6 Elemen dalam Sistem Pengaturan

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Sistem Pengaturan dalam ilmu Teknologi informatika adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat elemen-elemen seperti akuator, plant, sensor/alat ukur untuk mengatur, mengendalikan sistem tersebut.

Berikut adalah pengertian mengenai elemen-elemen yang terdapat dalam sistem pengaturan.

1. Set Point

Set point adalah elemen yang menyatakan nilai yang akan kita kehendaki dari variabel yang dikontrol atau nilai yang kita inginkan menjadi nilai keluaran.

2. Kontroler

Kontroler adalah komponen yang memberikan aksi kontrol dari informasi sinyal kontrol sehingga Kontroler dijadikan acuan atas berhasil atau tidaknya sistem kontrol.

3 Aktuator

Aktuator atau pengendali adalah elemen mekanis yang memengaruhi langsung plant dengan fungsi menggerakan atau mengontrol sebuah sistem.

4. Plant

Plant adalah elemen yang dikontrol agar hasil output sesuai dengan yang diinginkan. Elemen-elemen tersebut dapat berupa elemen mekanis, elektris, hydrolic maupun pneumatic.

5. Output

Output adalah hasil dari sistem yang dikontrol. Output merupakan nilai yang harus dipertahankan sesuai nilai dari set point yang diatur.

6. Sensor/Transducer

Sensor/Transducer adalah elemen yang berfungsi mengubah besaran. keluaran menjadi besaran listrik dengan mengukur keluaran (outpuut) untuk dibandingkan dengan masukan (input).

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment

Your email address will not be published.

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.