Senam Irama: Pengertian – Manfaat dan Unsurnya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Senam irama termasuk salah satu senam artistik yang juga sering disebut dengan senam ritmik.

Mengapa di sebut seperti itu? Karena senam ini menggunakan iringan lagu pada tiap gerakannya.

Senam artistik ini bisa menggunakan alat bantu atau pun tanpa menggunakan alat bantu.

Adapun alat bantu yang dipakai adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.

Pengertian Senam Irama

Pengertian Secara umum

Secara umum, senam irama adalah senam yang menggabungkan gerakan atau koreografi yang bercampur dengan tari balet, modern, akrobatik, baik yang menggunakan alat bantu ataupun tidak.

Pengertian Menurut KBBI

Senam irama berasal dari kata senam. Senam artinya adalah berbagai macam gerakan yang mengikuti irama musik.

Sedangkan menurut istilah lain, senam adalah gerak badan dengan gerakan tertentu, seperti menggeliat, menggerakkan, dan meregangkan anggota badan; gimnastik: olahraga — sedang digemari ibu-ibu pada saat ini.

Jadi pengertian senam jika digabungkan dari kedua pengerrtian di atas adalah gerakan badan atau yang sering di sebut sebagai olahraga yang menggabungkan antara koreo (gerakan) dengan tari modern, balet, dan akrobatik yang bisa menggunakan alat bantu atau tidak dan diiringi musik.

Sejarah Senam Irama

Sejarah senam irma bermula dari gagasan tiga trio yang berasal dari Jerman. Yaitu:

  • Jean-Georges Noverre
  • Francois Delsarte
  • Rudolf Bode.

Mereka percaya bahwa betapa pentingnya ekspresi saat menggerakkan sejumlah gerakan tarian guna menciptakan keindahan dalam merangkaikan gerakan tertentu.

Setelah konsep yang dibuat oleh ketiga orang tersebut, di kembangkan lagi oleh seorang yang berasal dari Swedia pada abad 19 yang bernama Peter Henry Ling.

Peter Henry Ling mengembangkan sistem latihan yang disebut “Swedish System” yaitu gerakan bebas yang kemudian dipromosikan sebagai “gymnastik estetis” yang mana seorang atlet mengekspresikan dirinya, emosi dan perasaannya melalui pergerakan tubuh.

Ide tersebut dikembangkan lagi oleh Catharine Beecher, pendiri Western Female Institute di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1837.

Dalam program latihan yang diciptakan Beecher ini, yang dikenal dengan istilah “grace without dancing”, pesenam perempuan berlatih dengan menggunakan musik mulai dari gerakan sederhana menuju gerakan kompleks.

Kemudian pada tahun 1900, didirikan sekolah Gymnastic Rhytmic Swedia, dan dari situlah berbagai gerakan yang ada dalam senam dirangkum jadi satu.

Yaitu diantaranya adalah, ekspresi tubuh, gerak dan musik dengan berbagai jenis gaya.

Pada tahun 1929, Hinrich Medau, mendirikan sekolah di Jerman-Berlin. Tetapi, Medau menciptakan perbedaan mendasar dari gaya sebelumnya, yaitu dengan mengenalkan suatu sistem gerak artistik dengan menggunakan alat (bola, pita, tali, gada, dan simpai).

Sehingga senam ini mulai terlihat berbeda dengan pertunjukan balet kontemporer, tari atau akrobat.

Kompetisi senam pertama kali diadakan di Rusia pada tahun 1940. FIG (Federation International Gymnastic) sendiri kemudian memasukkan senam irama sebagai salah satu cabang senam pada tahun 1961.

Pertandingan internasioal pertama kali dalam cabang ini untuk atlet individual dimulai di Budapest pada tahun 1963, sementara pertandingan grup mulai ada pada kompetisi di Copenhagen, Denmark pada tahun 1967.

Senam ritmik mulai diadakan dalam olimpiade di tahun 1984 di Los Angles untuk kelas individu.

Lalu untuk pertandingan kelompok mulai masuk pada tahun 1996 di Olimpiade Atlanta.

Manfaat Senam Irama

Di balik keceriaan saat melakukan senam irama, ada sejumlah besar manfaat, baik dari segi fisik atau pun mental. Berikut ini adalah manfaatnya:

  • Menguatkan Otot

Manfaat senam irama bagi tubuh yang pertama adalah menguatkan jaringan otot pada tubuh.

