Sumber Daya Alam Sulawesi Tenggara

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Masih banyak yang tidak tahu bahwa Daerah penghasil ekspor terbesar salah satunya adalah provinsi Sulawesi Tenggara . Provinsi ini terletak di bagian tenggara pulau Sulawesi dengan ibu kota Kendari.

Berdasarkan riset Regional Potential Research Sulawesi Island, diketahui bahwa daerah Sulawesi Tenggara terdiri dari wilayah daratan dan kepulauan yang cukup luas mengandung berbagai produk ekspor yang dihasilkan di Sulawesi Tenggara. Demikian pula potensi lahan pertanian cukup potensial untuk dikembangakan.

Selain hal tersebut, juga ada berbagai hasil hutan yang berdomisili di daerah tersebut. Produk tersebut diekspor melalui pelabuhan-pelabuhan yang terdapat di Sulawesi Tenggara.

Lalu apa saja Sumber Daya Alam yang ada di Sulawesi Tenggara yang menjadi komoditi ekspor? Berikut ini sumber daya alam unggulan Sulawesi Tenggara.

1. Sektor Industri

Komoditi eskpor yang berasal dari sektor ini adalah Industri Kayu dan Gabus yang dijadikan kerajinan tangan dan anyaman yang terbuat dari bambu, rotan dan sejenisnya. Peningkatan pertumbuhan produksi ini meningkat signifikan sejak tahun 2017.

2. Sektor Perkebunan

Sejak jaman penjajahan, rempah merupakan sebuah komoditi yang melimpah yang berasal dari Indonesia. Rempah-rempahan yang ada adalah salah satunya berasal dari hasil perkebunan.

Hal inilah yang menjadi andalan Sulawesi Tenggara untuk komoditi ekspor, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran atau bumbu-bumbu dalam masakan. Hasil dari perkebunan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Produksi perkebunan yang telah berkembang meliputi kakao, Mete, Cengkeh, Kelapa, Kopi, Lada, Enau, Pinang, Kapuk dan Sagu. Sebanyak 80 ton kakao diekspor pada tahun 2017 lalu ke Belanda melalui melalui Pelabuhan New Port Bungkutoko Kendari.

3. Sektor Kelautan

Sulawesi Tenggara merupakan sebuah wilayah yang dikelilingi oleh laut. Hal ini menjadi pemicu dalam hal ekspor hasil laut. Hasil laut yang diekspor antara lain adalah : ikan, gurita, cumi-cumi dan hewan laut lainnya.

Sehingga tidak heran jika Sul-Tra menjadi pemeran penting dalam gerakan ekspor di Indonesia. Komoditas Ekspor perikanan Sulawesi Tenggara didominasi oleh komoditi udang, vaname, gurita, kerapu, dan kepiting. Sementara itu, negara tujuan ekspor utaman Sultra adalah Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura.

4. Sektor Pertambangan

Hasil kekayaan sumber daya terbesar Indonesia adalah produksi mineral berupa tambang. Sulawesi Tenggara merupakan penghasil dan pengekspor barang tambang terbesar yaitu nikel.

Nilai ekspor yang berhasil diraih oleh provinsi ini adalah sebesar 40% dari total ekspor.Menurut data ekspor dinas perindustrian perdagangan Sultra menunjukkan bahwa dari volume ekspor seluruhnya sekitar 9,171 juta ton, sekitar 40% lebih merupakan ekspor nikel.

fbWhatsappTwitterLinkedIn