Kain Tapis: Sejarah – Fungsi dan Jenisnya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Kain tapis merupakan pakaian wanita dari suku yang berada di daerah Lampung dan berbentuk kain sarung yang terbuat dari tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas.

Kain tapis ini biasanya digunakan untuk kaum wanita pada bagian pinggang ke bawah. Kain ini merupakan jenis kain kerajinan tradisional khas dari masyarakat Lampung. Namun, kain tapis tidak hanya digunakan untuk kaum wanita saja, melainkan juga kaum pria menggunakan kain ini.

Sejarah Kain Tapis

kain tapis

Kain tapis Lampung ini banyak dipengaruhi dari kain songket khas Palembang. Hal ini dikarenakan letak antara dua kota ini yang berdekatan dan terlihat dari bahan dasar dan motif yang hampir sama diantara keduanya.

Motif yang terdapat pada kain tapis sangat dipengaruhi oleh akulturasi Hindu dan Budha yaitu pada penggunaan motif flora dan faunanya. Selain itu kain tapis juga dipengaruhi oleh kebudayaan agama Islam.

Hal tersebut terlihat pada motif motif dari kain tapis yang memiliki bentuk ayat-ayat suci Al quran. Menurut Van der Hoop, masyarakat Lampung sudah menenun kain brokat yang biasa disebut nampan dan kain pelepai sudah sejak lama sekali yaitu sejak abad ke-2 sebelu masehi.

Hingga saat ini ada banyak motif dan jenis dari kain tapis yang sudah tumbuh dan tersebar di masyarakat Lampung. Tidak hanya masyarakat Lampung saja yang menikmati keindahan dari kain tapis ini, namun juga seluruh Indonesia.

Maka dari itu kita sebagai warga negara yang baik perlu menjaga kain kain tradisional yang ada di beberapa daerah yang tersebar di Indonesia.

Fungsi Kain Tapis

Fungsi dari kain tapis ini yaitu untuk pakaian resmi dari masyarakat adat Lampung yang digunakan dalam berbagai upacara adat, keagamaan dan lainnya.

Pemakaian dari kain tapis ini melambangkan kesucian yang dapat digunakan untuk melindungi pemakainya dari segala kotoran yang ada di luar. Selain itu, kain tapis juga melambangkan status sosial bagi sang pemakai.

Motif Kain Tapis

Ada beberapa motif dari kain tapis khas dari suku Lampung yang banyak diminati dan digemari oleh masyarakat diantaranya yaitu:

  • Kain Tapis Motif Gunung
Kain Tapis Motif Gunung

Motif satu ini merupakan jenis motif yang sangat indah. Kain tapis motif gunung ini berupa segitiga yang sedikit besar dan terlihat seperti gambar gunung. Maka dari itu motif ini dinamakan motif gunung oleh masyarakat Lampung.

  • Kain Tapis Motif Lereng-lereng
Kain Tapis Motif lereng-lereng

Motif jenis lereng-lereng ini merupakan motif yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Motif ini biasanya digunakan sebagai suatu prakarya oleh para murid di sekolah Lampung.

Warna pada bagian belakang dari motif ini yaitu warna merah dan warna emas dari segitiga yang bentuknya mirip dengan lereng lereng.

  • Kain Tapis Motif Bukit
Kain Tapis Motif Bukit

Motif ini terlihat seperti bukit, maka dari itu dinamakan motif bukit. Namun, motif ini sering dikreasikan oleh masyarakat Lampung yaitu bentuk yang mirip dengan mahkota siger yang sangat indah.

Jenis Kain Tapis

  • Tapis Jung Sarat
Tapis Jung Sarat

Kain tapis jenis jung sarat ini biasanya digunakan oleh pengantin wanita pada saat upacara perkawinan adat. Kain ini juga digunakan oleh sekelompok istri dari kerabat yang lebih tua untuk menghadiri berbagai upacara, misalnya upacara pengantin, upacara adat dan lainnya.

