6 Permainan Tradisional Cina yang Perlu Diketahu

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Cina adalah salah satu negara yang kuat dalam mempertahankan tradisi mereka, baik oleh masyarakat Cina yang tinggal di negaranya maupun oleh mereka yang telah hidup di negara lain. Maka, bukanlah hal yang mengherankan jika budaya dan tradisi negara Cina banyak dikenal oleh masyarakat seluruh dunia.

Diantara tradisi negara tirai bambu itu yang juga masih dilakukan secara turun temurun adalah berupa permainan tradisional. Berikut adalah beberapa permainan tradisional Cina yang sampai saat ini masih banyak dimainkan:

1. Mahjong

Mahjong atau juga disebut Mahjung adalah permainan tradisional dari Cina yang diciptakan pada sekitar akhir abad ke-19 di Provinsi Kiangsu, Chekiang, dan Anwai.  Permainan mahjong dimainkan oleh empat pemain dengan 144 set ubin yang bertuliskan karakter dan simbol khas Cina dengan makna tertentu.

Mahjong masih sangat populer dimainkan hingga saat ini di penjuru dunia dan bahkan ada turnamen atau kompetisi internasional mahjong. Selain itu, permainan ini juga banyak digunakan dalam perjudian dan menjadi salah satu permainan yang disertakan dalam sistem operasi buatan microsoft, yaitu windows 7.

2. Weiqi atau Weichi

Weiqi adalah permainan papan kuno asli Cina. Permainan ini sudah ada sejak 2000 hingga 200 SM dan menyebar dan populer di kawasan Asia Timur termasuk Korea dan Jepang. Di Korea, Weiqi lebih dikenal dengan istilah Baduk. Sedangkan di Jepang, permainan ini disebut dengan Go atau Igo.

Weiqi dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan papan kayu bergaris horizontal dan vertikal dan biji-biji manik berwarna hitam dan putih. Untuk memainkan permainan strategi ini sangat dibutuhkan konsentrasi tinggi dan taktik langkah yang jitu.

3. Xiangqi

Xiangqi adalah permainan catur asli Cina yang mulai dimainkan sejak abad ke-4 masehi. Permainan ini menggunakan papan dan biji-biji berbentuk lingkaran pipih bertuliskan karakter Hanzi berjumlah 32 bidak yang terbagi menjadi bidak merah dan bidak hitam.

Hampir sama dengan catur, bidak-bidak dalam permainan ini terbagi dalam 7 jenis, yaitu  jiong (raja), shi (menteri), xiang (gajah), ma (kuda), ci (benteng) pau (meriam), dan zu (pion).

4. Yoyo atau Diabolo

Yoyo Cina adalah salah satu jenis permainan tradisional cina yang sudah dikenal sejak masa Dinasti Ming tahun 1386 lalu. Yoyo tradisional Cina terbuat dari kayu dengan bentuk dua cakra berukuran sama yang dihubungkan dengan batang kayu dengan lengkungan untuk melilitkan tali. Sementara itu, kedua ujung tali diikatkan pada dua tongkat kayu panjang.

5. Qiang Gu

Qiang Gu adalah permaina tradisional Cina yang biasanya digelar pada perayaan Festival Hantu di Cina. permainan ini sudah ada semenjak berkuasanya Dinasti Ming, kemudian pada masa Dinasti Qing dilarang karena beberapa kali menyebabkan kematian. Setelah Taiwan diserahkan kepada kekaisaran Jepang, permainan ini kembali dimainkan.

Permainan Qiang Gu kemudian banyak diadaptasi di beberapa negara termasuk Indonesia yang dikenal dengan istilah Panjat Pinang.

6. Tsu’ Chu

Tsu’ Chu atau Cuju adalah permainan bola kuno dari Cina yang sudah berkembang sejak masa Dinasti Han. Permainan dilakukan dengan cara menggirig bola dan memasukkannya ke dalam jaring kecil. Permainan ini awalnya dimainkan oleh para tentara Qi sebagai pemanasan pada pelatihan militer.

Tsu’ Chu sendiri dianggap sebagai model paling awal dari permainan paling populer saat ini, yakni sepak bola.

fbWhatsappTwitterLinkedIn