Daftar isi
Grafika komputer merupakan satu dari sekian banyak istilah yang ada dalam lingkup bahasan ilmu teknologi. Grafika komputer pertama kali dipopulerkan oleh William Fetter pada tahun 1960. Ia menggunakan istilah ini untuk menjelaskan metode pesawat baru yang dikembangkan di tempatnya bekerja yaitu Boeing.
sampai pada akhirnya grafika komputer berkembang dan mencapai inovasi dalam bidang keilmuan komputer dan menjadi kombinasi pengetahuan dengan ilmu matematika, geometri, analisis numerik, dan ilmu komputerisasi itu sendiri.
Penjelasan dibawah ini diharapkan bisa mempermudah memahami pengenalan grafika komputer dan bahasan apa saja yang ada di dalamnya.
Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berhubungan dengan proses pembuatan atau manipulasi gambar secara digital. Grafika komputer memiliki bentuk sederhana yaitu grafika komputer dua dimensi (2D) yang kemudian dikembangkan menjadi grafika komputer tiga dimensi (3D), image processing (pemrosesan citra), dan pattern recognition (pengenalan pola).
Dengan kata lain, grafika komputer ialah sesuatu selain teks dan suara. misalnya gambar-gambar hasil dari tampilan pada komputer sehingga menjadi gambar yang bisa ditemui di televisi atau majalah yang tampil lebih komunikatif.
Awal mula sejarah dan perkembangan grafika komputer ditandai oleh seorang pekerja Boeing, William Fetter. Ia mempopulerkan istilah komputer grafik pada desain pesawat buatannya. Ia mengembangkan grafika komputer melalui gambaran rancangan kokpit menggunakan model 3D tubuh manusia.
seiring berjalanya waktu, grafika komputer juga dipakai oleh Ivan Sutherland yang merupakan seorang mahasiswa MIT pada tahun 1961. Ia menciptakan program komputer yang dinamai “sketchpad”. Ia mengawali penggunaan light pen untuk membantu membuat bangun sederhana pada komputer.
Pada tahun yang sama, Steve Russell membuat video game pertama yang dinamai “spacewar”. Program ini kemudian berkembang menjadi program uji untuk setiap komputer DEC yang akan dipasarkan.
Perkembangan keilmuan grafika komputer hingga saat ini masih menjadi objek yang menarik perhatian para peneliti di berbagai bidang. Bahkan semakin banyak seminar dan konferensi yang berkaitan dengan grafika komputer, termasuk graphics visualization dan animasi. Buku-buku yang membahas mengenai grafika komputer juga masih terus diperbaharui sampai saat ini.
Ada beberapa area penggunaan aplikasi grafika komputer bisa dimanfaatkan, diantaranya adalah:
Penggunaan grafika komputer pada sistem operasi dan aplikasi modern pada saat ini, biasanya dimanfaatkan untuk antar muka komputer (interface). Misalnya Windows dan Visual Studio.
Penggunaan grafika komputer juga meliputi pembuatan diagram-diagram. Penggunaan grafis pada aplikasi otomasi perkantoran misalnya office. Cara ini sudah menjadi trend aplikasi modern dengan konsep point and click.
Grafika komputer juga bisa digunakan pada aplikasi percetakan, pembuatan brosur, bilboard digital, pembuatan buku, dan lain-lain.
CAD/CAM atau Computer-Aided Design/ Computer-Aided Manufacturing, aplikasi pada bidang-bidang teknik. Seperti penggunaanya pada pembuatan rancangan rumah, alat-alat suku cadang, dan kendaraan.
Grafika komputer juga populer digunakan pada bidang seni dan komersil. Sebagai contoh aplikasi yang digunakan untuk membuat lukisan digital, pembuatan poster film, dan pembuatan iklan dan promosi produk-produk yang dijual online dengan menggunakan media gambar.
Digunakan untuk melihat dan memonitor lokasi, webcam, dan semacamnya menggunakan aplikasi visualisasi data dan menghubungkanya dengan komputer melalu USB.
Grafika komputer merupakan bidang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pembuatan (proses produksi) gambar atau citra menggunakan komputer melalui tahap-tahap pemodelan, rendering, dan animasi yang akan dijelaskan dalam poin-poin berikut ini.
Pemodelan atau modelling merupakan upaya memvisualisasikan objek real ke dalam objek yang memiliki karakteristik geometris. Proses pembuatan pemodelan objek 3 dimensi ke dalam bentuk geometris ini, bertujuan agar gambar bisa dengan bebas dimanipulasi tanpa kehilangan akurasi, karena perhitungan yang dilakukan tidak sembarangan tetapi menggunakan perhitungan secara numeris berdasarkan kaidah matematis.
Singkatnya pemodelan geometris yang digunakan pada grafika komputer ini dapat dimaknai dengan proses memotret objek real kemudian mengubahnya menjadi objek virtual. Pemodelan ini juga tentunya bisa menjelaskan objek nyata menggunakan perhitungan matematis. Akan tetapi, jika objek tidak ada pemodelan ini masih bisa dilakukan dengan menggunakan objek imajinasi pembuatnya.
rendering adalah istilah dalam grafika komputer yang berarti pemberian sentuhan atau unsur realistis kepada model-model geometris yang dibuat, sehingga memiliki sifat dan penampakan yang identik dengan objek sebenarnya.
Dalam proses rendering ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya adalah:
Animasi merupakan teknik-teknik yang digunakan untuk memberikan unsur gerakan atau motion pada objek visual. Pada awalnya gerakan-gerakan yang diberikan menggunakan kaidah normal umumnya gerakan pada manusia, hewan, tumbuhan, atau gerakan alamiah lainnya. tetapi pada perkembanganya animasi tidak terpaku pada gerakan realistis saja, para seniman bisa membuat gerakan sesuai dengan yang ada dalam imajinasinya sendiri-sendiri.
Efek animasi merupakan fitur yang sangat mendasar pada pembuatan film-film animasi yang tentu saja akan menampilkan banyak gerakan dari objeknya. Dengan berkembangnya animasi dalam dunia grafika komputer, para pegiast animasi bisa dengan leluasa mengekpresikan karyanya dengan tanpa batas.
Efek animasi yang sudah semakin canggih memberikan ruang pada insan perfilman dalam membuat film-film yang bagus dan futuristik. beberapa contoh film yang menggunakan efek animasi dalam proses pembuatanya diantaranya adalah “Zootopia”, “Luca”, dan karya animasi dalam negeri “Nusa” yang sukses dipasaran.
Penjelasan diatas adalah pengenalan mengenai grafika komputer secara umum, dari pengertian, sejarah, aplikasi, dan model dasarnya. semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat.