Wawasan Kebangsaan

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Membahas pelajaran PPKN mengenai wawasan kebangsaan, mulai dari pengertian, tujuan, asas asas sampai membahas contoh dari wawasan kebangsaan.

Yuk simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Wawasan Kebangsaan

Wawasan Kebangsaan – IndependensI

Kata wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu mawas yang artinya memandang atau melihat, jadi kata wawasan dapat diartikan cara melihat atau cara pandang.

Dapat disimpulkan Wawasan Kebangsaan Indonesia adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Tujuan Wawasan Kebangsaan

Tujuan wawasan ini membentang dari kesadaran diri sampai nasionalisme atau patriotisme. Kesadaran diri yang dimaksud adalah pengetahuan tentang kondisi internal bangsanya.

Nasionalisme atau patriotisme tidak sekadar identitas, melainkan juga keberpihakan yang jelas pada kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi.

Asas Wawasan Kebangsaan

Asas wawasan kebangsaan terdiri dari :

  • Kepentingan/tujuan yang sama
  • Solidaritas
  • Kejujuran
  • Kesetiaan terhadap kesepatakan

Contoh Wawasan Kebangsaan

Berikut merupakan contoh dari wawasan kebangsaan:

Politik

Yaitu mengenai sistem politik yang dianut suatu bangsa. Indonesia sejak reformasi berupaya menetapkan kembali demokrasi Pancasila. Sikap politik ini semestinya menjadi landasan dalam setiap proses pengambilan kebijakan politik.

Hukum

Yaitu berkaitan dengan sistem hukum yang diterapkan di negara ini. Melalui proses politik, hukum diturunkan dalam bentuk tertulis yang disepakati. Namun, sering kali penegakannya tergantung pesanan. Hukum yang tumpul keatas adalah contoh praktik kehidupan yang dijalankan tanpa adanya wawasan kebangsaan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn