Dari Mana Listrik Berasal?

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Dari mana listrik yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti menonton TV, menghidupkan kipas angin, charger HP, dan kebutuhan lain yang menggunakan listrik?

Listrik berasal dari pembangkit listrik. Dikutip dari Wikipedia, pembangkit listrik adalah bagian dari alat industri yang dipakai untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti:

  • PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
  • PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
  • PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  • PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu)
  • PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)
  • PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Sampah), dan lain-lain.

Dari sumber tenaga tersebut nantinya akan ada konversi energi yang dihasilkan oleh pembangkit tersebut menjadi energi listrik.

Contohnya pada PLTA. Pada PLTA energi yang diperlukan untuk memutar turbin adalah energi kinetik maupun energi potensial. Dari energi kinetik atau potensial berubah menjadi energi mekanik.

Energi mekanik yang terdapat pada turbin akan terkonversi menjadi energi listrik dikarenakan generator yang terhubung dengan turbin juga ikut berputar.

Listrik yang dihasilkan oleh generator dikelola sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jika kebutuhan listrik konsumen lebih banyak daripada daya yang dihasilkan generator, maka perlu ditambah komponen berupa trafo untuk menaikan tegangan maupun arus yang akan ditransmisikan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment

Your email address will not be published.

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.