14 Tips dan Cara Belajar Ala Jerome Polin

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Bagi para penggemar Jerome Polin Sijabat tentu sudah tau jika dia tidak hanya sebagai seorang Youtuber saja, namun juga seorang mahasiswa di Universitas terbaik di Jepang yakni Waseda University dengan jurusan Matematika. Yang menarik dari perjalanan kisahnya yakni jika Jerome berhasil memperoleh beasiswa untuk dapat berkuliah di negeri bunga sakura tersebut.

Tentu perjuangan Jerome untuk memperoleh beasiswa tidaklah mudah. Dia harus bersaing dengan banyak orang hingga akhirnya berhasil memperoleh beasiswa tersebut dan berkuliah di Waseda University.

Namun terkadang belajar terus menerus membuat seseorang mudah mengalami kebosanan. Lalu bagaimana cara belajar ala Jerome Polin agar tidak cepat bosan? Berikut cara belajar yang pernah diungkapkan Jerome pada channel YouTube miliknya.

1. Belajar Dengan Menggunakan Metode 50 10

Metode ini menerapkan waktu 50 menit digunakan untuk belajar sedangkan 10 menit berikutnya istirahat. Cara ini efektif diterapkan untuk belajar, sebab belajar dengan jangka waktu lama justru membuat otak tidak dapat menyerap pelajaran dengan baik. Sehingga sangat percuma belajar lama tanpa ada jeda istirahat.

2. Buatlah Target Belajar

Sebelum belajar ada baiknya membuat target belajar terlebih dahulu. Target belajar dapat dimulai dari seberapa banyak soal yang akan diselesaikan ataupun sejauh mana materi yang harus dipelajari. Dengan memberikan target tentu belajar menjadi lebih terarah dan fokus.

3. Tidak Ada Salahnya Memberikan Reward Dan Punishment

Mudahnya jika kita berhasil menyelesaikan target belajar, tidak ada salahnya memberikan hadiah kepada diri sendiri. Justru sebaliknya, apabila tidak berhasil dalam mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya, beri hukuman kecil ke diri sendiri. Latihan ini justru membuat kita menjadi lebih disiplin.

4. Cari Sumber Belajar Lainnya

Belajar tidak hanya dari satu sumber saja. Saat ini mencari materi pembelajaran dapat diakses dengan sangat mudah. Manfaatkan gadget yang ada seperti handphone, leptop, tab, dan lainnya. Tidah hanya itu saja, carilah sumber bacaan lain seperti buku agar menambah wawasan pengetahuan.

5. Tidak Ada Salahnya Mencari Suasana Baru

Jika merasa bosan dengan suasana kamar, tidak ada salahnya untuk mencari tempat-tempat belajar lainnya. Hal ini penting dilakukan agar tidak cepat merasa bosan karena tempat belajar yang baru. Sebaiknya pilihlah tempat belajar yang nyaman dan tenang untuk belajar seperti ruang belajar atau perpustakaan.

6. Cari Komunitas Atau Kelompok Belajar

Membentuk kelompok belajar agar belajar menjadi lebih mudah. Kelompok belajar dapat berasal dari teman sekelas atau lainnya. Perlu diperhatikan jika kelompok ini dibuat untuk fokus belajar bersama dan bukan untuk bermain.

7. Jangan Lupa Berdoa

Hal ini sangat penting dilakukan agar Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan ketika kita mengalami kesulitan saat belajar.

Selain itu, Jerome juga pernah menceritakan kisah perjalanan dirinya dalam meraih mimpi pada sebuah buku berjudul Mantappu Jiwa yang langsung habis terjual sebanyak 2.000 eksemplar ketika pertama kali diluncurkan.
Di dalam buku itu dapat diperoleh beberapa poin penting untuk mengejar mimpi ala Jerome Polin.

8. Mengetahui Apa Yang Diinginkan Sejak Awal

Jerome bercerita jika dia ingin pergi ke Disney Land seperti yang pernah teman-temannya lakukan. Sedikit informasi, Jerome bersekolah di salah satu sekolah elit dan diberi bantuan untuk dapat belajar di sekolahan tersebut.

Dari impiannya tersebut, Jerome bertekad untuk dapat bersekolah di luar negeri, hingga akhirnya dia berhasil memperoleh beasiswa di Waseda University di Jepang. Di sini dapat disimpulkan kita harus tahu apa yang mau diinginkan sejak awal, agar mengetahui cara atau usaha yang harus dilakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

9. Segera Ambil Langkah Pertama

Setelah tahu apa yang diinginkan, Jerome juga tahu langkah apa saja yang harus dilakukan untuk dapat meraih impiannya. Dia tahu bahwa sedikit terlambat untuk mengikuti lomba Olimpiade saat SMA, namun demikian Jerome tetap mengikuti lomba tersebut dan meraih juara di beberapa perlombaan.

Jika telah mengetahui apa yang diinginkan bahkan rencana apa saja yang akan dilakukan, berikutnya hanya perlu langkah pertama untuk mewujudkan itu semua. Jika tidak segera dimulai kapan impian akan segera terwujud?

10. Kesuksesan Tidak Jatuh Dari Langit

Terkadang setiap tindakan selalu ada hal yang harus dikorbankan untuk meraih kesuksesan dan impian. Sebab memang pada dasarnya tidak ada satupun kesuksesan yang datang secara tiba-tiba. Hal ini juga dialami oleh Jerome dengan mengorbankan waktu bermain ataupun waktu bersenang-senangnya hanya untuk belajar. Saat dia masih duduk di kelas 1 SMA dia bertekad untuk mempelajari semua pelajaran SMA hanya dalam waktu 1 tahun.

11. Menjadikan Suatu Kegagalan Sebagai Sebuah Dorongan

Dalam perjalanannya mengikuti lomba Olimpiade, Jerome tidak langsung meraih juara. Berkali-kali dia gagal dan belum meraih juara pada setiap perlombaan, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi alasan dirinya untuk putus asa.
Sama halnya ketika dia mendaftar beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Ada banyak pesaing dari kalangan mahasiswa dan juga orang-orang yang telah banyak pengalaman mengikuti beasiswa tersebut.

Sedangkan Jerome hanya seorang lulusan SMA dan masih sangat baru terhadap hal tersebut. Meskipun begitu dia tetap berusaha hingga akhirnya berhasil mendapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

12. Hal Yang Terlihat Tidak Mungkin, Belum Tentu Mustahil

Perjuangan Jerome tidak berhenti setelah dia memperoleh beasiswa saja. Karena dia ingin berkuliah di Waseda University, maka Jerome harus harus tes bahasa Jepang yang tidak mudah untuk dilewati. Pasalnya, Jerome belum ada pengalaman tes-tes bahasa Jepang sebelumnya. Meskipun begitu dia tetap berupaya untuk melewati tes tersebut dengan baik.

13. Jangan Pernah Silau Dengan Keberhasilan Milik Orang Lain

Banyak orang hanya melihat keberhasilan dan kesuksesan orang lain saja. Padahal ada banyak usaha yang harus dilakukan untuk meraih keberhasilan tersebut, tidak terkecuali Jerome.

Jadi jangan pernah merasa iri dengan kebehasilan orang lain atau hingga membandingkannya dengan diri sendiri. Sebab setiap orang memiliki cara tersendiri untuk meraih kesuksesannya.

14. Meskipun Tidak Sesuai, Percaya Jika Ada Rencana Yang Lebih Sempurna

Terkadang meskipun telah berusaha dengan sebaik mungkin, ada kalanya berakhir dengan kegagalan atau bahkan tidak sesuai dengan keinginan. Meskipun demikian, percayalah bahwa pasti ada rencana yang lebih baik bahkan luar biasa dibalik kegagalan tersebut.

Hal ini juga dialami oleh Jerome saat ingin memperoleh beasiswa di Singapura, namun gagal padahal dia telah berusaha dengan sungguh-sungguh. Dia tidak menyerah dan justru memperoleh beasiswa di Waseda University, Jepang.

Nah itulah tadi beberapa cara belajar ala Jerome Polin yang bisa ditiru. Semoga menginspirasi.

fbWhatsappTwitterLinkedIn