Makanan dan Minuman yang Menghilangkan Rasa Pedas Beserta Penjelasannya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Makanan pedas adalah makanan yang diolah dengan penambahan bahan cabai, bubuk cabai, merica atau bahan lainnya yang dapat menambahkan cita rasa pedas. Didalam bahan-bahan tersebut terdapat senyawa aktif bernama capsaicin yang dapat mengeluarkan rasa pedas.

Sebagian besar orang biasanya akan minum air putih sebanyak banyaknya untuk menghilangkan rasa pedas dan panas yang diakibatkan capsaicin. Padahal air putih akan membantu menyebarkan rasa pedas dan panas didalam mulut. Hal ini dikarenakan air adalah senyawa polar, sedangkan capsaicin merupakan senyawa non polar yang akan berikatan dengan senyawa non polar lainnya.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat meredakan efek capsaicin dalam mulut:

1. Gula Pasir

Gula pasir dapat menghilangkan rasa pedas dan panas dari capsaicin didalam mulut. Hal ini bisa terjadi karena gula pasir dapat berikatan dengan minyak pedas dari capsaicin.

2. Susu

Zat kasein (salah satu golongan protein) yang merupakan komponen protein utama pada susu dapat menetralisir rasa pedas dan panas pada mulut.

Hal ini terjadi karena kasein sebagai protein memiliki sifat emulsifier, yaitu dapat menyatukan 2 bahan yang tidak saling melarutkan. dalam hal ini adalah dapat larutnya air (senyawa polar) dan capsaicin (senyawa non polar), sehingga zat kasein dapat memecah ikatan capsaicin yang bertanggung jawab atas rasa pedas tersebut.

3. Roti

Tekstur kasar yang dimiliki roti dapat meredakan sensasi pedas dan panas pada mulut. Hal ini dikarenakan terjadi penyerapan capsaicin dengan tekstur kasar yang dimiliki roti.

4. Cokelat

Cokelat mengandung lemak tinggi yang dapat menetralisisr capsaicin. Capsaicin dan cokelat memiliki kandungan lemak yang merupakan senyawa non polar, makan keduanya dapat dengan mudah saling berikatan, sehingga menghilangkan rasa pedas dan panas tersebut.

fbWhatsappTwitterLinkedIn

4 Tanggapan pada topik “Makanan dan Minuman yang Menghilangkan Rasa Pedas Beserta Penjelasannya”

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.