Revolusi: Pengertian – Jenis dan Contohnya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Setiap orang pasti mengalami perubahan dari hari ke hari. Tidak hanya manusia saja, sebuah negara pun tentunya mengalami perubahan. Semua perubahan yang terjadi tentunya lebih ke arah yang positif.

Perubahan membawa suatu negara menjadi lebih berkembang dari sebelumnya. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi adanya perubahan. Namun, faktor yang paling mendasar dari terciptanya suatu perubahan adalah adanya kemauan.

Apabila sebuah negara memiliki kemauan yang tinggi untuk berkembang. Tentunya negara tersebut melakukan suatu perubahan. Istilah yang berhubungan dengan gerakan perubahan ini adalah revolusi.

Pengertian Revolusi

Pengertian Secara Umum

Revolusi merupakan tindakan perubahan yang terjadi pada suatu bidang kehidupan seperti sosial ataupun budaya. Revolusi ini dapat terjadi secara cepat ataupun secara lambat.

Sebab, suatu proses revolusi sangat dipengaruhi oleh kemampuan masyarakat dalam beradaptasi dengan segala bentuk perubahan yang ada.

Selain itu, segala perubahan yang terjadi dapat dikatakan terencana apabila masyarakat sebagai unsur yang erat kaitannya sudah memiliki beberapa kesiapan.

Sehingga nantinya, segala bentuk perubahan dan perkembangan dapat dengan mudah diterima. Hal tersebut berbeda, apabila perubahan yang terjadi tidak disangka sangka sebelumnya.

Masyarakat akan cenderung sedikit lama untuk beradaptasi terhadap perubahan yang ada. Dan tentunya hal tersebut menimbulkan beberapa permasalahan yang berhubungan dengan pertanyaan masyarakat mengenai perubahan yang terjadi secara tiba tiba ini.

Menurut dialetika revolusi, revolusi sendiri diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan untuk mengubah kepentingan masyarakat untuk mendukung kepentingan lainnya.

Oleh karena itu, sering dikatakan bahwa masyarakat memiliki keterikatan khusus dengan terjadinya suatu perubahan.

Pengertian Revolusi Menurut Para Ahli

Untuk menambah wawasan kita mengenai pengertian revolusi. Berikut ada beberapa pemaparan mengenai pengertian revolusi yang telah dikemukakan oleh para ahli.

  • Menurut Koentjaraningrat, revolusi merupakan usaha untuk dapat hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.
  • Menurut Selo Soemardjan, revolusi adalah Setiap perubahan dalam lembaga-lembaga sosial di masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok elf di masyarakat.
  • Menurut Wijoyo Nitisastro, revolusi adalah proses transformasi total dari kehidupan tradisional bersama-sama teknologi yang baik (pra-modern) dalam arti organisasi sosial untuk pola ekonomi dan politik.
  • Menurut Soerjono Soekanto, revolusi adalah bentuk perubahan sosial. Perencanaan biasanya bertujuan untuk perubahan sosial (perubahan diarahkan) dan didasarkan (planning sosial).
  • Menurut Harold Rosenberg, revolusi diartikan sebagai tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sejauh apa dan bagaimana erosi tempat-tempat umum properti pedesaan.
  • Menurut Schoorl, revolusi merupakan penggantian cara tradisional produksi dengan cara yang ditampung dalam arti Revolusi Industri.
  • Menurut Astrid S. Susanto, revolusi merupakan proses pembangunan yang memberikan kesempatan untuk perubahan demi kemajuan.
  • Menurut Kingsley Davis, revolusi diartikan sebagai perubahan sosial yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
  • Menurut Wijoyo Nitisastro, revolusi adalah proses transformasi total dari kehidupan tradisional bersama-sama teknologi yang baik (pra-modern) dalam arti organisasi sosial untuk pola ekonomi dan politik.

Syarat Perubahan Revolusi

Adapun beberapa syarat yang dimiliki oleh perubahan revolusi yang sudah banyak terjadi:

  • Munculnya keinginan masyarakat dan pihak tertentu untuk melakukan sebuah perubahan,baik dari segi politik, ekonomi dan struktur sosialnya.
  • Adanya pihak yang dapat dipercaya untuk merencanakan segala bentuk perubahan yang diinginkan. Pihak ini seringkali disebut dengan agen perubahan.
  • Sebagai seorang agen perubahan, pemimpin harus dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat yang erat kaitannya dengan pengadaan perubahan.
  • Pemimpin harus mampu menunjukkan fokus utama negara pada seluruh masyarakat.
  • Telah ditentukan momentum dari pelaksanaan revolusi perubahan ini.

Jenis Revolusi

Dalam perkembangannya, revolusi diidentifikasi menjadi beberapa macam berdasarkan dengan prosesnya. Berikut merupakan macam-macam dari revolusi.

