Olahraga Billiard: Manfaat, Teknik Dasar dan Peraturannya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Olahraga yang menjadi populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia yaitu olahraga billiard (biliar atau bola sodok). Biasanya permainan billiard ini dimainkan di tempat yang tertutup atau di suatu ruangan. Dimainkan ketika sedang bersantai dan berkumpul dengan teman-teman.

Sama seperti olahraga catur, billiard merupakan olahraga yang mengharuskan pemainnya untuk berpikir guna menyerang dan bertahan di saat yang bersamaan. Permainan ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi seperti catur.

Pengertian Billiard

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biliar merupakan permainan yang menggunakan bola (kecil) dari gading dan sebagainya dan tongkat panjang di atas meja persegi panjang yang berlapis kain laken; bola sodok.

Menurut para ahli:

  • Merriam Webster, billiar adalah salah satu dari beberapa permainan yang dimainkan di atas meja lonjong dengan menggerakkan bola kecil satu sama lain atau ke dalam saku dengan isyarat.
  • Collins Dictionary, biliar adalah permainan yang dimainkan di atas meja besar, di mana kita menggunakan tongkat panjang yang disebut cue untuk memukul bola satu sama lain atau ke dalam saku di sekitar sisi dari meja.

Secara umum, olahraga billiard termasuk ke dalam olahraga jenis konsentrasi. Kata billiard sendiri berasal dari kata “billart” yang memiliki arti tongkat kayu atau juga “bille” yang memiliki arti bola.

Billiard merupakan olahraga yang dimainkan di atas meja yang berukuran persegi panjang dengan beberapa jumlah bola kecil dan tongkat panjang. Billiard dapat dimainkan secara individu ataupun berkelompok.

Olahraga ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan juga memerlukan kemampuan fisik yang prima, namun sangat mudah dan menyenangkan untuk dimainkan.

Sejarah Billiard

Tidak diketahui sejarah kapan pertama kali permainan billiard ini ditemukan dan dimainkan. Namun diyakini billiard sudah dimainkan selama berabad-abad yang lalu. Pada awalnya billiard ini dimainkan sebagai permainan rumput.

Salah satu bentuk billiard yang paling awal dan terkenal yaitu berasal dari Prancis pada saat abad ke-15. Pada abad tersebut billiard mengalami kesuksesan yang luar biasa dan sering sekali dinikmati oleh para politisi.

Cue atau tongkat billiard diperkenalkan pertama kali pada abad ke-17. Sebelumnya para pemain billiard tidak menggunakan tongkat untuk memukul bola namun menggunakan tangan.

Pada tahun 1675 permainan billiard ini sangat terkenal dan populer di negara Inggris. Tahun 1800-an yang memainkan permainan ini yaitu kaum bangsawan.

Di Indonesia permainan billiard ini dimainkan oleh orang orang yang memiliki waktu luang untuk mengisi waktunya. Billiard juga merupakan permainan yang terkenal dan populer di Indonesia.

Manfaat Billiard

Tujuan dari bermain billiard yaitu mencapai banyak poin dari lawan atau mencapai jumlah poin yang disepakati untuk memenangkan suatu pertandingan.

Sedangkan manfaat dari bermain billiard diantaranya adalah:

  • Membangun Fokus

Mencoba untuk menemukan sudut yang sempurna untuk menepis dalam tembakan membutuhkan fokus lebih dalam. Maka bermain billiard ini mengajari cara membangun fokus dalam diri kita.

  • Membakar Kalori

Meskipun dalam permainan billiard tubuh kita bergerak hanya sedikit saja, namun ini bisa membakar kalori yang berada dalam tubuh kita.

  • Mempertajam Pikiran

Permainan billiard ini membutuhkan perhitungan yang tajam pada saat bermain. Pada umumnya banyak pemain billiard ini yang memiliki pikiran yang lebih tajam.

  • Mengencangkan Otot

Dalam bermain billiard seringkali kaki, punggung dan pinggul menekuk. Hal tersebut bisa membuat pengencangan pada otot kaki, punggung dan pinggul kita.

Teknik Dasar Billiard

  • Teknik Spin Shot

Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola dengan menggunakan pola sedikit ke kiri atau ke kanan sehingga titik tengah pada bola putih.

Efek yang ditimbulkan dari menggunakan teknik ini yaitu bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau setelah memantul pada tepi meja.

  • Teknik Stop Shot

Teknik ini merupakan teknik yang mudah dilakukan pada permainan billiard. Caranya yaitu titip pukul stik dilakukan pada tengah tengah bola putih.

Efek dari melakukan teknik stop shot ini yaitu bola berhenti di tempat dan apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila pukulan yang dilakukan tidak sejajar, maka laju dari bola tidak akan berjalan cepat atau lambat.

  • Teknik Draw Shot

Cara memukul menggunakan teknik ini yaitu bola putih sedikit di bawah titik tengah.

Efek dari teknik ini yaitu bola akan berjalan mundur setelah terkena pool ball. Hal tersebut terjadi apabila bola sasaran dipukul sejajar.

Sedangkan jika bola sasaran tidak dipukul secara sejajar, sudut pantulnya akan lebih besar.

  • Teknik Follow Shot

Teknik ini dilakukan dengan memukul bola putih sedikit diatas dari garis tengah. Efek yang ditimbulkan apabila pool ball dipukul secara sejajar maka bola putih akan berjalan maju.

