Komunikasi Pemasaran: Pengertian – Tujuan dan Strateginya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Berikut ini akan dijelaskan mengenai komunikasi pemasaran, yaitu:

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Pengertian Secara Umum

Komunikasi pemasaran merupakan bentuk komunikasi yang digunakan suatu perusahaan atau jasa untuk menjual dan mengenalkan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan itu sendiri.

Komunikasi pemasaran dilakukan agar konsumen dan pengguna jasa mengerti dan paham akan produk yang ditawarkan.

Pengertian Menurut Para Ahli

  • Menurut Tjiptono, komunikasi pemasaran merupakan suatu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, memengaruhi, dan mengingatkan pasar tujuan atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan setia pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
  • Menurut Kennedy dan Soemanagara, komunikasi pemasaran merupakan aktivitas pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi. Dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada publik agar tujuan perusahaan tercapai sehingga dapat meningkatkan pendapatan atas penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran yang dilakukan dapat memberikan informasi kepada pembeli dan pengguna jasa atas produk yang ditawarkan.

Ketika komunikasi pemasaran dilakukan, pembeli dan atau pengguna jasa akan mendapatkan informasi yang jelas dan valid sesuai dengan deskripsi produk.

Maka dari itu, kegiatan ini memudahkan pembeli dan atau pengguna jasa akan lebih paham akan produk dan atau jasa yang akan digunakan sudah sesuai dengan kebutuhannya.

Komunikasi pemasaran yang dilakukan juga dapat membangun hubungan dan relasi terhadap perusahaan lain dan relasi yang terlibat.

Ruang Lingkup Komunikasi Pemasaran

Terdapat beberapa ruang lingkupdalam komunikasi pemasaran. Ruang lingkup tersebut diantaranya adalah pembeli dan atau pengguna jasa sebagai target komunikasi pemasaran, pesan pemasaran harus mengandung isi yang dapat memberikan efek bagi pembeli/pengguna jasa dan produk itu sendiri.

Isi pesan juga harus berdasarkan konsep dan deskripsi produk. Selain itu, perusahaan juga harus mampu memberikan label brand image produk yang akan dipromosikank.

Brand image berfungsi sebagai cover dari produk sehingga produk tersebut memiliki valuenya sendiri. Terdapat pula anggaran yang digunakan untuk berjalannya pemasaran.

Jika anggaran yang digunakan melebihi batas, tentunya akan dapat mengurangi anggaran untuk keperluan lainnya. Anggaran sebaiknya digunakan seperlunya agar tidak mengganggu keseimbangan dana yang ada.

Proses Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki beberapa proses, diantaranya adalah sumber (source), pesan (message), transmisi (transmission), media, penerima pesan (receiver), umpan balik (feedback), serta hambatan (noise).

Proses pertama dalam komunikasi pemasaran adalah sumber, yaitu individu atau organisasi yang melakukan kegiatan pemasaran. Individu atau organisasi tersebut akan menyampaikan pesan untuk melakukan pemasaran produk dan atau jasa.

Setelah produk dan atau jasa selesai, pesan akan diproses dan membawa sinyal-sinyal yang dikirim menggunakan sarana media kepada pembeli dan atau pengguna jasa.

Ketika kegiatan pemasaran dilakukan, penerima pesan akan memberikan feedback dan reaksi terhadap produk dan atau jasa yang telah ditampilkan.

Reaksi yang diberika dapat berupa reaksi positif maupun negatif sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan masing-masing pembeli dan atau pengguna jasa.

Dalam proses pemasaran, perlu juga diperhatikan hambatan yang dapat memperlambat proses tersebut, seperti gangguan teknis dan lambatnya proses produksi.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Strategi yang digunakan demi lancarnya pemasaran yaitu, menetapkan tujuan komunikasi, menentukan media dan timbal balik yang diberikan media, menentukan pesan yang akan dimuat, menempatkan pesan pada media yang sesuai dengan pesan tersebut, serta merencanakan penyesuaian dalam pesan atau media yang digunakan.

Jenis Komunikasi Pemasaran

Berikut ini ada beberapa enis-jenis komunikasi pemasaran yaitu

  • Iklan (advertising)
  • Promosi penjualan (sales promotion)
  • Hubungan antar relasi (public relation and publicity)
  • Penjualan langsung kepada konsumen baik kontak langsung maupun melalui tidak langsung (personal selling and direct marketing)
  • Sponsor (sponsorship)
  • Menata citra baik perusahaan (corporate identity)
  • Tampilan luar produk (packaging)
  • Tanggapan publik terhadap produk (word of mouth).

Contoh Komunikasi Pemasaran

Contoh dari komunikasi pemasaran diantaranya yaitu, rapat penjualan, presentasi pengenalan produk, sample product, baliho, billboard, brosur, potongan harga, pameran, seminar, dan lain sebagainya.

fbWhatsappTwitterLinkedIn