Sama seperti jenis olahraga lainnya, melakukan senam irama secara otomatis mampu membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat.

Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, pun mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

  • Memperbaiki Bentuk Fisik

Senam irama berfungsi untuk mengencangkan otot tubuh, terutama di bagian lengan, perut pinggul, dan paha.

Hal ini lantas menghasilkan bentuk fisik tubuh yang proporsional dan bagus.

  • Memperbaiki Keseimbangan Fisik

Selain bentuk fisik, manfaat senam irama adalah memperbaiki keseimbangan fisik.

Setiap gerakan yang diciptakan untuk cabang senam ini memiliki struktur yang konsisten, di mana berefek pada peningkatan keseimbangan tubuh.

  • Merawat Kesehatan Tulang

Saat melakukan gerakan senam irama, Anda akan bertumpu sendiri guna menopang beban tubuh.

Secara tak langsung, hal ini melatih kekuatan dan kesehatan tulang yang kemudian berdampak pada kecilnya kemungkinan tulang mengalami sejumlah masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

  • Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya.

Ada kalanya lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh.

Sebaliknya, saat musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam pun menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan.

Tanpa disadari, hal ini menghasilkan manfaat senam irama untuk kesehatan jantung.

Tak ayal, orang yang melakukan senam irama cenderung memiliki jantung yang lebih sehat.

  • Mengoptimalkan Fungsi Otak

Otak yang sehat dan berfungsi baik akan meningkatkan daya ingat dan fokus, pun mencegah timbulnya penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

Salah satu manfaat melakukan senam irama adalah mengoptimalkan dan merawat fungsi otak tersebut.

Manfaat senam irama yang satu ini tak lepas dari gerakan senam dan alunan musik yang diklaim efektif menurunkan kadar epineprin dan kortisol, yakni 2 hormon yang menjadi faktor pencetus stres, untuk kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin.

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang kini tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan, melakukan senam irama adalah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses pembakaran lemak sehingga berat badan otomatis akan menurun.

Manfaat melakukan senam irama yang satu ini tak lepas dari gerakan senam itu sendiri alunan musik energik yang mengiringinya.

  • Mencegah Timbulnya Penyakit

Semua jenis olahraga, tak terkecuali senam irama adalah satu dari sekian banyak cara alami mencegah tubuh dari timbulnya berbagai penyakit.

Manfaat senam irama adalah menjaga tubuh agar senantiasa bugar, di mana tubuh yang bugar sudah barang tentu lebih ‘tahan’ terhadap penyakit, dari mulai penyakit ringan hingga berat sekalipun seperti radang paru-paru, jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

  • Membangun Kepercayaan Diri

Dari perspektif kesehatan mental, manfaat melakukan senam irama ternyata bisa membangun kepercayaan diri.

Hal ini lebih terkait dengan efek sugesti, di mana seseorang yang berhasil menguasai teknik senam irama dengan baik tanpa disadari jadi lebih percaya diri dan merasa senang.

Jadi, untuk Anda yang kini dilanda krisis kepercayaan diri, cobalah untuk melakukan senam irama dan buktikan manfaatnya.

Senam irama adalah senam yang dilakukan secara berkelompok, bisa hanya 5 (lima) orang saja, atau dalam jumlah peserta yang sangat banyak. Lagi-lagi, hal ini secara tidak langsung menghasilkan manfaat senam irama lainnya yaitu membangun interaksi sosial di antara pesertanya.

Dengan mengikuti senam irama bersama, Anda jadi lebih banyak bersosialisasi dengan orang lain, yang mana hal ini bagus untuk pengembangan diri, pun menjaga kesehatan mental karena biar bagaimanapun, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi satu sama lain.

  • Memiliki Pola Hidup Aktif

Alih-alih menjadi insan yang ‘malas’ dan kurang aktif, melakukan senam irama akan melatih Anda untuk lebih aktif bergerak, pun bersosialisasi, sehingga kebugaran tubuh tdan kesehatan mental tetap terjaga.

  • Menghilangkan Stres

Stres adalah kondisi alamiah yang bisa menimbulkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh.

Namun sayangnya, stres tidak bisa dihindari. Semua orang pasti pernah mengalami stres, entah itu karena urusan pekerjaan, keluarga, asmara, dan sebagainya.