Sedangkan jika pool ball dipukul namun tidak sejajar, maka bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit dan memiliki laju yang lebih cepat.

  • Teknik Masse

Teknik pukulan ini biasanya digunakan ketika bola sasaran yang terhalangi oleh bola lain. Teknik ini membuat bola putih bergerak dengan arah melengkung.

  • Teknik English Shot

Teknik ini digunakan untuk memukul bola dengan menggunakan efek. Teknik pukulan ini memungkinkan bola bergerak secara tidak terduga.

  • Teknik Jump Shot

Teknik ini dilakukan dengan stik khusus, caranya menekan bola putih dari atas sehingga bola bereaksi bergerak ke arah atas. Teknik ini membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cue ball dengan bola sasaran.

Cara Memegang Tongkat Billiard

  • Pegang tongkat di sebelah pinggul

Letakkan satu tangan pada titik bagian belakang tongkat agar menjaga keseimbangan. Tangan diletakkan dengan jarak 10-12 cm dari ujung belakang pada tongkat dan membentuk sudut 90 derajat dengan tongkat.

Pegang tongkat menggunakan jari jempol dan telunjuk, tambahkan jari tengah sedikit apabila ingin sedikit ada tenaganya.

  • Bungkukkan badan ke arah meja

Bungkukkan badan sehingga kita bisa menatap garis lintasan bola cue. Kedua kaki rileks, sedikit menekuk dan diberi jarak beberapa sentimeter.

  • Buat bridge terbuka dengan tangan satunya

Letakkan tangan yang satunya di atas meja dengan jarak 15 – 20 cm dari bola cue. Semakin dekat dengan bola maka semakin akurat tembakannya.

  • Pegang tongkat dengan mantap

Condongkan badan ke arah depan. Pastikan kita melihat garis lurus diantara bola cue dan bola objek.

  • Pegang tongkat dengan seimbang dan pukul bola

Sorongkan tongkat dengan membidik dengan mantap. Apabila masih kurang mantap, lebih baik maju mundurkan tongkat agar lebih mantap. Jika sudah mantap lalu pukulah bolanya.

Peraturan Billiard

Beberapa peraturan dalam permainan billiard dengan 9 ball, yaitu:

  • Menggunakan bola billiard yang bernomor 1-9 dan ditambah dengan bola putih.
  • Menyusun bola dengan nomor 1-9 dalam bentuk wajik pada saat break.
  • Bola yang memiliki nomor 1 posisinya ada di bagian atas wajik, sedangkan bola dengan nomor 9 posisinya ada di tengah tengah dan yang lainnya secara acak.
  • Pemain harus memasukkan bola dari nomor 1-9 secara urut, dari 1 hingga 9. Tidak boleh secara acak.
  • Dalam proses memasukkan bola bisa dilakukan secara langsung yaitu dengan cara menyodok bola dari nomor terkecil atau mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain.

Pelanggaran Billiard

  • Bola putih masuk ke dalam lubang meja.
  • Bola putih tidak menyentuh bola sasaran ketika dipukul sama sekali.
  • Pakaian pemain atau bagian tubuh dari pemain menyentuh bola yang berada di dalam meja.
  • Bola keluar meja dalam permainan billiard.
  • Memukul bola waktu bola yang lain masih bergerak.
  • Bola putih dipukul dan terkena bola yang bukan nomor terkecil pertama kali.
  • Menaruh begitu saja stik di atas meja.

Hukuman dari seluruh pelanggaran tersebut biasanya pemain lawan memiliki kesempatan untuk free ball. Free ball yaitu bola putih diletakkan di posisi manapun di dalam meja permainan.

Apabila pemain melakukan tiga kali pelanggaran, maka pemain dinyatakan kalah. Pemain menang jika berhasil memasukkan bola yang memiliki nomor 9 dan juga sudah disahkan oleh wasit.

Perlengkapan Billiard

Meja Billiard

Meja billiard memiliki bentuk persegi panjang dan dilapisi dengan karpet sehingga apabila bola bergerak karena disodok geraknya menjadi teratur.

  • Memiliki 6 lubang
  • Memiliki papan pemantul yang berguna unttuk penghantar bola
  • Panjang meja billiard : 50 inci
  • Lebar meja billiard : 10 inci

Cue Ball

Cue ball atau sering disebut dengan bola putih. Bola ini ada berbagai macam jenisnya dan tentunya dengan berat yang berbeda-beda. Bola ini dapat dilihat dalam 25 titik berdasarkan arah dari cue dan elevasi cue terhadap meja.

Pool Cue

Pool cue ini dapat disebut stik, yang terbuat dari kayu. Fungsi dari stik ini untuk memukul bola putih. Bentuk dari stik berbentuk tegak lurus dan memiliki bodi yang ramping. Gagangnya lebih besar dan ujungnya kecil.

Kapur Stik

Kapur stik ini menjadi properti yang penting dalam permainan billiard. Fungsi dari kapur stik yaitu membuat tip stik agar tidak licin. Tujuan menggunakan kapur stik ini agar membantu untuk menyodok bola.

Cara menggunakan kapur stik ini cukup digosokkan pada bagian tip beberapa kali sampai dengan bagian tip warnanya tidak pudar lagi.

fbWhatsappTwitterLinkedIn