Pengertian Ahlak Terpuji Beserta Tujuan, Manfaat, Ciri, dan Jenisnya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Apa itu Ahlak Terpuji?

Coba perhatikan teman-teman dikelasmu atau di sekitaran sekolahmu. Pasti akan ketahuan siapa diantara mereka yang mempunyai sifat dan perilaku yang baik misalkan jujur, ramah, sopan dan senang membantu sesama.

Jika diantara mereka ada anak yang berperilaku seperti diatas maka anak tersebut banyak disukai teman-temannya. Begitupun dengan guru dan keluarganya pasti akan sangat menyukai anak tersebut karena sifat dan perilakunya.

Setiap anak yang berperilaku baik terhadap semua orang maka anak tersebut bisa dikatakan anak yang mempunyai ahlak terpuji.

Ahlak terpuji itu dapat diartikan sifat atau perilaku baik yang dimiliki oleh seseorang. Perilaku baik tersebut dapat menjadikan dirinya di sukai dan dicintai orang lain, sehingga dirinya akan menjadi teladan kebaikan bagi orang lain.

Anak yang memiliki ahlak terpuji akan menjaminkan dirinya menjadi pribadi yang berwibawa, mudah di percaya orang lain dan banyak yang tersanjung dengan tingkah laku kebaikannya.

Tujuan Ahlak Terpuji

Sebagai manusia sangat perlu memiliki sikap terpuji kepada semua orang tanpa memandang ras, suku, agama dan budaya karena hal ini bertujuan :

  • Agar mempunyai rasa toleransi kepada sesama
  • Agar tercipta pribadi yang potensial dan mandiri
  • Agar tidak mentergantungkan ke orang lain
  • Agar menjadi pribadi yang berwibawa
  • Agar tidak sewenang-wenang
  • Agar terhindar dari perselisihan

Manfaat Ahlak Terpuji

Berikut ini manfaat ahlak terpuji bagi kehidupan manusia yang bisa kita nikmati :

  • Dapat menciptkan kehidupan yang harmonis baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan daerah
  • Dapat menjadikan sosok pribadi yang bertanggung jawab penuh
  • Dapat menjadikan manusia yang bijaksana atas tindakannya
  • Lebih hidup aman, nyaman, dan bahagia
  • Dapat menjadikan sosok pribadi yang pandai dalam mengambil keputusan
  • Lebih banyak di sukai dan di kagumi banyak teman, saudara, guru dan orang lain disekitarnya.

Ciri-ciri Ahlak Terpuji

Berikut ini ciri-ciri anak atau orang yang memiliki ahlak terpuji :

  • Jika di beri nasihat akan didengarkan dengan baik
  • Tidak suka memotong pembicaraan orang lain
  • Jika diperintah maka segera dijalankan
  • Tidak suka berantem dengan teman-temannya
  • Berbicara dengan nada rendah dan ramah
  • Disiplin dalam menjalankan tugasnya
  • selalu berlapang dada
  • Tidak mudah marah atau emosi
  • Selalu menjadi pendengar yang baik
  • Suka membantu teman yang merasa kesulitan

Jenis dan Contoh Ahlak Terpuji

Seperti pembahasan di atas bahwa ahlak terpuji melingkupi sifat atau tingkah laku yang baik yang dimiliki oleh seseorang tentunya yang dapat memberi manfaat kepada orang lain.

Berikut ini jenis dan contoh Ahlak Terpuji yang memberi manfaat bagi orang lain dan sekitarnya :

  • Rendah Hati

Firhan anak yang pandai di kelasnya, dia selalu mengerjakan tugas-tugas sekolahnya dengan baik. Firhan selalu mendapat juara satu di kelasnya hingga dia meraih juara paralel mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 karena dia mendapat nilai terbaik.

Walupun firhan siswa terpandai disekolahnya namun dia tidak sombong. Dia selalu membantu teman-temannya jika mereka merasa kesulitan dengan pelajaran sekolahnya.

Firhan juga merupakan siswa yang tidak suka pilih-pilih teman, meskipun ada teman yang kurang pandai atau berlatar belakang dari keluarga yang berkecukupan namun firhan tetap mau berteman dengan siapa saja.

Dalam pergaulannya setiap hari dia tetap menjaga sikap dan tingkah lakunya terutama dalam berbicara. Dia berbicara apa adanya dan tidak muluk-muluk serta berlebihan.

Sikap dan tingkah laku firhan mencerminkan seorang anak yang memiliki kerendahan hati dan patut di contoh oleh semua orang baik anak-anak, remaja hingga dewasa.

Sikap rendah hati merupakan sikap pribadi seseorang yang mencerminkan ketidak mampuan diri dalam arti tidak merasa pintar, tidak menyombongkan diri dan bersikap bijaksana ke setiap orang tanpa memandang situasi dan kondisi apapun.

Sikap rendah hati timbul pada dasar manusia itu sendiri tanpa dibentuk dengan unsur mencari simpati seseorang. Sebagaimana manusia diciptakan untuk melakukan kebaikan di setiap langkahnya.

