Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Komputer memiliki dua jenis perangkat, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang memiliki ciri dan fungsi tersendiri.

Kali ini kita akan membahas mengenai perangkat keras berdasarkan masing-masing jenis, kegunaan dan bentuknya.

Apa itu Perangkat Keras?

Perangkat Keras merupakan sebuah komponen yang secara fisik berwujud dan dapat disentuh pada komputer.

Perangkat keras di operasikan oleh brainware untuk menjalankan program perangkat lunak.

Jadi, hardware juga berhubungan dengan sistem operasi, sehingga selain belajar hardware maka semua orang pun harus juga belajar sistem operasi.

Perangkat Keras Secara Umum

Dalam sebuah komputer ada banyak sekali kategori perangkat keras yang dapat kita temui. Karena hardware merupakan wujud fisik sebuah komputer. Perangkat keras yang bisa kita lihat dan sudah kita ketahui secara umum ada beberapa jenis, diantaranya :

  • Monitor
perangkat keras komputer

Siapapun pasti tahu dimana dan bagaimana bentuk monitor. Seperti layaknya TV, komputer memiliki monitor yang berfungsi sebagai layar untuk menampilkan apapun yang ingin kita lihat. Baik tulisan ataupun gambar secara visual.

  • CPU
Perangkat keras komputer

CPU atau central processing Unit merupakan salah satu bagian perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer yang memberi perintah pada semua bagian komputer.

  • Keyboard
perangkat keras komputer

Komponen yang satu ini juga sudah sangat familiar dengan penikmat teknologi bernama komputer ini.

Keyboard menyempurnakan bentuk komputer seperti halnya monitor yang berada di dekat monitor berbentuk seperti papan yang memiliki tombol. Tugasnya memberi perintah pada komputer.

  • Mouse
perangkat keras komputer

Kalau perangkat yang satu ini juga salah satu perangkat yang mendukung tampilan luar komputer, karena mouse yang difungsikan dengan cara dihubungkan ada bagian monitor.

Mouse bisa mengarahkan kursor atau panah untuk mengarah pada sesuatu yang kita tuju yang tampil dilayar monitor.

Perangkat Keras Bagian Dalam

Setelah perangkat yang sudah biasa kita lihat dan ketahui, ada juga perangkat keras yang berada di dalam dan mungkin tidak terlihat secara langsung. Yaitu, beberapa diantaranya adalah :

  • Motherboard
perangkat keras komputer

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit Cetak yang terdapat beberapa komponen penting.

Dan komponen tersebut berpengaruh pada system di komputer. Banyak sekali fungsinya, salah satu diantaranya adalah menghubungkan beberapa perangkat tambahan.

  • RAM
perangkat keras komputer

Random Access Memory (RAM) merupakan perangkat keras dalam wujud chip berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.

  • Hard Disk (HDD)
perangkat keras komputer

Merupakan media penyimpanan data pada komputer yang berbentuk piringan. Data yang ada di dalam komputer akan tersimpan terus dan tidak akan pernah hilang selama data tersebut tidak dihapus atau komputernya rusak.

Perangkat Keras Pendukung

Diluar dari perangkat keras sesungguhnya, ada juga perangkat pendukung yang tidak berhubungan secara langsung dengan komputer tapi memiliki fungsi khusus. Yang antara lain, ada beberapa contoh yang termasuk perangkat pendukung yaitu:

  • Card Reader
perangkat keras komputer

Yang satu ini adalah alat yang dihubungkan pada komputer ketika ingin membaca atau melihat isi dari sebuah kartu memori melalui komputer. Dan kartu-kartu tersebut bisa terdapat pada kamera, HP atau yang lainnya.

  • Kabel Data
perangkat keras komputer

Alatini pun juga merupakan media penghubung antara sebuah alat teknologi lain padakomputer, berupa sebuah kabel yang terlihat seperti kabel charger HP untukmemindahkan data.

  • Flash Disk
perangkat keras komputer

Masih berupa media penghubung antara komputer dengan perangkat lainnya dalam hal memindahkan data. Namun bedanya, flash disk mempunyai kemampuan untuk menyimpan data.

perangkat keras komputer

Perangkat ini dihubungkan pada sebuah media teknologi atau gadget seperti komputer dan bertugas dan memiliki kemampuan memberi akses atau koneksi internet pada media tersebut.

  • Router
perangkat keras komputer

Hampir sama jenisnya dengan modem, router memiliki kemampuan dalam hal memberi koneksi internet. Router juga merupakan salah satu jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil.

Perangkat Keras Lainnya

Perangkat keras sangat banyak sekali jenisnya, dan kesemuanya tidak bisa dikategorikan satu persatu. Melainkan saling mendukung fungsinya dalam menjalankan program komputer baik secara langsung maupun tidak.

Salah satunya seperti :

  • TV Tuner Card
perangkat keras komputer

Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang dapat menerima sinyal dari Televisi lalu ditampilkan ke layar monitor komputer.

  • Bluetooth USB Dongle
perangkat keras komputer

Bluetooth USB Dongle merupakan perangkat keras yang berguna untuk transfer data.

  • Repeater
perangkat keras komputer

Perangkat keras yang berguna untuk menambah jangkauan WIFI yang belum terkena server WIFI.

  • Line Cable

Berguna untuk menghubungkan audio.

Itulah tadi perangkat keras komputer yang perlu diketahui. Walaupun perangkat-perangkat tersebut berisiko menimbulkan pencemaran lingkungan bila sudah menjadi limbah.

Namun perangkat keras tersebut memberikan dampak yang positif bagi kemajuan teknologi di berbagai bidang. Salah satu pengaruh teknologi terhadap pendidikan adalah membantu siswa agar belajar menjadi lebih mudah.

Semoga info ini bermanfaat bagi para pembaca Haloedukasi yang ingin mempelajari komputer lebih dalam lagi.

fbWhatsappTwitterLinkedIn