Kendati begitu, stres jangan sampai dibiarkan berlarut-larut agar tidak terlalu mengganggu kesehatan Anda.

Alih-alih larut dalam stres, yang bisa dilakukan adalah bersegera untuk menghilangkan rasa stres tersebut, salah satunya dengan melakukan senam irama atau ritmik.

Karena jika hati dalam keadan tidak terkekangatau bahagia maka hormon endorfin akan menguar dan menyebabkan otak dan badan menjadi lebih rileks.

Unsur-unsur Senam Irama

Dibawah ini ada beberapa unsur-unsur dasar dalam senam irama atau senam ritmik yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Keindahan

Keindahan merupakan salah satu poin penting, karena senam irama terlahir dari wilayah pertunjukkan dan salah satu elemen utama didalam senam irama.

Salah satu yang dinilai dalam senam irama adalah daya kreativitas atau keterampilan senam yang menciptakan suatu koreografi gerak unik.

Umumnya, didalam suatu perlombaan atau pertandingan senam irama banyak sekali variasi gerakkan yang akan mendapatkan lebih banyak nilai.

Apalagi, kalo atlet bisa menciptakan suatu gerakkan baru yang mempunyai nilai keindahan dan gerakkan yang sulit. Maka, akan mendapatkan nilai lebih.

  • Keseimbangan

Keseimbangan merupakan salah satu hal penting dalam suatu senam irama yang fungsinya buat melangsungkan koreografi gerakkan.

Keseimbangan dibutuhkan pada saat gerakan-gerakan yang sulit seperti berputar dengan satu kaki dan menangkap bola.

  • Keluwesan

Keluwesan memperlihatkan, seberapa dalamnya latihan yang udah kamu lewati.

Karena, keluwesan terebut cuma diperolah dengan cara koreografi yang udah disusun dan latihan yang teratur.

Keluwesan tersebut gak cuma dari bagian tubuh aja, tapi juga respon yang kamu lakukan dalam berbagai hal yang sedang berlangsung.

  • Kekuatan

Kekuatan merupakan suatu pondasi awal buat seorang atlet senam irama atau senam ritmik tersebutr.

Karena, tanpa adanya kekuatan yang bagus tentu aja seorang atlet tidak akan bisa melakukan gerakan-gerakan yang sulit didalam senam irama.

  • Kelenturan

Kelenturan merupakan hal utama dalam senam irama atau ritmik, karena gimana pun juga senam irama sangat kental dengan nuansa balet dan akrobatik.

Karena, balet dan akrobatik memperlihatkan gerakkan lentur dan gestur – gestur tubuh yang diikuti oleh persendian ekstrim dan lekukan – lekukan tubuh.

  • Ketepatan

Ketepatan irama yang baik dalam melakukan senam sangat dibutuhkan pada senam irama, karena sang atlet gak cuma menghitung pola langkah pada tempatnya.

Seorang atlet juga gak menghitung alat waktu dilempar dan buat ditangkap kembali. Tapi, harus seirama juga dengan musik yang mengiringi gerakanya.

Prinsip Senam Irama

Selain manfaat yang didapat oleh tubuh, sebelum melakukan senam irama, harus memperhatikan prinsip yang ada di dalam senam, yaitu :

  • Irama

Irama tidak selalu mengenai musik, tapi saat ritme tubuh melakukan suatu gerakan dengan memakai tempo cepat, lambat atau sedang dan beragam jenis mobilitas serta kekuatan tubuhnya.

Musik dalam senam bisa memberikan bantuan buat penghayatan atlet dalam gerakkan tubuhnya yang ada kaitannya dengan persoalan gerak dan emosi.

  • Fleksibilitas Tubuh

Fleksibilitas merupakan keahlian tubuh dalam melakukan dan menciptakan berbagai jenis gerakkan memakai alat atau gak memakai alat saat senam.

Walau seseorang sudah jadi atlet senam profesional, tidak akan pernah selesai dalam melatih fleksibilitas tubuhnya.

Karena, fleksibilitas tubuh sangat berperan penting dalam senam irama.

  • Kontuintas Gerak

Kontuintas gerak dengan rangkaian gerak yang bersatu dalam koreografi senam irama yang dipertandingkan.

Gerakkan yang ada didalam senam irama tidak terbentuk dari penggabungan beberapa jenis gerakkan aja.

Rangkaian gerak tersebut tercipta dari konsep yang kuat dan gagasan teatrikal.