  • Ikhlas

Dilingkungan sekolah sering sekali kita jumpai teman-teman yang sedang menghadapi kesulitan. Jika kita melihat salah satu teman kita yang sedang membutuhkan bantuan, sebaiknya kita sebagai manusia wajib untuk membantu sesama.

Mambantu sesama teman kita tidak perlu meminta balasan apapun dari mereka. Kita harus ikhlas membantu tanpa pamrih dan unsur paksaan.

Misalnya dikelas ada salah satu teman yang berlatar belakang dari keluarga yang kurang mampu, dia hanya membawa uang saku secukupnya. Sedangkan pada waktu itu ibu guru meminta iuran kas mingguan.

Nah, sebaiknya jika kita ada uang saku lebih, bolehlah kita memberikan dahulu. Ingat, membantu sesama harus ikhlas tanpa pamrih. Orang yang ikhlas hanya mengharapkan pahala dari Allah Swt. Membantu sesama manusia harus dengan perasaan rela dan tidak terpaksa.

Seperti istilah yang mungkin teman-teman pernah ketahui ” Tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah”, artinya orang yang memberi sesuatu itu lebih baik daripada orang yang meminta-minta sesuatu yang bukan miliknya.

  • Santun

Sikap yang satu ini sering kita jumpai terutama di lingkungan sekolah. Pasti ada diantara teman-teman kalian jika berbicara selalu dengan kata-kata sopan dan tidak mengeluarkan kata-kata kasar.

Apalagi jika berbicara dengan orang yang lebih tua seperti contoh guru kita, orang tua dan siapapun itu yang lebih tua sebaiknya gunakan bahasa yang baik dan santun.

Diantara kalian yang memiliki sikap yang seperti diatas maka mereka bisa dikatakan anak yang santun dan berbudi halus.

Siapapun itu jika bicaranya sopan, santun dan jelas maka orang yang mendengarkannya akan terkesima dengan ucapan yang dikatakan.

Orang yang santun dikenal dengan orang yang sangat hormat dan menghargai orang lain.

Sifat yang demikian, biasanya akibat didikan agama yang luas dari keluarganya baik dari Bapak, Ibu, dan seluruh anggota keluarganya sangat mempengaruhi anak menjadi santun dalam pergaulan.

Orang yang bersikap santun kepada setiap orang atu teman, maka mereka akan di cintai teman-temannya.

Kebiasaan mengucapkan salam setiap bertemu Orang tua, guru, sahabat dan siapapun itu dapat menciptakan jiwa yang santun. Tidak mudah marah jika ada masalah juga menciptakan jiwa yang santun.

Mau mendengarkan pembicaraan orang lain dan menghargai pendapat orang lain juga dapat mencerminkan jiwa yang santun.

  • Dermawan

Pada dasarnya sifat dermawan berasal pada diri manusia itu sendiri. Orang yang suka memberi apa yang ia miliki dengan sepenuh hati merupakan orang yang berhati mulia dan tulus.

Sifat dermawan merupakan sikap pribadi seseorang yang dirinya suka memberi atau bersedekah kepada orang lain dengan sepenuh hati tanpa mengharapkan rasa dipuji atau dibangga-banggakan.

Sering kita jumpai seseorang yang memberikan bantuan kepada suatu lembaga atau yayasan baik berupa uang, barang ataupun jasa dengan bentuk rasa kepedulian terhadap sesama merupakan wujud dari bersedekah.

Bersedekah atau memberi ke setiap orang atau lembaga tidak perlu memandang latar belakang suatu lembaga tersebut. Sebaiknya kita memberi dengan bentuk keyakinan dan keikhlasan kita sebagai sesama manusia.

  • Keadilan

Perlu kita ketahui, bagaimana sikap adil yang harus kita terapkan kepada orang lain termasuk keluarga maupun teman kita. Baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.

Kata adil memiliki arti sama dan seimbang. Jadi, sikap adil merupakan sikap pribadi yang dimiliki seseorang yang mencerminkan keadilan, keseimbangan atau sama dalam memberikan hak dan kewajiban atau sesuatu kepada orang lain.

Bersikap adil perlu kita terapkan apabila ada suatu acara atau perencanaan yang pelaksanaannya mengajak orang banyak. Kita patut memberikan hak atau kewajiban yang sama dan setara kepada mereka baik berupa tugas pelaksanaan maupun berupa bentuk lainnya.

Seperti yang harus kita ketahui bahwa lawan kata dari keadilan adalah kedzaliman. Kedzaliman termasuk ketidak adilan yang artinya kesewenang-wenangan yang merupakan pelanggaran dari hukum-hukum Allah Swt.

Apabila ada penguasa yang bertindak sewenang-wenang terhadap rakyatnya maka ia telah berbuat kedzaliman bukan keadilan semata.

Penguasa yang berbuat kedzaliman akan memberlakukan hukum sesuai kehendaknya. Penguasa yang dzalim ialah penguasa yang hanya mementingkan aggota dan golongannya.

Kedzaliman bisa menimbulkan kekacauan, kehancuran, keresahan, dan ketidakpuasan yang merugikan masyakat luas.

