Sumber Daya Alam Sulawesi Utara

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Provinsi Sulawesi Utara terletak di paling ujung utara pulau Sulawesi ini memiliki luas wilayah 15. 376,99 km2 dan beribukota Manado. Sumber Daya Alam yang ada di kota terujung ini memiliki sejumlah sumber daya alam yang patut kita ketahui.

Dan berikut ini sumber daya alam yang ada di Manado.

1. Sektor Pertambangan

Sebagaimana di Kalimantan, sektor pertambangan di pulau ini juga patut diacungi jempol. Karena merupakan penghasil ekspor yang patut diperhitungkan keberadaannya.

Hasil tambang yang ada di Sulawesi Utara adalah :

  • Emas
  • Perak
  • Tembaga
  • Nikel (Titanium)

2. Sektor Pertanian

Sumber daya alam yang lainnya adalah pertanian. Pertanian di Sulawesi Utara terdiri atas tanaman pangan dan tanaman perkebunan.

Tanaman Pangan

Pada komoditi tanaman pangan yang menjadi potensi ekspor diantaranya adalah :

Padi

Luas areal persawahan dan ladang untuk tanaman padi mencapai 117.277 hektar dengan total produksi mencapai 475.018 ton. Sentra produksi meliputi Bolaang Mongondow, Kabupaten Gorontalo, dan Minahasa. Hasil padi digunakan untuk konsumsi pasar domestik. 

Jagung

Luas areal pertanaman jagung adalah 78.101 hektar dengan total produksi mencapai 177.914 ton. Daerah sentra produksi meliputi Minahasa, Kabupaten Gorontalo, Bolaang Mongondow. hasil produksi digunakan untuk bahan baku pakan ternak dan konsumsi lokal. 

Kedelai

Luas areal pertanaman kedelai mencapai 28.051 hektar dengan total produksi kedelai sebanyak 34.473 ton. Hasil produksi digunakan untuk industri makanan tradisional (tahu, tempe, kecap, susu kedelai dll). Sentra produksi kedelai tersebar di Gorontalo. Bolaang Mongondow, dan  Minahasa. 

Kacang Tanah

Luas areal pertanaman kacang tanah mencapai 10.318 hektar dengan total produksi sebanyak 11.285 ton. Daerah sentra produksi tersebar di Minahasa, Bolang Mongondow dan Gorontalo. Dari produk kacang tanah bisa diperuntukkan bagi industri pengolahan makanan, minyak kacang dll.

Perkebunan

Kopi

Luas areal perkebunan kopi di Sul-Ut mencapai 8.589 hektar dengan total produksi mencapai 4.209 ton. Hasil kopi untuk konsumsi domestik dan pasar ekspor. Sentra produksi tersebar di Bolaang Mongondow, Minahasa dan Gorontalo.

Lada

Luas areal perkebunan lada mencapai luasan 377 hektar dengan total produksi sebanyak 9,1 ton. Sentral produksi terdapat di Bolaang Mongondow, Sangihe Talaud, dan Minahasa. Hasil lada diolah untuk menghasilkan bubuk lada sebagai bumbu masak.

Cengkeh

Luas areal perkebunan cengkeh mencapai 43.209 hektar dengan total produksi 3.260 ton. Daerah sentra produksi tersebar di Minahasa, Bolaang Mongondow, Sangihe Talaud, dan Gorontalo. Cengkeh merupakan bahan dasar untuk obat-obatan, industri makanan dan industri rokok.

Pala

Luas areal perkebunan pala mencapai 15.758 hektar dengan total produksi 7.457 ton. pala digunakan untuk bahan obat-obatan, industri makanan dan minuman. Sentra produksi terdapat di Sangihe Talaud dan Minahasa.

Vanili

Luas areal perkebunan vanili meliputi 5.332 hektar dengan total produksi mencapai 340 ton. Vanili digunakan dalam industri makanan. Sentra produksi tersebar di Minahasa, Bolaang Mongondow, Sangihe Talaud, Kodya Manado, dan Kodya Bitung.

Jambu Mete

Luas areal perkebunan jambu mete di Sul-Ut mencapai 3.623 hektar dengan total produksi sebanyak 686 ton. Jambu mete digunakan dalam industri makanan. sentra produksi meliputi Gorontalo, Minahasa, dan Bolaang Mongondow.

Kakao

Luas areal perkebunan kakao sekitar 9.132 hektar dengan total produksi sebanyak 1.562 ton. Sentra produksi tersebar di Sangihe Talaud, Gorontalo, Minahasa, dan Bolaang Mongondow.

3. Sektor Perikanan

Pulau Sulawesi yang dikelilingi oleh lautan berportensi menjadi pengekspor budidaya ikan laut. Total produksi mencapai 8.736,2 ton untuk konsumsi domestik, industri makanan dan komoditi ekspor. Sentra produksi tersebar di Minahasa, Bolaang Mongondow, Gorontalo, dan Kodya Manado.

Dalam sektor ini beberapa jenis ikan laut yang ada da diekspor adalah : Tuna, Cakalang, Tongkol, Udang Windu, Rumput laut, dan ikan mas.

4. Sektor Peternakan

Dalam sektor ini, Sulawesi Utara sangat berpotensi besar untuk menjadi pengekspor. Beberapa hasil peternakan tersebut adalah :

  • Sapi Potong
  • Kambing
  • Babi
  • Ayam ras petelur dan pedaging
  • Ayam Buras
  • Itik
fbWhatsappTwitterLinkedIn