Asal usul nyi roro kidul

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Nyi roro kidul? Sudah tidak asing lagi di dengar, tahukah kalian asal usul nyi roro kidul? Yuk kita simak pembahasan berikut ini.

Nyi roro kita kisa rakyat yang tepatnya berada di Jawa, Nyi ror kidul dianggap oleh rakyat sebagai ratu pengusaha laut selatan, Menurut Antropolog Robert Wessing dalam “A Princess from Sunda: Some Aspects of Nyi Roro Kidul,” Asian Folklore Studies Vol. 56 tahun 1997, menyatakan bahwa Ratu Kidul ini mulanya adalah putri dari Kerajaan Galuh, sekira abad 13.

Konon nyi roro kidul merupakan putri keturunan raja kediri dan ada sebagian yang bilang Nyi roro kidul merupakan keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan.

Konon seorang ratu Ayu melahirkan seorang anak perempuan yang ajaib, saat bayi tersebut lahir langsung bisa berbicara dan mengatakan bahwa dia adalah penguasa semua lelembut di tanah Jawa dan akan berdiam di Pantai Selatan. 

Dan pada saat itu roh Raja Sindhula dari Galuh pun muncul dan bersabda bahwa cucunya tersebut tak akan bersuami untuk menjaga kesucian dirinya, dan jika ia bersuami maka hanya bisa menikah dengan seorang raja raja di Jawa.

Nyi roro kidul menunggu kedatangan suami 2 abad lamanya Seorang Panembahan Senapati, yang memerintah kepada Mataram Islam 1585-1601, agar ia pergi ke pantai selatan untuk bersemedi memohon petunjuk untuk memenangkan peperangan melawan Sultan Pajang di Prambanan. Konon ketekunannya membuat Laut Selatan bergolak. 

Singkat cerita Ratu Kidul pun keluar dari temoat persembunyian, datang di permukaan lautan. Dia tercengah melihat seorang pemuda gagah tengah bersemedi.Ratu kidul pun langsung jatuh hati kepada Panembahan Senapati. Setelah bercinta tiga hari tiga malam di istana bawah Laut Selatan, Nyi roro kidul pun berjanji akan membantu Senapati memenangkan peperangan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn