarnya, tambangnya terletak di Lembah Kinta. Malaysia sempat menjadi penghasil timah terbesar di dunia yaitu di awal tahun 1980-an.

Minyak bumi dan gas alam juga menjadi komoditi tambang utama yang mampu memberikan devisa bagi negara. Di tahun 2004 Malaysia memiliki cadangan minyak dan gas terbanyak di dunia di urutan ke 13.

Hasil tambang lainnya yang dimiliki Malaysia antara lain bijih besi dan bauksit

  • Perikanan

Malaysia memiliki wilayah lautan yang cukup untuk memperoleh hasil ikan dan mengelolanya. Hasil laut Malaysia antara lain ikan tuna, rumput laut, kepiting dan sebagainya. Tuna dan rumput laut bahkan menjadi komoditi ekspor negara ini.

  • Wisata Alam

Malaysia memiliki letak geografis yang membuat negara ini memiliki keindahan alam. Wisata alam yang pertama adalah The Habitat Penang Hill, terletak di Penang, menarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk menikmati hutan dan ragam flora beserta edukasinya.

Ada juga wisata pantai yang terkenal yaitu di pulau Manukan, Sabah. Lokasinya di Malaysia Timur dan memberikan panortama pantai dan laut yang indah. Pulau ini menjadi wisata yang dapat menyedot banyak pengunjung hingga 200 ribu turis dalam setahun.

fbWhatsappTwitterLinkedIn