Kedzaliman seperti di atas harus dihentikan dan sebaiknya bersikap secara adil kepada siapapun tanpa memandang anggota ataupun golongannya. Agar kehidupan masyarakat untuk kedepannya menjadi aman dan sejahtera.

Penerapan Ahlak Terpuji Dilingkungan Sekitar

Nah, pembahasan kali ini menjelaskan penerapan ahlak terpuji di lingkungan, baik di lingkungan sekolah, keluarga, daerah tempat tinggal dan di tempat umum lainnya.

  • Lingkungan Sekolah

Sekolah salah satu tempat kita belajar dan menuntut ilmu. lingkungan yang mengajarkan kita menjadi pribadi yang potensial dan mandiri.

Untuk membentuk jiwa potensial dan mandiri perlu banyak pengetahuan baik di bidang ilmu maupun tingkah laku.

Seperti sikap dan tingkah laku yang harus dilakukan disekolah yaitu sopan terhadap guru dan teman-teman, mentaati peraturan sekolah, dan disiplin waktu.

Sebagai siswa wajib kita patuhi peraturan kegiatan belajar mengajar disekolah salah satunya tidak datang terlambat, mengerjakan tugas dengan baik, tidak mencontek saat melaksanakan ujian, dan tidak suka bolos.

Apabila ada kegiatan keagamaan disekolah seperti pengajian, sumbangan ta’ziah atau tasyakuran kita harus menerapkan dengan setulus hati atau ikhlas.

Jadi semua kegiatan yang di lakukan di sekolah kita sebagai siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar dan mengajar dengan selalu bersikap yang baik.

  • Lingkungan Keluarga

Banyak kisah dan banyak cerita di kehidupan keluarga. Keluarga merupakan kelompok yang memiliki sejarah dalam kehidupan. Berawal dari keluarga kita sebagai manusia bisa tumbuh besar, berpendidikan dan berbudi luhur.

di lingkungan ini justru kita selalu bertemu dengan Bapak, Ibu, Kakak, Adik dan seterusnya. Meskipun kita satu keturunan, terkadang diantara kita memiliki sifat dan karakter yang berbeda.

Dalam kehidupan berkeluarga kita harus dapat membentuk keakraban, kesatuan, dan keadilan agar kita tercipta sebagai keluarga yang harmonis.

keharmonisan dapat tercipta dari suatu pola pikir manusia. Jika terdapat anggota keluarga yang memiliki rasa kepedulian terhadap anggota keluarga lainnya maka akan tercipta kebahagiaan.

Terkadang apabila ada suatu anggota keluarga yang bersikap tidak etis atau sewenang-wenang maka akan timbul perselisihan, keresahan dan kehancuran. Karena sifat yang dibentuk hanya menghasilkan keegoisan semata.

Apabila terdapat suatu permasalahan dalam keluarga, sebaiknya sebagai anggota keluarga membentuk kesatuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan tulus dan lapang dada agar masalah cepat terselesaikan.

  • Di Lingkungan Daerah Tempat Tinggal

Lingkungan daerah merupakan tempat dimana kita berkumpul dan berteman dengan orang-orang seperti tetangga maupun dengan komunitas yang di bentuk dilingkungan desa.

Justru kita banyak berteman dengan orang-orang disekitar kita bahkan terkadang sudah menjadi teman dekat.

Sebaiknya dalam berteman atau berkumpul kegiatan yang harus kita lakukan bersama tetangga atau komunitass yaitu kegiatan yang bernilai positif agar tdak cenderung atau berakibat pertengkaran.

Salah satu contoh kegiatan yang harus kita terapkan dilingkungan daerah seperti membangun kegiatan karang taruna, PKK, Kelompok sukarelawan, Pengajian rutinan, dan kegiatan yang relevan lainnya.

Dalam menjalankan kegiatan diatas selalu berperilaku yang bijaksana, santun dengan sesama dan bersikap adil antar sesama tanpa membedakan golongan atau kelompok agar tercipta lingkungan daerah yang taat akan keharmonisan dan kebahagiaan.

  • Dilingkungan Umum Lainnya

Pernah kalian keluar kota? tentu saja pernah. Nah, disana banyak orang asing atau orang-orang yang sebelumnya kita tidak kenal bahkan belum bertemu sama sekali dengan mereka.

Terkadang kita kesuatu tempat misalkan tempat wisata. Disana bertemu dengan seseorang yang belum pernah kita kenal, kebetulan orang tersebut butuh pertolongan.

Sebagai manusia kita tetap menolong mereka disaat kita mampu. Menolong tidak perlu melihat apa mereka teman kita atau bukan. Karena membantu setiap manusai tidak ada tuntutan apapun atau secara paksaan.

Intinya, saat kita bertemu dengan orang lain di tempat umum. Entah mereka minta bantuan atau mereka sedang melakukakan aktifitas lain dan ternyata kita berada di tempat itu, kita tetap berperilaku yang baik dan bijaksana dalam menghadapi semua orang.

Baik dari ucapan ataupun tingkah laku kita kepada mereka karena sikap kita dimata orang lain itu penting agar mencerminkan bahwa diri kita manusia yang ber ahlak.

fbWhatsappTwitterLinkedIn