Kontuintas gerak koreografi tersebut seperti mengalir dan membawa kisah yang disampaikan oleh gerakkan tubuh kamu sendiri.

Gerakan dalam Senam Irama

Berikut ini ada beberapa jenis gerakan senam yang harus dikuasai oleh atlet senam irama, yaitu:

  • Gerakan Rool depan dan belakang baik dimulai dari bawah atau dari posisi berdiri.
gerakan rool depan belakang
  • Gulingan seperti gerakan roll
gulingan rool
  • Meroda
meroda
  • Headstand
headstand
  • Sikap lilin
sikap lilin
  • Senam kelenturan
senam kelenturan
  • Gerakan dasar tari balet
gerakan dasar balet
  • Gerakan dasar pada sikap senam yoga
gerakan dasar yoga
  • Split samping dan depan dengan posisi split dan duduk dengan posisi berdiri.
split
  • Kayang
sikap kayang
  • Salto depan atau belakang.
salto
  • Handstand.
handstand

Jadi, gerakan-gerakan tersebut sangat penting didalam dasar penciptaan gerakan yang rumit dan juga memakai alat senam pada senam irama.

Jenis-jenis Senam Irama

Didalam suatu ajang Internasional, senam irama dibagi menjadi 2 jenis kategori yang dipertandingkan, diantaranya yaitu:

  • Individu

Senam irama yang dilakukan oleh satu orang atlet aja, dan memperlihatkan koreografinya memakai alat atau gak memakai alat bantu dalam melakukan gerakkannya.

  • Kelompok

Didalam senam irama kelompok, seorang atlet memakai salah satu jenis alat saja atau beberapa jenis alat bantu buat memperlihatkan koreografinya.

Alat yang digunakan dalam Senam Irama

seperti yang sudah diketahui, bahwa senam yang termasuk senam artistik ini bisa menggunakan bantuan alat atau tidak.

Adapun di bawah ini, adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu atlet untuk menjalankan senam iramanya.

  • Bola
bola

Bola yang digunakan ukurannya tidak terlalu besar dan kecil. Yang terpenting adalah bola dapat dikuasai dan tidak mudah jatuh.

Bola bisa terbuat dari karet maupun plastik dengan berat bola sebesar 400 gram serta diameter lingkarannya adalah 18-20 cm.

  • Ribbon (Pita)
ribbon (pita)

Alat bantu pita biasanya terbuat dari bahan satin, atau dari bahan yang halus lainnya. Mempunyai pegangan stik sepanjang 35 cm.

Sedangkan untuk panjang pitanya adalah 6 meter. Tongkat pegangan biasanya terbuat dari bahan kayu, plastik, bambu ataupun bahan lain seperti fiber glass. Diameternya adalah 1 cm.

Cara penggunaannya adalah diayun, diputar, dibelit diantara tubuh pesenam membentuk spiral, dan sebagainya.

  • Hoop (Simpai)
Hula-Hoop

Alat ini terbuat dari plastik, kayu, atau bahan lainnya. Berat simpai tidak lebih dari 300 gram.

Warna hoop boleh random. Diameter simpai dewasa tidak boleh lebih dari 65 cm.

Cara memainkan simpai ini boleh dengan cara dipegang dua atau satu tangan.

Sebelum memainkan simpai, pemain harus mampu menguasai terlebih dahulu beragam teknik permainan, seperti Inside Grip, Outside Grip, Reserve Grip, Reguler Grip, dan Mixed Grip.

  • Gada (Clubs)
gada (clubs)

Gada yang dimaksudkan terbuat dari bahan plastik atau kayu, dan bentuknya hampir mirip dengan botol.

Gada memiliki berat 150 gram dengan panjang 40 sampai 50 cm.

Permainan dengan gada ini adalah dengan memukul, melempar, memutar, mengayun, serta menangkap gada yang dilempar.

  • Tali (Ropes)
roops

Tali yang digunakan untuk senam terbuat dari bahan halus, dan tidak ada tempat untuk memeganginya secara khusus.

Panjang tali biasanya disesuaikan dengan tinggi badan pesenam.

Cara untuk mengukurnya yaitu dengan menginjak bagian tengah-tengah tali dengan salah satu kaki pesenam, dan kedua ujung tali ditarik oleh tangan kanan dan kiri dan ujung tali diletakkan di depan bahu.

fbWhatsappTwitterLinkedIn