Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Semoga tetap semangat belajar gramatika bahasa inggris bersama Halo Edukasi. Topik hari ini akan tetap belajar tenses yang berkaitan dengan masa depan (future), disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu tense dasarnya yaitu Contoh Kalimat Present Future Tense, kemudian lanjutannya seperti Contoh Kalimat Future Continuous Tense dan juga Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Berbeda dari Contoh Kalimat Past Future Tense, karena pada tulisan kali ini akan mempelajari contoh kalimat future perfect continuous tense. Cukup panjang untuk nama tensenya, kira-kira jika di bedah nama dari tense ini definisinya akan seperti apa? 

Pengertian

Dari namanya yaitu future berarti masa depan, perfect yaitu sempurna dan continuous adalah berkelanjutan. Jadi future perfect continuous tense adalah suatu bentuk kalimat yang menyatakan suatu peristiwa yang akan sedang berlangsung disuatu waktu tertentu di masa depan dan akan terus berlanjut hingga suatu saat nanti.

Ada ciri khas yang unik dari future perfect continuous ini yaitu akan ada penanda waktu spesifik seperti for 2 years, since thursday, dll. Jika tidak ada keterangan spesifik waktu yang menandakan keberlanjutan ini maka itu bukanlah future perfect continuous tense. 

Kata Keterangan waktu

Sebelum kita melangkah ke rumus, ada baiknya jika Anda mengetahui keterangan waktu atau time signal yang berlaku pada contoh kalimat future perfect continuous tense sebagai berikut: 

  • for – selama (biasa digunakan untuk durasi aksi yang cukup panjang) 
  • at this time tomorrow – pada jam ini esok hari
  • next – depan
  • by the end of this month – menjelang akhir bulan ini
  • by the end of 2019 – menjelang akhir tahun 2019
  • for 3 weeks by next month – selama tiga minggu menjelang bulan depan

Rumus

Untuk rumus akan terdiri dari present participle yaitu verb-ing dan ditambahkan dengan modals will/shall dan auxiliary verb seperti, have, dan been. Rumusnya akan terbagi dalam 3 bentuk kalimat yaitu positif, negatif, dan interogatif. 

  • Rumus kalimat positif = S + will/shall + have been + verb-ing + O

– They will have been playing badminton for 2 hours (mereka akan sudah sedang bermain bulu tangkis selama 2 jam)

  • Rumus kalimat negatif = S + will/shall + not + have been + verb-ing + O

– They will not have been playing badminton for 2 hours (mereka tidak akan sudah sedang bermain bulu tangkis selama 2 jam)

  • Rumus kalimat interogatif = Will/shall + S + have been + verb-ing + O?

– Will they have been playing badminton for 2 hours? (akankah mereka akan sudah sedang bermain bulu tangkis selama 2 jam?)

Penggunaan dan contoh kalimat future perfect continuous tense

1. Untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah terjadi di masa lalu dan akan terus berlanjut di masa depan sampai waktu tertentu

  • Maria will have been travelling to Africa for a week by the end of this month (Maria akan sudah sedang pergi jalan-jalan ke Afrika selama seminggu hingga menjelang akhir bulan ini). 

2. untuk menyatakan suatu kejadian yang akan terjadi di suatu waktu tertentu di masa mendatang dan akan terus berlanjut selama beberapa waktu. 

  • I shall have been staying in London for 4 months by next year (aku akan sudah sedang tinggal di London selama 4 bulan menjelang tahun depan) 

Pay attention!

Pada future perfect continuous ini ada sedikit catatan yang perlu diingat:

  • Pada kalimat tense ini predikat yang digunakan adalah modal “will/shall” perbedaanya jika subyek “I dan we” biasanya bisa menggunakan “shall“. Sedangkan untuk subyek “you, they, she, he, it” akan menggunakan modal “will“. Contoh sebagai berikut: 

– We shall have been playing tennis (kita akan sudah sedang bermain tenis)

  • Mungkin kalian menyadari bahwa auxiliary verb “have” pada bentuk tense ini, tidak akan berubah “has” walaupun disandingkan dengan bentuk orang ketiga tunggal. Hal ini karena rumus tersebut sudah paten untuk future perfect continuous. Contoh sebagai berikut: 

– She have been cooking fish for 10 minute (dia akan sudah sedang memasak ikan selama 10 menit) 

  • Penggunaan kata “been” sebagai pendamping dari kata “have” memiliki makna bahwa suatu aktivitas sudah sedang dilakukan oleh pelaku. 

Itu dia informasi mengenai contoh kalimat future perfect continuous tense dimulai dari pengertian, rumus, penggunaan dan contoh kalimat. Selain menuli dan memahami gramatika bahasa inggris, bagi pemula dalam membaca dan mengucapkan kata bahasa inggris disarankan untuk lakukan pengecekan kembali apakah Pengucapan Bahasa Inggris kalian Sudah Benar atau Belum?, kesalahan bisa saja terjadi tapi jangan pernah menyerah untuk tetap semangat belajar. 

fbWhatsappTwitterLinkedIn