9 Pekerjaan untuk Sarjana Psikologi yang Banyak dicari

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Salah satu jurusan yang sekarang ini menjadi favorit banyak calon mahasiswa adalah jurusan psikologis.

Disini mahasiswa akan mempelajari tentang kejiwaan dan pola perilaku manusia yang keduanya saling terkait sebagai respon terhadap lingkungannya.

Ada banyak bidang-bidang pada studi psikologi, seperti Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Eksperimen, Psikologi Perkembangan, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimanakah prospek kerja bagi lulusan psikologi? Kesempatan kerja bagi para sarjana psikologi sangat terbuka lebar dengan beragam pilihan jalur karier.

Lulusan psikologi banyak dibutuhkan tidak hanya di bidang medis atau klinis, tetapi juga di dunia pendidikan dan industri.

Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang cocok dan membutuhkan jasa seorang sarjana psikologi:

1. Konselor

Seorang sarjana psikologi bisa menjajal profesi sebagai konselor, yakni seseorang yang memberikan bimbingan konseling berupa masukan atau pendapat tentang suatu permasalahan yang tengah dihadapi seseorang.

2. Psikolog

Psikolog adalah gelar yang diterima seseorang setelah ia menempuh jenjang S2 Psikologi dengan jurusan psikologi klinis.

Seorang psikolog banyak dibutuhkan di dunia industri, instansi pemerintahan, hingga di dunia militer.

3. Human Resources Development (HRD)

Diantara bidang pekerjaan yang paling banyak membutuhkan lulusan psikologi adalah HRD atau Human Resouces Development.

HRD sendiri merupakan bagian dan sebuah perusahaan yang menangani masalah sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut.

4. Guru Bimbingan Konseling (BK)

Pilihan lain yang bisa dicoba oleh seorang sarjana psikologi adalah menjadi guru BK atau guru bimbingan konseling di sekolah-sekolah.

Guru BK disini berperan untuk membantu siswa yang memerlukan bimbingan atau konseling dalam menghadapi dan mengatasi permasalahannya seputar studi dan masalah lainnya.

5. Dosen Psikologi

Seorang lulusan psikologi tentu berpeluang pula untuk berkarir sebagai dosen di jurusan yang sama.

Untuk mejadi seorang dosen, maka minimalnya harus melanjutkan ke jejang S2.

Jika memiliki bakat atau passion untuk mengajar, menjadi dosen bisa menjadi pilihan karier yang menarik.

6. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Menjadi terapis bagi anak berkebutuhan khusus juga bisa dilakukan oleh lulusan psikologi.

Seorang terapis anak ABK bertugas untuk mengamati tumbuh kembang anak ABK dan membantu

7. Guru Sekolah Luar Biasa

Menjadi guru di sekolah luar biasa tentu membutuhkan kemampuan dan keahlian lebih yang mana hal tersebut cocok untuk dilakukan oleh seseorang yang  telah mempelajari ilmu psikologi.

Dengan bekal ilmu tentang perilaku, seorang sarjana psikologi memiliki bekal lebih dalam menghadapi dan membantu murid-murid di sekolah luar biasa tersebut.

8. Trainer

Trainer adalah seseorang yang memberikan pelatihan kepada peserta training/latihan dan berusaha membuat peserta tersebut mencapai keahlian atau kemampuan tertentu sesuai materi training yang diberikan.

Menjadi trainer juga cocok dicoba oleh seorang lulusan psikologi terutama dengan materi training seputar kepribadian dan tingkah laku.

9. Peneliti

Setiap orang yang mempelajari sebuah bidang studi tertentu sangat berpeluang untuk menjadi peneliti, termasuk disini seseorang yang mempelajari ilmu psikologi.

Dengan bekal ilmu tersebut, sarjana psikologi bisa melakukan penelitian seputar kejiwaan dan perilaku manusia yang mana hasil penelitiannya bisa dipublikasikan sehingga akan bermanfaat bagi banyak kalangan yang memerlukannya.

fbWhatsappTwitterLinkedIn