Discussion Text: Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada beragam teks yang perlu juga diketahui. Mulai dari descriptive text, narrative text, procedure text, discussion text dan lain sebagainya. Tentu saja setiap teks memiliki tujuan dan fungsinya tersendiri agar pembaca mengetahui isi dari teks yang dibaca.

Discussion text menjadi salah satu jenis teks yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Mari disimak penjelasan mengenai discussion text di bawah ini!

Pengertian Discussion Text

Discussion text merupakan sebuah teks berisi mengenai permasalahan yang dapat didiskusikan ke dalam berbagai sudut pandang. Dengan kata lain discussion text menyajikan suatu topik permasalahan yang nantinya didiskusikan dengan berbagai sudut pandang.

Di dalam discussion text membahas hal-hal yang berisikan pandangan pihak pro dan juga kontra. Sehingga dapat disimpulkan juga discussion text bisa diartikan sebagai teks yang berisi tentang pembahasan akan hal tertentu, berupa ide atau opini yang dapat berbeda ataupun dari sudut pandang yang berbeda.

Tujuan dan Fungsi Discussion Text

Tujuan dari discussion text yakni memberikan informasi kepada para pembaca mengenai suatu masalah. Informasi yang dimaksud biasanya berasal dari sudut pandang yang baru, sehingga para pembaca dapat melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Dari sini dapat diketahui juga fungsi dari discussion text yaitu untuk memaparkan permasalahan berdasarkan pendapat atau pandangan yang berbeda-beda. Sehingga discussion text tidak hanya berisi tentang pendapat penulis saja, namun juga berisi tentang permasalahan dengan menyajikan argumen yang pro dan kontra.

Discussion text bersifat objektif. Oleh karena itu penulis tidak diperbolehkan berpihak pada satu pendapat saja, dengan kata lain penulis haruslah netral.

Ciri-Ciri Discussion Text

Discussion text memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menggunakan modal berupa should, must, would, may, can dan lainnya.
  2. Menggunakan simpel present tense.
  3. Terdapat contrastive, additive, dan juga casual association atau kata penghubung untuk dijadikan sebagai pembeda (but, however, furthemore, similar, moreover, on the opposite hand, all the same, additionally, dan lainnya).
  4. Hanya menggunakan sumber yang terpercaya ketika mengisi discussion text.
  5. Menggunakan bahasa diskusi, misal opinion dan according.
  6. Menggunakan kata keterangan cara (adverbial manner), misal deliberately, hopefully, dan lainnya.
  7. Menggunakan kata-kata berpikir, misal hope, feel, atau believe.

Struktur Discussion Text

Struktur kebahasaan dari discussion text dapat terlihat dari adanya ide pokok pada setiap paragrafnya. Sedangkan untuk struktur dari discussion text yakni:

Issue

Bagian ini terletak di bagian atas tepat pada paragraf pertama yang berisi tentang penempatan masalah atau isu yang akan didiskusikan. Di paragraf pertama ini isu akan dibahas atau didiskusikan ke dalam bentuk tulisan.

Supporting Points

Supproting point (argument for or againt) merupakan bagian yang berisi tentang pendapat mendukung isu. Nantinya di setiap paragraf supporting point terdiri atas dua komponen yakni ide pokok paragraf dan elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf.

Pada bagian ini penulis akan menjelaskan beberapa sudut pandang tentang isu atau topik yang dibahas atau didiskusikan dengan mengambil dari pendapat beberapa ahli. Pendapat ini juga bisa berasal dari sumber yang secara umum memang telah diketahui.

Biasanya penulis akan memaparkan pendapat yang pro (argument for) untuk kemudian disusul oleh pendapat kontra (against) di paragraf berikutnya.

Contrasting Points

Pada bagian ini penulis membuat pendapat yang bertentangan dengan isu atau permasalahan yang sedang dibahas. Di bagian ini juga terdapat dua komponen pembentuk yakni ide pokok paragraf dan juga elaborasi atau uraian dari ide pokok paragraf.

Perlu diperhatikan, sebelum menentukan pendapat mana yang akan ditulis nantinya, penulis terlebih dahulu memberikan elaborasi mengenai beberapa pendapat yang telah dipaparkan.

Conclusion

Bagian terakhir dari discussion text adalah conclusion (kesimpulan) atau rekomendasi dari penulis terhadap isu yang sedang dibahas. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat mengikuti serta setuju dengan pendapat penulis.

Pada bagian ini juga penulis tidak hanya membuat kesimpulan, bisa juga menuliskan rekomendasi dari isu atau permasalahan yang telah didiskusikan pada paragraf sebelumnya.

Contoh Discussion Text

Berikut ini contoh dari discussion text beserta strukturnya.

School Uniforms Policy

Issue

School uniforms are uniforms which are obligatory worn by the students in the school or any other educational institution. School uniforms tell many things such as students’ grade level and school or institution identity. Nowadays, school uniforms become a debatable issue among parents. Some of them think that school uniforms are necessary, while others think that they are not.

Supporting Points

Some parents believe that school uniforms will make such good advantages to their children while learning at school. First, school uniforms can keep students focused on their education, not their clothes. Second, school uniforms may improve attendance and discipline. The last, school uniforms are a symbol that every student is equal in getting same education. School uniforms will not differentiate whether the students are rich or not and students’ economic or social class.

Contrasting Points

In other hand, school uniforms can affect negatively on students psychology and performance in learning at school. First, school uniforms restrict students’ freedom of expression. Second, uniforms also may have a detrimental effect on students’ self-image because when students have to wear the same outfits, rather than being allowed to select clothes that suit their body skin, they can suffer embarrassment at school. Third, some students also find uniforms less comfortable than their regular clothes, which may not be conducive to learning.

Conclusion

In conclusion, school uniforms remain important of the students’ forsakes. Students will be discipline and will focus more on learning. School uniforms also will show them that they are equal in learning. However, to cover all disadvantages of school uniforms, it is better if school gives a free school uniform day to the students on certain days and with certain themes.

fbWhatsappTwitterLinkedIn