Sumber Daya Alam Sulawesi Tengah

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia yang kaya akan sumber daya alam menjadi incaran para investor atau konsumen yang berasal dari luar negeri. Salah satunya adalah di Sulawesi Tengah.

Sulawesi Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di pulau Sulawesi yang terletak pada bagian tengah pulau. Provinsi yang memiliki penduduk berkisar 4 juta jiwa ini dikenal dengan sumber daya alam yang dapat bermanfaat bagi masyarakatnya.

Dan apa saja sumber daya alam yang ada di Sulawesi Tengah ini? Berikut ulasannya.

1. Sektor Perhutanan

Berdasarkan penelitian Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, 4 tahun yang lalu sudah ada 11 produk yang diunggulkan dan diekspor. Hasil perhutanan yang banyak menghasilkan devisa negara ini adalah kayu. Dengan Volume 2.997,95 ton pada tahun 2015 dan 4.218,49 pada tahun 2016.

2. Sektor Pertanian dan Perkebunan

Untuk hasil pertanian yang diunggulkan adalah beras, jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan ubi jalar yang berasal dari produksi sendiri. Sedangkan untuk perkebunannya adalah :

Kakao

Kakao yang diperdagangkan adalah hasil mentah atau Raw Materials Export. Biji kakao dari Sul-Teng saat ini tercatat diekspor hingga mencapai benua Eropa, Asia dan Amerika Serikat.

Salah satu Kabupaten penghasil terbesar kakao di provinsi ini adalah Kabupaten Parigi Moutong dengan produksi 69.000 per tahunnya.

Kelapa

Salah satu potensi unggulan perkebunan yang lain adalah Kelapa Sawit. dengan luas areal tanam sebesar 66.595 ha. Sedangkan produksinya mencapai 6.623293 ton hampir tiap tahunnya.

Kelapa sawit ini telah sampai ke berbagai negara antara lain adalah India dan Malaysia dengan nilai FOB sebesar 30 juta USD. Komoditas kelapa Sawit ini terhasilkan dari beberapa perkebunan Sulawesi Tengah, yaitu puluhan perkebunan kelapa sawit dikelola oleh perusahaan besar Kabupaten Buol, Kabupaten Morowali, kabupaten Donggala dan Kabupaten Banggai.

3. Sektor Kelautan

Mayoritas yang menjadi andalan perikanan provinsi merupakan hasil perikanan budidaya laut. Hasil laut yang melimpah yaitu : Udang, Tuna, Cakalang, Kerapi, Teripang, Lajang dan Rumput Laut. Wilayah pengembangan potensi udang terdapat pada 6 Kabupaten yang menjadi 2 cluster yaitu Parigi Moutong dan Banggai.

Sedangkan pengembangan potensi Ikan Tuna terdapat pada 6 Kabupaten provinsi Sulawesi tengah yang fokus pada 3 cluster yaitu Donggala, Banggao dan parigi Moutong. Rumput laut sendiri dikembangkan pada 10 Kabupaten dan Kota dan terfokus pada 3 Cluster yaitu Parigi Moutong, Toli-Toli dan Kepulauan Banggai.

4. Sektor Industri

Pada sektor ini yang menjadi unggulan adalah sentra UMKM yang memiliki peranan penting dalam menciptakan lapangan kerja baru dan pemerataan pendapatan di provinsi ini Pada tahun 2013 jumlah industri manufaktur terbesar adalah industri makanan dan minuman.

Industri makanan sebanyak 27 perusahaan datau sebesar 38 % dari total perusahaan industri manufaktur besar sedang. Sementara golongan industri lainnya yang juga potensi daerah ini adalah perusahaan industri kayu dan barang-barang dari kayu termasuk alat-alat rumah tangga yang terbuat dari kayu dan barang anyaman yakni sebayak 17 perusahaan atau 23% dari seluruh perusahaan industri manufaktur besar & sedang.

5. Sektor Pertambangan

Sumber Daya Alam yang juga jadi andalan adalah galian pertambangan dan mineral antara lain mineral logam industri dan bahan bangunan serta bahan bakar fosil yaitu batu bara dan minyak. Bahan tambang golongan A (Strategis) antara lain minyak, gas bumi, batu bara dan nikel. Kemudian bahan tambang golongan B (Vital) antara lain emas, molibdenum, chronit, tembaga dan belerang. Bahan tambang C (tidak strategis dan vital meliputi sirtukil, marmer, pasir kuarsa, pasir besi dan sebagainya.

fbWhatsappTwitterLinkedIn