Penelitian: Pengertian, Klasifikasi dan Perkembangannya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Pengertian Penelitian

Berdasarkan laman wikipedia, penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Dari pengertian di atas, dapat kita ketahui bahwa penelitian adalah sebuah usaha untuk menemukan atau mencari hal-hal baru, mengembangkan lebih dalam hal yang telah ditemukan, atau menguji untuk menemukan hal yang masih diragukan kebenarannya.

Klasifikasi Penelitian

Berdasarkan Tempat Penelitian

Klasifikasi penelitian berdasarkan tempat penelitian dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Penelitian Lapangan

Penelitian lapangan adalah salah satu metode pengumpulan data yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam terhadap literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Contoh penelitian lapangan adalah pengambilan data kuisioner dan angket.

  • Penelitian Laboratorium

Penelitian laboratorium adalah penelitian yang sudah terstruktur, dimana dilakukan pada tempat yang disebut laboratorium dan dapat dikendalikan.

Biasanya penelitian pada laboratorium dilengkapi dengan alat-alat penunjang dalam penelitian yang dilakukan. Contoh penelitian laboratorium adalah pengujian, praktikum, dan percobaan.

  • Penelitian Perpustakaan

Penelitian perpustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan memanfaatkan bahan berupa informasi dan data-data yang ada di perpustakaan. Informasi dan data-data yang ada biasanya disajikan dalam bentuk dokumen, majalah, jurnal, atau buku-buku lainnya.

Berdasarkan Tujuan

  • Eksplorasi

Penelitian eksplorasi dilakukan untuk menemukan masalah-masalah baru dalam hal pendefinisian mengenai konsep dan pola penelitian dalam bidang pendidikan.

Pada penelitian ini, peneliti belum menemukan gambaran atau gagasan yang kuat terhadap penelitian yang dilakukan.

  • Pengembangan

Penelitian pengembangan dilakukan untuk mengembangkan penelitian yang telah ada sebelumnya.

Penelitian ini dapat juga dilakukan karena masih ada celah pada penelitian sebelumnya yang perlu diperbaiki sehingga mendatangkan gagasan atau produk yang lebih rasional dari penelitian sebelumnya.

  • Verifikasi

Penelitian verifikasi dilakukan untuk menguji gagasan atau teori sebelumnya yang masih diragukan kebenarannya.

Hasil dari penelitian ini adalah gagasan yang semakin kuat atau bahkan teori sebelumnya gugur karena dipatahkan oleh penelitian ini dan menghasilkan teori yang mendekati kebenaran atau teori yang benar.

Berdasarkan Taraf Penelitian

  • Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah penelitian yang paling dasar, dimana penelitian ini bersifat identifikasi masalah berdasarkan informasi faktual dan mendetail.

Pada penelitian deskriptif akan menghasilkan gambaran dari suatu fenomena yang bersifat apa adanya karena di dalam penelitian ini tidak memiliki uji hipotesis.

  • Eksplanasi

Penelitian eksplanasi adalah penelitian yang menjelaskan kedudukan antara variabel- variabel maupun hipotesa-hepotesa yang diteliti serta hubungan antara variabel yang satu dengan yang lain melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan.

Berdasarkan Saat Terjadinya Variabel

  • Penelitian Historis

Penelitian historis adalah penelitian yang mempelajari dan menggali fakta-fakta mengenai peristiwa masa lampau. Peneliti dituntut menemukan fakta, menilai dan menafsirkan fakta yang diperoleh secara sistematik dan obyektif.

Tujuan penelitian historis adalah untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif, dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi dan mensintesiskan bukti-bukti untuk memperoleh kesimpulan yang kuat.

  • Ex post facto

Penelitian ex post facto adalah penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi dengan tujuan menemukan penyebab perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa atau hal-hal yang menyebabkan terjadinya perubahan variabel bebas secara keseluruhan.

  • Eksperimen

Penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan dengan sengaja untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari perlakuan tersebut. Dalam penelitian eksperimen harus memiliki minimal 1 hipotesis untuk mengetahui akibat tersebut.

Perkembangan Metodologi Riset

Menurut Rummel perkembangan metodologi riset dibagi menjadi 4, yaitu:

  • Trial and Error

Biasanya trial and error dilakukan karena belum adanya patokan atau metode yang logis dalam penyelesaian suatu masalah. Sehingga trial and error dilakukan untuk mencari cara penyelesaian dengan masalah baru.

  • Authority and Tradition

Authority memiliki arti sebagai wewenang, sedangkan tradition sendiri adalah sebuah kebiasaan maupun warisan.

Authority and tradition terjadi diwaktu lampau, dimana penguasa dianggap benar dan dijadikan doktrin oleh masyarakat meskipun pendapat yang diutarakan salah.

Hal tersebut sangat berbeda dengan masa sekarang, dimana pendapat yang dianggap benar dan logis dijadikan sebagai patokan.

  • Speculation and Argumentation

Speculation and Argumentation muncul karena adanya keraguan dari doktrin penguasa. Ilmu pengetahuan yg berkembang lebih mengutamakan logika tanpa dukungan empiris atau ajaran yg menjadi dasar pemikiran.

  • Hypothesis and Experimentation

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan fakta, dan diambil kesimpulan dengan pola pikir deduktif dan/atau induktif.

Kebenaran dari hasil kesimpulan penelitian relatif dipercaya, sehingga metodologi penelitian berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Diawali dugaan atau hipotesis.

Macam-Macam Riset di Perguruan Tinggi

Term Paper

Term paper adalah penelitian yang dilakukan dalam waktu tertentu karena tidak diharapkan penelitian baru dari penelitian yang dilakukan. Biasanya term paper dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah.

Tujuan dari term paper adalah agar siswa maupun mahasiswa memiliki wawasan mengenai topik yang ditugaskan.

Term paper yang dilakukan oleh dosen memiliki tujuan untuk melakukan evaluasi kemampuan mahasiswa dalam mengorganisasikan gagasannya. Contohnya adalah pembuatan makalah, pembuatan laporan.

Field Study

Field Study adalah riset yang dilakukan berdasarkan study di lapangan. Field study tidak dibuat berdasarkan studi pustaka. Namun, dalam bentuk laporan akademik (bentuk resmi).

Contoh dari field study adalah makalah Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Skripsi

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Thesis

Thesis adalah riset yang dibuat untuk memenuhi syarat studi akhir S2. Dimana dalam thesis penulis harus melaporkan penelitian barunya maupun lanjutan dari penelitian sebelumnya. Pada pembuatan thesis penulis harus dapat bekerja mandiri.

Disertasi

Desertasi adalah riset yang harus dibuat untuk memenuhi syarat studi akhir S3 dengan spesialisasi bidang yang ditulisnya. Contoh spesialisasi pada desertasi adalah:

  • Dr. H. C yang merupakan gelar kehormatan untuk seorang yang dianggap memiliki kemampuan seperti Dr. yang memberikan investas kepada masyarakat
  • Profesor/Guru Besar merupakan pangkat terakhir yang diberikan kepada pengajar perguruan tinggi tempat ia bekerja dengan syarat dan ketentuan berlaku.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

share pendapat, pengalaman, dan info anda mengenai topik ini, baca policy kami.