13 Contoh Kalimat Utama dalam Paragraf

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Menurut KBBI paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan yang mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru atau sering di sebut juga sebagai alinea.

Bacaan yang kita baca terdiri dari beberapa paragraf dan terdiri dari kalimat utama, kalimat penjelas, ide pokok, serta kesimpulan paragraf.

Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat ide pokok dalam satu paragraf. Kalimat utama di jelaskan oleh kalimat penjelas. Umum nya kalimat utama hanya terdiri satu kalimat saja.

Kalimat utama bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. Berikut langkah cepat menentukan kalimat utama :

  • Bacalah dengan cermat kalimat dalam paragraf.
  • Bacalah kembali kalimat pertama dan terkhir paragraf.
  • Tentukan ide pokok di antara kalimat tersebut.
  • Kalimat yang mengandung ide pokok merupakan kalimat utama paragraf tersebut.

Berikut beberapa contoh kalimat utama dalam paragraf.

Kalimat Utama di Awal Paragraf

Contoh 1

Danu dan Pian belajar bersama di taman dekat sekolah untuk persiapan ujian yang akan datang. Mereka duduk di kursi panjang di bawah pohon belimbing. Danu dan Pian mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku paket. Mereka membahas mata pelajaran matematika dan juga IPA.

Contoh 2

Rosa membeli leptop berwarna hitam di toko elektronik. Ia membeli nya dengan harga 5 juta rupiah. Leptop yang Rosa beli adalah keluaran terbaru tahun 2011. Ia membeli nya di toko elektronik lantai 2. Ia membelinya dengan uang yang sudah di tabung selama 2 tahun. Karena ia akan memasuki bangku SMP ia merasa membutuhkan leptop sebagai sarana penunjang belajar nya.

Contoh 3

Penghijauan adalah sebuah usaha yang dilakukan dengan menggunakan tanaman sebagai unsur pokok. Usaha ini di lakukan agar bisa memperbaiki lingkungan, seperti mengurangi polusi udara. Semakin sering penghijauan di lakukan, lingkungan akan menjadi tempat yang asri, dan tentu saja lingkungan menjadi lebih sehat.

Contoh 4

Manfaat dari penghijauan adalah untuk mencegah krisis air saat musim hujan tiba. Tanaman-tanaman terebut diharapkan dapat menyerap air pada kala hujan sehingga saat musim kemarau datang, penduduk tidak mengalamai krisis air. Bahaya banjir dan juga tanah longsor dapat dicegah dengan peghijauan.

Contoh 5

Kerusakan lingkungan di Indonesia semakin hari semakin parah. Kerusakan ini tentu mengancam keberlangsungn hidup manusia. Salah satu nya adalah banjir yang di sebabkan oleh manusia itu sendiri, kurang nya kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempat nya dan menjaga keasrian serta kebersihan lingkungan. Kerusakan lain nya adalah penggundulan hutan. Peristiwa ini menyebabkan minim nya area serapan air hujan yang mengakibatkan kekeringan pada musim kemarau.

Kalimat Utama di Akhir Paragraf

Contoh 1

Danu dan Pian mengerjakan soal-soal yang ada di buku paket. Mereka berdua duduk di taman dekat seolah di bawah pohon belimbing. Soal yang mereka bahas adalah soal-soal matematika dan IPA. Danu kurang menguasai mata pelajaran matikmatika, sehingga ia banyak bertanya pada Pian jika ada soal yang sulit di mengerti. Mereka belajar bersama untuk mengahadapi ujian yang akan segera datang.

Contoh 2

Burung cendrawasih biru berukuran sedang dengan panjang sekitar 30 cm. Cendrawasih memiliki warna bulu biru dan juga hitam. Burung ini memiliki paruh putih kebiruan, kaki abu-abu, dan iris mata cokelat tua. Burung Cendrawasih memiliki dua buah setengah lingkaran putih disekitar bola mata nya. Burung cendrawasih biru jantan memikat pasangan dengan memamerkan bulu-bulu nya yang cantik.Itulah ciri-ciri burung cenrawasih biru yang berasalh dari Papua.

Contoh 3

Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Virus covid-19 ini menyerang sistem imun manusia. Gejala yang paling umum adalah batuk kering, demam dan juga kelelahan. Banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19 menjadi penyebab banyak nya korban berjatuhan, salah satu nya tidak memakai masker saat keluar rumah serta tidak menerapkan social distancing.

Contoh 4

Rasya dan Aira adah anak kandung dari Ibu Beti dan Bapak Toto. Mereka tinggal di daerah kawasan Ciracas Jakarta Timur. Setiap sore mereka berkumpul bersama menikmati senja sambal bersepeda mengelilingi Taman Mini Indonesia Indah. Namun karena saat ini sedang pandemic covid-19 mereka sekeluarga tetap berada di rumah, dan mengganti kegiatan mereka dengan melakukan senam bersama di halaman belakang rumah.

Contoh 5

Suatu sore Rara, Budi, dan Anis sedang bersepeda bersama di sekitar komplek rumah mereka. Saat itu Rara ada di barisan paling depan. Dari kejauhan ia melihat seorang anak kecil yang tegeletak di jalan. Untuk memastikan nya ia pun mengayuh sepeda nya lebih cepat. Ternyata benar, anak kecil tersebut terjatuh saat sedang berlari menuju rumah nya.

Kalimat Utama Diakhir dan Diawal Paragraf

Contoh 1

Seorang korban tabrak lari dijalan T.B Sumatupang meninggal dunia. Jasadnya kini sedang di lakukan otopsi di RS. Polri Jakarta Timur. Korban tersebut adalah dua orang pria berusia 40 tahunan dan seorang wanita berusia 30 tahunan. Sebelumnya korban hendak menuju tempat wisata Ragunan dengan berjalan kaki, dari arah belakang melaju sebuah mobil yang dikendarai oleh pengemudi yang sedang di bawah pengaruh alkohol melaju dengan kecepatan kencang dan menghantam ketiga korban yang tidak sempat menghindar.

Contoh 2

Sistem pembelajaran jarak jauh semakin membuat para siswa merasa jenuh. Alih-alih memahami materi, banyak di antara mereka justru sulit bahkan tidak mengerti sama sekali tentang materi pelajaran. Banyak faktor yng membuat siswa jenuh di antara nya adalah banyak nya tugas yang menumpuk, jenuh dengan suasana rumah, rindu teman-teman juga guru mereka.

Contoh 3

Delapan puluh persen masyarakat saat ini lebih memilih belanja secara daring. Hal ini di anggap lebih mengamankan bagi kesehatan mereka di tengan kondisi pandemic covid yang belum kunjung teratasi. Dengan belanja daring, masyarat tidak perlu repot-repot keluar rumah belanja di pasar atau pun pusat perbelanjaan yang bisa mengakibatkan terjadi nya perkumpulan dan memudahkan virus korona menyebar dengan cepat. Masyarakat pun menikmati belanja secara daring karena dengan melalui hanphone saja masyarakat bisa membeli apapun dari rumah, belanja daring memang leih efektif, hemat waktu dan tentunya semua kebutuhan tetap terepenuhi.

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment

Your email address will not be published.

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.