5 Fakta Thailand yang Menarik

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Thailand adalah sebuah negara yang termasuk di dalam wilayah Asia Tenggara. Negara ini beribukota di Bangkok dan meiliki sistem pemerintahan monarki yang dimpimpim oleh seorang raja.

Thailand merupakan negara yang menjadi salah satu pelopor berdirinya organisasi atau Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara yang disngkat (ASEAN) pada tahun 1967.

Sampai saat ini, Thailand menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki jumlah wisatawan yang sangat besar. Bangkok juga menjadi kota yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahan dan keragaman tempat wisatanya.

Selain sejumlah informasi di atas, Thailand juga memiliki sejumlah fakta menaik lainnya yang wajib diketahui. Berikut ini sejumlah fakta tersebut.

  1. Negara di Asia Tenggara yang Belum Pernah Dijajah
    Thailand merupakan negara di wilayah Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa. Karena hal inilah, negara ini diberi nama Thailand atau Prathet Thai yang memiliki arti “tanah bebas.” Dengan keberadaan fakta ini, Thailand telah mengukirkan sejarahnya sendiri. Hampir seluruh negara di dunia mengalami masa penjajahan terutama oleh bahasa Eropa, tetapi hal ini tidak pernah terjadi pada negara satu ini.
  2. Memiliki Sejumlah Julukan Menarik
    Negara Thailand juga mendapat sejumlah sebutan seperti negeri seribu pagoda, negeri gajah putih dan lumbung padi Asia. Julukan seribu pagoda berikan karena Thailand memiliki ribuan kuil atau pagoda tempat beribadah untuk masyarakatnya. Selain itu, negeri ini mendapat sebutan negeri gajah putih karena hewan ini menjadi simbol penting untuk Thailand. Hewan langka ini dianggap suci dan menjadi simbol kekuasaan kerajaan. Gajah putih di Thailand juga hanya dimiliki atau dipelihara oleh kerajaan. Thailand juga menjadi pengekspor beras terbesar kedua di dunia setelah Vietnam, yang membuatnya dijuluki sebagai lumbung padi Asia.
  3. Memiliki Hewan Terbesar dan Terkecil di Dunia
    Thailand juga memilik fakta menarik lainnya yaitu memiliki binatang mamalia terkecil dan terbesar di dunia. Kedua binatang tersebut yaitu Paus Biru dan Kelelawar Bumblebee. Paus Biru tercatat sebagai hewan terbesar sampai saat ini. Beratnya mencapai 180 ton dengan panjang sekitar 30 m. Binatang ini sering ditemukan di perairan Thailand. Sedangkan kelelawar Bumble Bee yang yata-rata berukuran antara 1,1-1,3 inci (2,8-3,3 sentimeter) menjadi mamalia terkecil di dunia. Binatang unik ini sering di dalam gua batu berkapur di wilayah Thailand dan Burma.
  4. Memiliki Budaya Dilarang Menyentuh Kepala
    Menunjukkan rasa hormat terhadap kepala orang lain sangat penting di Thailand. Di negara ini, kepala menjadi bagian anggota tubuh yang sangat penting. Oleh sebab itu, budaya Thailand mengajarkan untuk melarang siapa pun menyentuh kepala orang lain, bahkan kepala seorang anak sekalipun. Pada saat seseorang bertemu orang yang lebih tua atau memiliki jabatan penting, masyarakat Thailand tak akan segan untuk menurunkan atau menundukkan kepala untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang yang dituju. Hal ini juga berlaku untuk para wisatawan atau orang asing yang sedang berada di negara tersebut.
  5. Bangkok Memiliki Suhu Tinggi
    Bangkok, ibu kota Thailand, dinobatkan sebagai kota terpanas di dunia. Oleh sebab itu, para wisatawan yang ingin berkunjung wajib mempersiapkan semua pakaian yang sesuai saat berkunjung ke negara ini. Menurut Organisasi Meteorologi Dunia, Bangkok bertemperatur tinggi tersebut bukan dikarena faktor lingkungan sekitar, tetapi karena secara memang negara ini memiliki cuaca panas yang konsisten sepanjang tahun. Pada pertengahan November dan Januari, cuaca Thailand lebih hangat dan langit terlihat cerah. Namun, pada musim dingin atau hujan, hawa panas masih tetap terasa karena temperaturnya hampir tidak berubah sepanjang tahun.
fbWhatsappTwitterLinkedIn