7 Jenis Festival dan Pengertiannya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Tentunya sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah “Festival”. Yang mana sebelum pandemi ini datang sudah banyak diadakan di berbagai wilayah. Mulai dari festival yang berkaitan dengan musik, drama dan lain sebagainya. Mungkin festival biasa diartikan sebagai suatu acara atau perayaan yang fokus pada satu bidang saja.

Seperti musik saja, atau makanan saja dan lain sebagainya. Namun, tetap apapun bidang yang akan diselenggarakan dalam festival ini tidak mengurangi sedikit pun rasa antusias dari penikmat festival. Lalu apa sih sebenarnya festival itu secara umum?

Berikut merupakan pemaparan mengenai festival yang perlu kita ketahui.

Pengertian Festival

Secara umum, festival merupakan sebuah acara atau perayaan yang diadakan secara terstruktur, baik dari susunan atau rundown acaranya, penataan dari lokasi pelaksanaan dan lain sebagainya. Semuanya telah direncanakan dengan baik, bahkan bisa dikatakan seperti sebuah konser.

Yang mana tidak bisa dipungkiri, dalam festival juga mengundang beberapa talent atau bintang tamu yang bersesuaian dengan tema festival yang diadakan. Hal ini tentunya tidak lain dan tidak bukan, diperuntukkan guna semakin memeriahkan terselenggaranya festival.

Adapun beberapa sumber lainnya yang memaparkan mengenai pengertian festival ini.

  • Collins Dictionary

Festival adalah rangkaian acara yang diselenggarakan secara terorganisir seperti konser musik atau produksi drama yang dilakukan dalam hari atau waktu dalam setahun ketika orang-orang libur dari pekerjaan dan merayakan beberapa acara khusus, bahkan seringkali acara keagamaan.

  • Adrienne L. Kaeppler dalam Falassi (1987: 23)

Festival adalah sarana komunikasi secara verbal yang penting guna membangun, memberdayakan, dan pengakuan suatu identitas budaya. Sebagai bentuk sarana komunikasi, sebuah even festival haruslah direncanakan melalui proses perencanaan strategis komunikasi agar bisa berjalan secara efektif.

Jenis Festival

Adapun beberapa jenis dari festival yang perlu diketahui.

  • Festival Nasional

Sesuai dengan istilahnya, bahwa festival nasional ini lebih sering diselenggarakan dalam kesempatan kesempatan yang ada di moment penting dan hari penting nasional. Seperti hari pahlawan, peringatan 17 Agustus dan peringatan nasional lainnya.

Hal ini tidak lain dan tidak bukan diperuntukkan guna memeriahkan perayaan hari besar nasional, sehingga masyarakat lebih bersemangat dan mengingat perayaan tersebut. Contohnya adalah festival gebyar 17 Agustus dan festival hari pahlawan.

  • Festival Keagamaan

Festival keagamaan yakni sebuah acara atau perayaan yang sangat berkaitan dengan perayaan keagamaan atau bisa dibilang hari hari besar keagamaan. Hal ini dilakukan semata mata untuk melajutkan perayaan dari tahun ke tahun, dan semakin meningkatkan ketaqwaan dari setiap pemeluk keyakinan yang ada. Salah satu contohnya adalah festival natal dan tahun baru.

  • Festival Musiman

Festival musiman merupakan sebuah festival yang diadakan sebagai perayaan dari acara musiman, atau acara yang hanya terjadi dalam satu waktu saja. Salah satu contohnya adalah festival musim panen dan festival pertengahan musim gugur yang biasanya diselenggarakan oleh negara 4 musim.

  • Festival Film

Sesuai dengan namanya, bahwa festival ini lebih berkaitan dengan pemutaran beberapa film-film yang diselenggarakan secara terorganisasi dan terstruktur. Bahkan film yang diputar tidak diputar secara sembarangan saja, melainkan sudah melalui serangkaian perijinan dari sang pemilik.

Sehingga semua film yang diputar tidak melanggar aturan yang ada. Pemutaran film-film ini diperuntukkan untuk bisa mengapresiasi film film yang sudah sukses diproduksi oleh beberapa sutradara. Contohnya adalah Festival Film Bandung dan Jogja- NETPAC Asian Film Festival (JAFF).

  • Festival Musik

Festival musik ini merupakan sebuah perayaan yang sangat identik kaitannya dengan musik. Bahkan tak jarang dalam penyelenggaraannya festival music ini mengundang bintang tamu atau penyanyi yang memiliki popularitas yang cukup tinggi di industri.

Namun, perayaan festival musik ini tidak sama dengan perayaan konser musik, yang mana seringkali konser musik diadakan di ruangan yang tertutup atau indoor. Sedangkan festival musik diadakan di tempat yang terbuka, semacam tenda dan lainnya. Contohnya adalah festival music jazz, Java Jazz dan LaLaLa fest.

  • Festival Makanan

Salah satu jenis festival ini bisa dibilang yang paling sering dilaksanakan, terlebih apabila ada event event besar yang berkaitan dengan pemanenan hasil bumi. Tentunya festival ini tidak akan pernah luput untuk diadakan. Contohnya adalah Festival Soto dan Sate Nusantara dan Bali Interfood Festival.

  • Festival Seni

Festival seni bisa dikatakan sebagai salah satu ajang untuk bisa mengapresiasi berbagai macam bentuk dan jenis dari sebuah karya seni. Dimana festival ini lebih sering dihadiri oleh para pengamat seni. Contohnya adalah Bandung Contemporary Art dan Festival Seni Bali Jani.

fbWhatsappTwitterLinkedIn