Perbedaan Girl, Woman, Lady, dan Female Beserta Contoh Kalimat

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Dalam bahasa Inggris, kita mengenal beberapa kosakata yang memiliki arti atau merujuk kepada perempuan atau wanita. Girl, woman, lady, dan female merupakan kosakata yang dapat saling menggantikan tergantung pada konteksnya.

Untuk mengetahui perbedaannya, silakan baca penjelasan di bwah ini yang sudah disertai dengan contoh-contoh penggunaannya dalam kalimat.

Girl & Girls

Kosakata ini merujuk pada perempuan atau wanita muda yang berusia di bawah 18 tahun, umumnya remaja atau anak-anak. Namun, dapat juga dipakai sebagai sebutan anak perempuan, pacar, status atau pekerjaan tertentu bagi perempuan. Biasanya juga diartikan dengan gadis.

Girl untuk bentuk singular atau tunggal sedangkan girls untuk bentuk plural atau jamak.

Contoh:

  • Last night, I saw a little girl crying alone at the park because she was separated from her mother. After that I accompanied her to the near police office to ask help. (Tadi malam, aku melihat seorang gadis kecil menangis sendirian di taman karena dia terpisah dari ibunya. Setelah itu aku menemaninya ke kantor polisi terdekat untuk meminta bantuan.)
  • I heard from Sandy that you just broke up with your girl. What happened? (Saya mendengar dari Sandy bahwa Anda baru saja putus dengan pacarmu. Apa yang terjadi?)
  • I miss you too, my girl. Mommy is going to come home very soon after the job is over, darling. (Aku juga merindukanmu, gadisku. Ibu akan segera pulang setelah pekerjaannya selesai, sayang.)
  • I hope I’m wrong that the school girls nowadays mostly only think about how to become the most popular girl at social media. (Aku harap aku salah bahwa siswi-siswi sekolah saat ini kebanyakan hanya berpikir tentang bagaimana menjadi gadis paling populer di media sosial.)
  • Do you know the new handphone shop near the station? The salesgirls there are so pretty. (Apakah kamu tahu toko handphone baru di dekat stasiun? Pramuniagawati di sana sangat cantik.)

Woman & Women

Kosakata ini merujuk pada perempuan atau wanita yang lebih umum dan tidak terkait dengan usia. Walaupun begitu, woman lebih sering ditujukkan untuk perempuan yang tampak sudah dewasa dan bukan anak-anak lagi. Kata dapat juga dipakai sebagai sebutan pada status atau pekerjaan tertentu bagi perempuan.

Woman untuk bentuk singular atau tunggal sedangkan women untuk bentuk plural atau jamak.

Contoh:

  • I’m glad I move to this place. The woman next to my house is really nice. She likes sharing her cooking with me and it’s always delicious. (Aku senang pindah ke tempat ini. Wanita di sebelah rumahku benar-benar baik. Dia suka berbagi masakannya denganku dan masakannya selalu lezat.)
  • Two middle-aged women who work as babysitters in an elite residence area have been arrested on charges of kidnapping and selling children. (Dua wanita paruh baya yang bekerja sebagai pengasuh bayi di kawasan perumahan elite telah ditangkap atas tuduhan penculikan dan penjualan anak.)
  • The old woman have to live alone after her two children have gone out of town and left her in a house that is about to collapse. She only depends on her neighbours’ help for her life. (Wanita tua itu harus hidup sendiri setelah kedua anaknya pergi ke luar kota dan meninggalkannya di sebuah rumah yang akan runtuh. Dia hanya bergantung pada bantuan tetangganya untuk hidupnya.)
  • She’s a famous businesswoman who has inspired many young women to build their own business. (Dia adalah seorang pengusaha wanita terkenal yang telah menginspirasi banyak wanita muda untuk membangun bisnis mereka sendiri.)
  • Susi Susanti will always be known as the legend in Indonesia‘s badminton as she is the first Indonesian woman to present gold at the Olympics. (Susi Susanti akan selalu dikenal sebagai legenda bulu tangkis Indonesia karena ia adalah wanita Indonesia pertama yang mempersembahkan emas di Olimpiade.)

Lady & Ladies

Kosakata ini biasanya merupakan cara yang sopan, formal, dan cenderung kuno untuk menyebut, merujuk atau berbicara kepada seorang perempuan. Namun, di masa sekarang penggunaannya sudah cukup umum.

Contoh:

  • Excuse me Sir, this young lady insisted that she has appointment to see you. (Permisi Pak, wanita muda ini bersikeras bahwa dia punya janji bertemu dengan Anda.)
  • I got this cake from the lady right there. (Aku mendapat kue ini dari wanita di sana.)
  • Ladies and Gentlemen, it’s now for us to greet our main guest star tonight. (Tuan dan Nyonya, sekarang saatnya bagi kita menyambut bintang tamu utama kita pada malam hari ini.)
  • This room is only for ladies. Why are you here? (Kamar ini hanya untuk para wanita. Mengapa kamu di sini?)
  • Hey, ladies. Are you alone? Do you need some accompanies? (Hei, para wanita. Apa kalian sendirian? Apakah Anda membutuhkan beberapa pendamping?)

Female & Females

Kosa kata ini merujuk pada sesuatu yang berhubungan dengan wanita atau perempuan. Untuk binatang berarti betina.

Kata ini dapat berupa Noun (kata benda) dan juga Adjective (Kata sifat)

Contoh:

  • As I know, Andi’s dog is female. Why don’t you ask him if you can breed your dogs with his? (Setahu saya, anjing Andi berjenis kelamin betina. Mengapa kamu tidak bertanya padanya apakah kamu bisa membiakkan anjingmu dengan anjingnya?)
  • This sweater design is unisex meaning both male or female can wear it. (Desain sweater ini unisex yang berarti baik pria atau wanita bisa memakainya.)
  • That online shop is a scammer. He shows the pants catalog for males not females but the package sent to me is a pair of female pants. (Toko online itu penipu. Dia menunjukkan katalog celana untuk laki-laki bukan perempuan tetapi paket yang dikirimkan adalah celana perempuan.)
  • Where are you going? That way is female dorm. You are not allowed to go there. (Kemana kamu pergi? Di sana itu adalah asrama wanita. Kamu tidak diperbolehkan pergi ke sana.)
  • Jenny, this company is looking for a female magazine editor. It fits you. Do you want to apply? (Jenny, perusahaan ini mencari editor majalah wanita. Ini cocok untukmu. Apakah kamu ingin melamar?)
fbWhatsappTwitterLinkedIn