9 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS Beserta Penjelasannya

√ Edu Passed Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Bila kemarin kita membahas tentang jurusan kuliah untuk anak IPA. Sekarang akan kita bahas tentang jurusan perkuliahan yang cocok untuk anak jurusan IPS.

Agar lebih mudah dalam menentukan pilihan, sudah kami rangkumkan jurusan yang bisa dipilih untuk kamu lulusan IPS.

1. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang bergengsi. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas interaksi yang melintasi batas antar negara, seperti:

  • Seni diplomasi
  • Politik luar negeri
  • Perdagangan luar negeri
  • Ekonomi internasional
  • Hukum internasional
  • Globalisasi.

Di Hubungan Internasional kamu mempelajari organisasi antar pemerintah (IGO), hubungan antar negara termasuk peran sejumlah negara, organisasi non pemerintah internasional (INGO), organisasi non pemerintah (NGO), dan juga pemerintah multi nasional (MNC).

Bagi kamu yang suka dengan pelajaran PKN cocok untuk masuk kuliah jurusan Hubungan Internasional ini. kampus terbaik untuk jurusan Hubungan Internasional adalah di Universitas Indonesia.

2. Hukum

Pada jurusan ilmu hukum, mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum yang berlaku baik secara teori ataupun praktek.

Apabila kamu mempunyai kepedulian terhadap hukum di Indonesia dan mau memperbaiki hukum Indonesia, Program Studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu.

Mata kuliah yang akan kamu dapat adalah pengantar ilmu hukum, ilmu negara, hukum pidana, hukum perdata, dll.

Bagi kamu yang senang dengan pelajaran PPKN dan Sosiologi, kamu cocok untuk masuk jurusan ini. Pekerjaan yang cocok untuk lulusan hukum adalah pengacara, Notaris, Para legal.

3. Perpajakan

Jurusan perpajakan pastinya mempelajari hal yang berkaitan dalam bidang perpajakan dari segala macam perspektif, dari berbagai sisi seperti hukum, ekonomi, dan akuntansi.

Nantinya, lulusan perpajakan diharapkan bisa untuk menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan.

Mereka juga harus bisa menyelesaikan masalah pada administrasi perpajakan dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku di Indonesia.

Bila kamu menyukai pelajaran Matematika dan Ekonomi kamu cocok untuk masuk jurusan perpajakan.

Prospek kerja jurusan perpajakan adalah menjadi konsultan bea cukai, penilai pajak dan keuangan, dan ahli perencanaan pajak. Bila kamu ingin masuk kuliah perpajakan sebaiknya masuk Politeknik Keuangan Negara STAN.

4. Psikologi

Kata psikologi bisa diartikan sebagai ilmu yang berhubungan dengan jiwa, diambil dari bahasa Latin “psychologia”.

Jurusan Psikologi mempelajari tentang mental, pikiran, dan juga perilaku manusia.

Jurusan ini meneliti alur pemikiran dan alasan yang ada di balik perilaku dan tindakan kita mulai dari pemikiran persepsi, teori dan informasi psikologi yang seringkali digunakan untuk meyelesaikan suatu masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang luas.

Cocok untuk kamu yang senang dengan pelajaran Sosiologi. Bila kamu masuk kuliah jurusan psikologi, prospek kerja jurusan ini adalah kamu bisa menjadi psikolog konseling, psikolog klinis, terapis pernikahan dan keluarga, Psikolog Organisasi Industri, Human Resource Development.

Kampus yang terbaik bila ingin mengambil jurusan psikologi adalah di Universitas Padjajaran, Bandung.

5. Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis adalah program studi yang mempelajari bagaimana cara mengatur diri sendiri dan juga orang lain.

Jurusan ini mempelajari bidang strategi komunikasi bisnis, serta mempelajari cara mengambil keputusan untuk memecahkan permasalahan yang ada pada bisnis di suatu perusahaan.

Program studi Administrasi Bisnis mempelajari berbagai mata kuliah yang sangat bersangkutan dengan praktek bisnis nyata seperti:

Jurusan Administrasi Bisnis dalam dunia pekerjaan memiliki banyak kesempatan yang luas karena hampir setiap perusahaan membutuhkannya, kemampuan lulusan administrasi bisnis cocok untuk manajemen di suatu perusahaan, sumber daya manusia, staff marketing, dan juga wirausaha.

6. Ilmu Komunikasi

Di jurusan ilmu komunikasi kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi dengan orang lain aja.

Pelajaran-pelajaran seru seperti menulis berita, fotografi, public speaking, desain, membuat iklan dan film juga dipelajari dalam ilmu komunikasi baik secara teoritis dan praktik.

Prospek kerja jurusan ini biasanya menjadi Publik Relation Officer, Spesialis Hubungan Masyarakat, Layanan Sosial dan Komunitas.

Universitas Sumatra Utara atau USU adalah pilihan terbaik untuk ilmu komunikasi karena menjadi salah satu dari dua kampus saja di Sumatera dengan memiliki akreditasi A.

7. Manajemen Pariwisata

Jurusan Manajemen Pariwisata mempelajari konsep penawaran dan permintaan pariwisata beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Sementara itu, bidang-bidang khusus yang dipelajari dalam jurusan ini yaitu mengenai pengembangan pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, pengembangan atraksi wisata yang menampilkan budaya lokal, serta pelayanan kepada para wisatawan.

Bila ingin mengambil jurusan manajemen pariwisata kamu harus menyukai pelajaran Ekonomi dan Bahasa Inggris.

Prospek kerja di bidang Manajemen Pariwisata adalah menjadi pemandu wisata, tour, atau agen perjalanan.

8. Kriminologi

Di Jurusan kriminologi, para pengajar menolong para mahasiswanya mempelajari kriminologi yang mengutamakan riset empiris supaya bisa menjawab permasalahan kriminal dan kejahatan, baik yang berstandar nasional atau internasional.

Dengan mengambil program studi ini, kamu akan mengenal lebih detil dunia kriminal.

Jurusan ini bertujuan supaya para lulusan yang menjadi ahli di bidang kriminolog mampu untuk menguasai dasar-dasar pengetahuan serta metode secara dalam di bidang kriminologi.

Karena dari itu, tidak heran jika seorang kriminolog dituntut untuk mampu merumuskan alternatif kebijakan pencegahan dan penanggulangan kejahatan yang saat ini menjadi masalah sosial.

Bila ingin masuk kriminologi, sebaiknya masuk Universitas Indonesia karena jurusan kriminologi yang terbagus adalah di kampus ini.

9. Sosiologi

Interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain menjadi fokus utama yang dipelajari oleh para mahasiswa Jurusan Sosiologi.

Hal ini karena interaksi itu sendiri bentuknya beragam dan akan punya pengaruh langsung terhadap kondisi yang ada pada masyarakat.

Cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran Sosiologi. Prospek kerja jurusan ini cocok di bidang Peneliti Sosial, Sosiolog‍, Spesialis Media Sosial‍.

Kampu tterbaik untuk jurusan ini adalah Universitas Indonesia, UNAIR, dan UGM ( universitas Gajah Mada).

fbWhatsappTwitterLinkedIn