  • Tapis Balak
Tapis Balak

Kain tapis jenis balak ini biasanya digunakan oleh adik dan menantu perempuan di dalam menghadiri upacara gelar atau upacara perkawinan. Selain itu kain tapis jenis balak ini juga bisa digunakan oleh penari wanita pada saat upacara adat.

  • Tapis Raja Medal
Tapis Raja Medal

Khusus untuk daerah Abung Lampung Utara, kain tapis jenis ini biasanya digunakan pada upacara perkawinan adat yang dikenakan oleh pengantin wanita. Tapi biasanya juga digunakan oleh sekelompok istri kerabat paling tua di berbagai upacara.

  • Tapis Tuho
Tapis Tuho

Biasanya kain tapis jenis tuho ini digunakan oleh pala kalangan yang memiliki status sosial yang tinggi, yaitu istri yang suaminya sedang mengambil gelar sultan, istri sultan yang menghadiri upacara pengambilan gelar dan orangtua yang mengambil gelar sultan.

  • Tapis Raja Tunggal
Tapis Raja Tunggal

Kain tapis jenis raja tunggal ini biasanya digunakan oleh istri dari kerabat paling tua pada saat upacara perkawinan adat dan juga pengambilan gelar. Namun, khusus di daerah Abung Lampung Utara, kain tapis jenis ini digunakan para gadis untuk menghadiri upacara adat.

  • Tapis Kaca
Tapis Kaca

Khusus di daerah Pardasuka Lampung Selatan, kain tapis jenis kaca ini digunakan oleh para laki laki pada saat hendak menghadiri upacara adat. Untuk daerah Lampung lainnya kain ini digunakan oleh para wanita untuk menghadiri upacara adat dan mengiringi pengantin.

  • Tapis Laut Andak
Tapis laut andak

Kain tapis jenis laut andak ini biasanya digunakan oleh para penari wanita pada saat upacara adat cangget. Kain ini juga digunakan oleh istri dari adik sebagai pengiring pada upacara pengambilan gelar sultan.

  • Tapis Silung
tapis silung

Kain tapis jenis silung biasanya digunakan oleh kelompok perempuan tua yang masih memiliki kerabat dekat dalam upacara adat, pengambilan gelar dan lainnya.

  • Tapis Laut Linau
Tapis Laut Linau

Kain tapis jenis ini biasanya digunakan oleh para gadis untuk mengiringi pengantin pada upacara turun mandi pengantin, para penari wanita dan kerabat istri yang tergolong kerabat jauh pada saat menghadiri upacara adat.

  • Tapis Cucuk Andak
Tapis Cucuk Andak

Di daerah Abung Lampung Utara kain tapis jenis ini digunakan oleh para ibu ibu untuk mengiringi pengantin di dalam upacara perkawinan. Di daerah Lampung Utara, kain jenis ini digunakan oleh pengantin wanita.

Biasanya kain jenis ini digunakan oleh para istri dari keluarga kepala adat yang sudah memiliki gelar sultan di dalam menghadiri upacara adat dan lainnya.

  • Tapis Bintang
Tapis Bintang

Kain tapis jenis ini biasanya digunakan oleh pengantin wanita pada saat melaksanakan upacara adat yang ada di daerah Lampung.

  • Tapis Dewosano
Tapis Dewosano

Di daerah Menggala dan Kota Bumi, kain tapis jenis dewosano ini digunakan oleh para pengantin wanita pada saat menghadiri suatu upacara adat.

  • Tapis Bidak Cukkil
Tapis Bidak Cukkil

Kain tapis jenis ini biasanya digunakan para laki laki pada saat menghadiri upacara adat.

Keistimewaan Kain Tapis

  • Kerajinan dari kain tapis ini dibuat oleh pada wanita, baik itu ibu rumah tangga hingga para gadis di Lampung.
  • Kain tapis ini dibuat untuk tujuan memenuhi adat dari masyarakat Lampung yang dianggap sakral.
  • Kain tapis ini dibuat tidak menggunakan mesin, melainkan menggunakan alat tenun.
fbWhatsappTwitterLinkedIn