  • Revolusi Perubahan Cepat

Revolusi perubahan cepat merupakan proses perubahan sosial yang terjadi dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Namun, perubahan tersebut menghasilkan dampak yang begitu besar dalam kehidupan masyarakat. Revolusi yang berjalan relatif cepat ini lebih mudah memicu timbulnya beberapa konflik ataupun permasalahan.

Yang mana hal tersebut lebih disebabkan karena masyarakat yang belum dibekali dengan berbagai kesiapan.

Hal tersebut tentunya sangat berbeda apabila perubahan yang terjadi berjalan sangat lambat, tentunya masyarakat tidak akan menyadari apabila mereka sedang berada dalam fase perubahan.

  • Revolusi Perubahan Kecil

Revolusi perubahan kecil merupakan suatu bentuk dari perubahan sosial yang dampaknya tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat. Perubahan kecil ini seringkali terjadi tanpa disadari oleh masyarakat prosesnya.

Perubahan kecil yang seringkali terjadi di sekitar masyarakat adalah adanya perubahan yang berhubungan dengan gaya penampilan sehari hari.

  • Revolusi Perubahan Besar

Revolusi perubahan besar ini tentunya sangat berbanding terbalik dengan definisi revolusi perubahan kecil. Yang mana perubahan yang terjadi secara besar besaran ini menimbulkan berbagai dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung.

Dampak yang ditimbulkan sangat disadari oleh masyarakat dalam prosesnya. Seringkali dampak yang ditimbulkan berhubungan dengan perkembangan ataupun permasalahan yang ada di aspek kehidupan masyarakat.

Salah satu contoh revolusi yang terjadi secara besar besaran adalah revolusi industri.

  • Revolusi Perubahan yang Dikehendaki

Revolusi perubahan yang dikehendaki adalah sebuah perubahan sosial yang sebelumnya telah direncanakan ataupun disusun secara sistematis perubahannya.

Terjadinya revolusi perubahan ini tentunya lebih dibekali dengan kesiapan dari pihak masyarakatnya. Sehingga akan mempermudah masyarakat nantinya dalam beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Revolusi perubahan yang dikehendaki ini tentunya merupakan perubahan sosial yang sangat dinanti nantikan oleh seluruh pihak.

Sehingga mengenai dampak dan cara penanganannya telah dipertimbangkan secara matang matang. Hal itu dilakukan agar tidak memicu timbulnya berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Pihak yang sangat menginginkan adanya perubahan ini disebut dengan istilah agen perubahan. Yang mana agen perubahan ini sudah dibekali dengan kepercayaan masyarakat.

  • Revolusi Perubahan yang Tidak Dikehendaki

Revolusi perubahan yang tidak dikehendaki ini merupakan suatu perubahan sosial yang terjadi tanpa diduga duga. Hal tersebut karena revolusi perubahan ini datang secara tiba tiba di luar dugaan dan perencanaan pihak tertentu.

Tentunya perubahan ini menimbulkan dampak yang terima langsung oleh masyarakat. Dan terjadinya perubahan ini menimbulkan berbagai kebingungan.

  • Revolusi Perubahan Struktural

Perubahan sosial yang berdampak pada perubahan struktur sosial yang ada di masyarakat. Perubahan ini identik dengan adanya perubahan masa atau sistem pemerintahan dari suatu kekuasaan ke kekuasaan lainnya.

  • Revolusi Perubahan Proses

Perubahan proses merupakan suatu perubahan sosial yang terjadi dengan tujuan untuk memperbaiki segala bentuk kekurangan atau kesalahan yang ada di kondisi sebelumnya. Perubahan ini sifatnya lebih merevisi kondisi ataupun kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Contoh dari Revolusi

Berikut merupakan contoh dari revolusi perubahan yang sudah terjadi di seluruh bagian dunia.

Revolusi Prancis merupakan suatu revolusi yang terjadi atas dasar keinginan masyarakat untuk melakukan perubahan terhadap struktur politik yang ada di Prancis.

Dalam revolusi ini semua rakyat Prancis menginginkan agar kekuasaan absolut dihapuskan dan ditiadakan. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya kekuasaan absolut raja menjadi sewenang wenang terhadap kepentingan rakyatnya.

  • Revolusi Amerika

Revolusi Amerika Serikat merupakan suatu revolusi yang terjadi dengan latar belakang menentang segala kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah kolonial Inggris.

Dalam revolusi ini seluruh masyarakat Amerika Serikat hanya menuntut adanya kebebasan dan juga kemerdekaan.

  • Revolusi Iran

Revolusi Iran merupakan suatu revolusi yang digalakan untuk mengubah bentuk kenegaraan yang dimiliki oleh Iran. Yang mana bentuk negara yang monarki akan digantikan dengan bentuk negara islam. Revolusi besar besaran ini dalam prosesnya mengalami dua tahap.

fbWhatsappTwitterLinkedIn