Ekonomi Mikro: Pengertian – Ruang Lingkup dan Contoh

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Unsur ekonomi terbagi menjadi dua, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Lalu apa itu ekonomi mikro? Bagaimana sejarahnya? Lalu apa saja contohnya? Berikut pembahasannya.

Sejarah Ekonomi Mikro

Bermula dari awal perkembangan sistem ekonomi modern. Sementara ekonomi modern sendiri mulai berkembang sejak Adam smith menuangkan isi pikirannya pada sebuah buku yang berjudul “An Inquiri into the Nature and Causes of Wealth of Nations” pada tahun 1779.

Sejak saat itu analisis ilmu ekonomi mulai dikembangkan menggunakan dasar-dasar ilmiah, tanpa teori moral dan teologis.

Banyak masyarakat meyakini bahwa segala permasalahan pertumbuhan ekonomi dapat diatasi apabila ekonomi dikembalikan pada kondisi seimbang.

Sistem ekonomi juga memiliki kemampuan untuk memulihkan dirinya sendiri, karena ada kekuatan pengatur yang disebut invisible hands atau tangan tak kelihatan.

Pasar juga memiliki mekanisme alokasi sumber daya ekonomi yang berjalan dengan landasan interaksi kekuatan demmand dan supply.

Interaksi tersebut dapat dijadikan sebagai alat alokasi sumber daya yang efisien, jika tidak ada campur tangan pemerintah.

Hal tersebut dijelaskan dalam Hukum Say oleh Jean Baptiste Say. Yang menegaskan bahwa barang dan jasa yang di produksi pasti terserap permintaan sampai akhirnya mencapai keseimbangan pasar.

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian Secara Umum

Secara umum pengertian ekonomi mikro atau sering disebut juga dengan mikro ekonomi adalah sebuah ilmu ekonomi yang hanya mempelajari perilaku konsumen dan juga suatu perusahaan.

Serta sebagai penentu harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan juga jasa yang akan dijual-belikan.

Pengertian Menurut Para Ahli

Selain itu para ahli di bidang ekonomi juga menjelaskan pendapat mereka mengenai ekonomi mikro, diantaranya :

  • Adam Smith

Menurut Smith ekonomi mikro adalah subjek ekonomi yang selalu bersifat ekonomis rasional.

Mengakibatkan para pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum mengambil keputusan.

  • Marshal dan Piqou

Ekonomi mikro adalah tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar, sehingga membuat para pelaku ekonomi dapat langsung menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi di pasar.

  • Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, ekonomi mikro merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentu harga pasar, barang dan jasa yang diperjual-belikan.

  • David Ricardo

Menurutnya ekonomi mikro adalah suatu kondisi dimana para pelaku ekonomi telah mempunyai informasi tentang seluk beluk sebuah pasar.

  • N.G. Mankiw

Ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu pelaku ekonomi, rumah tangga dan perusahaan pembuat keputusan serta cara berinteraksi di dalam suatu pasar tertentu.

Teori Ekonomi Mikro

Terdapat beberapa teori mengenai teori mikro, antara lain :

  • Teori Harga, menjadi dasar untuk melakukan analisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa yang ada di pasar.
  • Teori Produksi, digunakan sebagai dasar untuk menganalisis biaya produksi dan tingkat produksi.
  • Teori Distribusi, bertujuan untuk menganalisis ekonomi mikro terkait dengan upah tenaga kerja, besar bunga yang dibayarkan kepada pemilik modal dan keuntungan yang didapatkan oleh produsen.

Tujuan Ekonomi Mikro

Berikut ini beberapa tujuan ekonomi mikro :

  • Melakukan analisis terhadap mekanisme pasar yang membentuk harga barang dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas diantara banyak pengguna alternatif.
  • Melakukan analisis untuk kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan persaingan.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Secara umum terdapat beberapa ruang lingkup utama dari ekonomi mikro diantaranya :

  • Permintaan dan Penawaran

Dalam dunia ekonomi permintaan dan penawaran merupakan dua hal yang sangat berkaitan.

Pembentukan harga barang dan juga jasa terjadi melalui interaksi permintaan dan penawaran.

  • Teori Produksi

Teori Produksi menjadi dasar untuk menganalisis biaya produksi dan tingkat produksi.

Elastisitas harga termasuk dalam ruang lingkup mikro entah itu elastisitas penawaran maupun elastisitas permintaan.

  • Teori Perilaku Konsumen

Teori Perilaku Konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau konsumen dalam mencari, menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

  • Pasar

Pasar yang juga termasuk variabel dalam ekonomi mikro. Dimana pasar merupakan tempat bertemu penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.

  • Mekanisme Harga

Merupakan fenomena yang sering kali terjadi karena harga pasar fleksibel, atau harga bisa berubah kapan saja apabila situasi dan kondisi memungkinkan.

Kebijakan Ekonomi Mikro

Berikut ini kebijakan pada ekonomi mikro:

  • Kebijakan harga terendah

Keseimbangan harga adalah sebuah kewajiban yang ada dipasar. Dilakukan karena setiap harga mengalami kondisi yang fluktuatif.

  • Kebijakan harga tertinggi

Kebijakan ini diterapkan ketika kondisi pasar mengalami ketidakpastian harga, apabila hal ini dibiarkan terjadi dikhawatirkan akan menyebabkan inflasi yang berakibat pada ketidaksejahteraan masyarakat.

Kebijakan pajak dengan pajak fungsi devisa negara bertambah, pembangunan nasional semakin dikebut untuk dilaksanakan.

  • Kebijakan subsidi

Dengan pemberian subsidi diharapkan perusahaan-perusahaan baik yang telah berkembang maupun yang sedang merintis bisa menghasilkan produk yang bisa bersaing dipasaran yang mampu mengalahkan produk import.

Contoh Ekonomi Mikro

  • Monopoli pasar, sebuah bentuk pasar yang hanya satu namun produk atau jasa yang digunakan oleh banyak orang tanpa adanya kompetitor.
  • Pembangunan infrastuktur, seperti yang dilakukan di Indonesia sekarang ini sedang gencar melakukan pembangunan infrastuktur seperti pembangunan tol.
  • Penawaran dan permintaan
  • Perilaku Konsumen dan Produsen, segala aktifitas konsumen dan produsen dan proses yang dilalui oleh seseorang dalam melakukan pemilihan dan penggunaan barang atau jasa.
  • Pasar, wadah untuk melakukan transaksi.
  • Biaya, pengorbanan yang dilakukan perusahaan agar memperoleh banyak hasil dari apa yang telah dilakukan.
fbWhatsappTwitterLinkedIn